Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dr_jieAvatar border
TS
dr_jie
Kemeriahan Opening Ceremony PON XVIII Riau 2012 yang terekam kamera
PEKANBARU (RP) - Pesta kembang api dan aksi kolosal ribuan penari yang sangat spektakuler mewarnai opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Selasa (11/9) malam tadi.

Acara yang diklaim paling heboh dalam sejarah iven olahraga di Tanah Air itu seolah menjadi pesta rakyat.

Selain ribuan orang yang terlibat sebagai pengisi acara dan ribuan penonton yang menyaksikan langsung ke stadion, acara yang disiarkan langsung dua stasiun televisi nasional, yakni RCTI dan TVRI ini juga mendapat apresiasi positif dari jutaan orang yang menyaksikannya di depan layar televisi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan ibu negara Ani Yudhoyono, bersama ribuan atlet, pelatih, ofisial, dan warga Riau yang berbaur di lapangan dan tribun stadion, menjadi saksi kemeriahan acara pembukaan.

Kehadiran artis-artis ibu kota seperti Rossa, Judika, Iis Dahlia, dan grup band Ungu membuat suasana makin semarak. Belum lagi atraksi lampu yang menakjubkan.

Presiden SBY yang membuka resmi perhelatan iven empat tahunan ini menilai positif iven ini sebagai momentum untuk merpersatukan bangsa.

Memakai busana Melayu berwarna ungu, Presiden SBY bersama Ibu Negara, dan Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP beserta istri, Septina Primawati Rusli, terlihat memberikan lambaian tangan penuh kesan hangat kepada puluhan ribu masyarakat dari berbagai penjuru provinsi se Indonesia yang hadir.

Hadir juga Menpora Andi Malarangeng, Ketua KONI Pusat Tono Suratman, Kapolri Timur Pradopo, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Jaksa Agung Basrief Arief, dan para duta besar dari beberapa negara sahabat.

Selain itu juga terlihat hadir Menko Kesra, Agung Laksono, Menko Ekonomi RI Hatta Rajasa, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, dan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Bersatu.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP mengucapkan syukur atas terselenggaranya PON seperti yang diharapkan.

Lebih jauh Ketua KONI Riau itu menambahkan, Riau juga telah mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah Pernas 2012. Selanjutnya, pada 2013, Riau kembali mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG) yang akan diikuti 57 negara Islam di dunia.

Standing applaus layak diberikan untuk upacara pembukaan PON malam tadi. Sebab, penampilan berbagai atraksi cukup menghibur dan benar-benar spektakuler.

Setelah itu kejutan mulai terjadi dengan pertunjukan aksi tarian kolosal melibatkan 1.500 penari Riau membawakan tarian kombinasi seluruh kesenian tradisional daerah. Seperti yang dijanjikan, aksi teaterikal potensi pariwisata Riau satu persatu disuguhkan secara sempurna.

Menariknya, konsep itu disatukan dengan aksi pembahwa obor api PON yang dimulai oleh salah seorang mantan atlet Riau menuju sebuah perahu yang diapit dua jalur yang jadi ciri khas transportasi masyarakat Sungai Batang Kuantan di masa dahulu.

Tidak sampai di sana, perahu Lancang Kuning berhenti di tengah lautan menunggu datangnya peselancar Riau yang asik bermanuver di atas replika bono.

Di sana sudah menunggu pemeran Tuanku Tambusai yang merupakan pahlawan nasional asal Riau.

Dengan kuda putih, dipadu pakaian jubah putih khas seorang ulama, Tambusai berkeliling lapangan menuju kaldron —tempat api utama PON—, yang disambut salah seorang mantan atlet Riau lainnya.

Api lalu dipindahkan ke ujung tombak, dan diangkat perlahan-lahan mendekati pucuk kaldron. Dalam hitungan detik, tombak dilontarkan ke ujung kaldron.

Gegap gempita sambutan masyarakat, baik yang berada di dalam maupun di luar stadion.

Seiring dengan api tersebut, letusan kembang api yang disebut didatangkan dari perusahaan di Cina menyambutnya dengan berbagai macam bentuk.

Langit di atas stadion seketika berubah dan memuncratkan warna warni cahaya. Indahnya kembang api semakin lengkap dengan paduan lighting yang disorotkan dari berbagai sudut dari dalam stadion. (rio/egp/eko/ila)


Logo Resmi PON XVIII Riau 2012


Foto hasil jepretan ane gan..

TS foto di depan Stadion Utama Riau

Menjelang pembukaan PON








Pembukaan PON XVIII Riau oleh Presiden SBY




Tarian kolosal pada pembukaan PON XVIII Riau




























Atraksi lighting yang spektakuler pada pembukaan PON XVIII Riau












Defile kontingen PON XVIII Riau

Kontingen Banten


Kontingen Bali


Kontingen DKI Jakarta


Kontingen JATIM (juara bertahan PON lalu)


Kontingen NTT


Kontingen Papua


Kontingen SUMUT


Kontingen tuan rumah Riau (kota ane ni gan...) emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup


Prosesi penyalaan Api PON XVIII Riau






Artis yang turut mengisi acara pembukaan PON kemarin

Judika membawakan theme song resmi PON Riau XVIII "Selamat Datang Sang Juara"


Pasha Ungu


Rosa membawakan lagu ciptaan Presiden SBY "Together We Can Rise"

Pesta kembang api di penghujung acara




















Sumber:
1. Hasil jepretan pribadi TS
2. http://www.skyscrapercity.com/showth...php?p=95014403
3. http://www.riaupos.co

TS mengharap emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dari agan-agan..




0
4.4K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan