Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

haleedpepeAvatar border
TS
haleedpepe
Working Holiday Visa Australia
halo kaskuser semua, ini kiriman perdana ane nih sodara-sodara, sangat berharap diberi emoticon-Cendol (S) kalo bermanfaat bagi agan-mimin semua emoticon-Malu (S)

saya sekedar mau share dari apa yang saya dapat di grup backpacker dunia, tentang apa sih yang di butuhkan jika ingin bepergian ke Australia tanpa harus terikat jadwal pergi dan lama masa visa-nya? jawabnnya adalah apply working holiday visa sublcass 462 (sub 471 bukan untuk indonesia), karena visa ini di masanya selama 1 tahun di mulai dari kita pertama kali tiba di Australia, dan tak tanggung-tanggung teman saya yang sebelumnya belum pernah ke Australia pun di diterima, berikut kronologis dan informasi berdasarkan yang dalaminya kemarin:

1. Isi form 1208 Application for a Work and Holiday Visa, isi sesuai yang anda tahu dan ingin di informasikan ke kedutaan, ingat sejujurnya saja dan jangan lupa di foto copy biasanya nanti di suruh isi kembali kalau ada yang kurang. Disini harus hati-hati. Pengalaman saya sudah diisi semua kelengkapan form-nya tapi katanya masih ada yang kurang, saya juga heran, tapi untungnya ada fotocopy-nya jd tidak ada perubahan sama sekali dengan yang sebelumnya.

2. Visa Application Charge. Work and Holiday Visa (462): sebenarnya Rp1.900.000,-, tetapi karena di AVAC (Pusat Permohonan Visa Australia) apply-nya, jadi Rp2.070.000,- (jasa kurir).

3. Passport, sekurang-kurangnya masih berlaku 1 tahun + foto 4x6 2 lembar, kemudian tulis nama anda dibelakangnya.

4. Fotocopy Kartu Keluarga dan Foto Copy Akta Kelahiran (keduanya memperlihatkan kedua Orang Tua)

5. Bagi yang memiliki perubahan nama di passport dan di KK/AKTA, harap sertifikasi perubahan nama anda pun dicantumkan juga.

6. SKCK dari negara manapun di mana anda telah tinggal selama 12 bulan atau lebih dalam 10 tahun terakhir ini, saya menerapkan SKCK dari mulai RT, RW, kelurahan/desa, POLDA (di-POLDA anda sebutkan alasan ke australia dan jenis visanya ditulis, di POLDA jangan lupa minta dibuat langsung kedalam bentuk bahasa inggris, nanti di AVAC anda diberikan yang ORIGINAL nya.

7. Score TOEFL minimal 450 (internasional). Sedangkan IELTS 4.5 (General English).

8. Salinan Laporan Bank yang menunjukkan anda memiliki dana setidaknya AU$ 5.000. Banyak orang pasti akan fokus kesini, dan disinilah beban mentalnya, dan teman saya pun tidak pernah memiliki uang 50juta rupiah ditabungannya, di AVAC anda sebaiknya berikan buku tabungan anda apa adanya (sepengalaman teman saya diminta).

9. Letter of Government Support for Application, ini didapat di kantor keimigrasian Indonesia di Kuningan, Jakarta (samping Wisma Mulya, depan Pasar Festival). Nanti anda akan diminta 1 foto, KTP, KK, Akta, Passport. Setelah itu isi formulir pendaftaran, nanti anda datang lagi besoknya dan diambil di tempat yang sama. Prosesnya tidak sulit, tidak ada wawancara juga.

10. Evidence of Relevant Education Qualifications. Fotocopy Ijazah, D3 atau S1 (sepengalman teman saya dilampirkan juga aslinya ke kedutaan).

11. Evidence of Health Insurance, jika diperlukan. Jika dana tidak cukup untuk membeli asuransi, lebih baik pakai surat keterangan saja ke kedutaannya (declaration Letter) bahwa jika visa kita dikabulkan dan saat tinggal disana kita akan membeli asuransi, jika anda benar-benar ingin membawa asuransi dari sini, pastikan nominal harganya mampu menutupi biaya hidup anda selama di Australia.

12. Check X-Ray, yaitu test kesehatan di klinik yang di tunjuk AVAC/kedutaan (list klink nya bisa diminta di AVAC). Sepengalaman saya hanya Rp.350.000,- (X-Ray, test mata, urin, dan kesehatan lainnya). Setelah selesai kemudian langsung dikirim ke Kedutaan langsung oleh klinik nya, anda tinggal membawa nota/invoice nya saja ke AVAC pada saat pendaftaran, nanti akan dicantumkan bahwa anda sudah cek X-ray.

Catatan:

1. Quota Visa 100 orang per tahun.
2. Belum menikah dan di bawah 30 tahun.
3. Belum pernah dikabulkan untuk jenis visa ini sebelumnya.
4. Tidak bisa di perpanjang 1 tahun berikutnya (kecuali sub. 417).
5. Anda berhak bekerja dengan catatan maksimal 6 bulan untuk setiap pekerjaan, 6 bulan berikutnya anda tetap berhak kerja hanya harus mencari pekerjaan lain (berarti part time/casual job). Nilai gaji antara 10 hingga 25 AU$/jamnya & max 40 jam/minggu.
6. Anda berhak backpacker/traveling, volunteer, atau bantu-bantu hosting selama setahun.
7. Semua dokumen asli akan di kembalian ke anda melalui AVAC.
8. Pengajuan tidak perlu sponsorship, tetapi jika anda punya saudara di Australia, anda boleh membuat surat sponsorship yg ditandatangani oleh saudara anda.

sebagai catatan juga, diprosesnya selama 1 bulan (janji di informasinya sih hanya 10 sampe 15 hari), mungkin karena liat track record sebelumnya di paspor teman saya. emoticon-Ngakak (S)
tapi alhamdulillah dapat juga bentuknya dalam bentuk surat, tidak di cap apa-apa di paspor kita karena Australia memakai sistem E-Visa. tidak usah khawatir ketika sampai di sana cukup kasih surat itu dan di bandara akan di cek.

Yang apply kebanyakan warga Indonesia yang kuliah/kerja di Australia, ternyata visa ini tidak banyak diketahui warga Indonesia. Kalau dilihat kegunaan dari visa ini sebenarnya visa ini cocok buat anda yang ingin backpackeran, culture exchange program, mencari pengalaman hidup di Australia dengan diberikan hak bekerja selama 6 bulan untuk menetap disana (dapat duit di sana habis di sana).

Tips & and Trick
Visa ini dibuka setiap tanggal 1 juli tiap tahunnya (dimulai sejak tahun 2009). Pastikan tanggal 1 atau 2 juli anda sudah persiapkan semua dokumen yang saya share di atas. Lalu ajukan ke AVAC, jika lengkap, permohonan anda dalam 10 hari pun beres, kalau kurang nanti di telepon dan disuruh isi kelengkapannya, lalu tunggu 10-15 hari lagi.

Semoga informasi ini jadi catatan buat sesama kaskuser yang punya hobi backpacker, backpacking tidak selalu fokus ke apa yang kita tuju, tapi menikmati proses selalu menjadi sebuah tantang tersendiri, termasuk permohonan visa. Dan satu kata saja pesan dari teman saya yaitu "KEJUJURAN", Anda jujur pada diri anda sendiri berarti anda telah memberikan efek positif untuk orang lain). Orang di negara maju tidak takut anda mau jadi pengangguran atau melarat, yang mereka takutkan adalah aspek keamanan warga negara mereka, makanya fokuslah di point 4,5,6,9 di atas. Sekedar informasi, AVAC tidak menjamin permohonan anda diterima, mereka hanyalah pegawai KURIR.

Alamat AVAC:
Australian Visa Application Centre
Level 22, Plaza Asia
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 59
JAKARTA SELATAN – 12960
Opposite Pintu 1/Gate 1 Senayan
Application opening hours: 830am to 4pm – Monday to Friday
Email: info.diacid@vfshelpline.com
Website: www.vfs-au-id.com
Enquiry helpline: (+62)(021) 51401590 or 51401591

Semoga Membantu emoticon-Kiss
0
10.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan