Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

peranggrilyaAvatar border
TS
peranggrilya
Asap di Singapura Bukan Hanya Andil Indonesia


Prihatin gan, negara kita selalu jadi kambing hitam kalo ada persoalan asap kayak gini. Padahal itu akibat dari perbuatan warga negara asing juga. Malaysia-Singapura geram kalo dapat "kiriman" asap dari Indonesia. Tapi kalo dapat kiriman Oksigen dari keramahan kekayaan hutan Indonesia, apakah mereka pernah bilang terima kasih sama Indonesia???

Pihak Indonesia ikut menyalahkan perusahaan kelapa sawit yang turut membakar lahan.
Marina Bay, lokasi wisata andalan Singapura, tidak nampak indah beberapa hari belakangan. Senin sore (17/6), gedung pencakar langit kebanggaan tetangga Indonesia itu diselimuti asap.

Ya, beberapa hari ini Singapura memang tertutup kabut asap. Hanya dalam waktu tiga jam, kadar Pollutant Standards Index (PSI) mencapai rekor baru di angka 155. Ini jauh di atas angka normal 100, sekaligus jadi level tertinggi sejak musibah sama menimpa Singapura pada 1997.

Dalam pernyataan resminya, National Environment Agency Singapura menyebut bahwa asap ini berasal dari asap pembakaran di Pulau Sumatra. Mereka mendesak agar Pemerintah Indonesia melakukan "langkah-langkah mitigasi untuk mengurangi asap lintas batas".

Menteri Lingkungan Singapura Vivian Balakrishnan menyatakan, "Sudah terlalu lama, kepentingan komersil di Indonesia diizinkan melebihi kepentingan lingkungan," Selasa (18/6).

Namun, pihak Indonesia, seperti dikutip dari AFP, menolak tanggung jawab ini karena juga ada peran Singapura di musibah asap tersebut. "Teknik tebang bakar digunakan karena [metode] membersihkan lahan paling murah. Dan ini tidak hanya digunakan oleh para petani lokal, tapi juga para pekerja perusahaan kelapa sawit, termasuk perusahaan Singapura dan Malaysia," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto.

Sejarah berulang
Musibah asap karena pembakaran hutan pertama kali terjadi pada tahun 1997 - 1998. Asap merayapi wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan selatan Filipina.

Selain menimbulkan kerugian lingkungan, negara-negara ini alami kerugian ekonomi sebesar US49,3 miliar. Sektor pariwisata lumpuh dan sekitar 20 juta orang terpapar penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Dan, meski belum ada bukti kuat, musibah ini juga disalahkan atas kecelakaan pesawat dan laut.

Hebatnya musibah ini hingga Malaysia bergerak sendiri dengan mengirimkan pemadam kebakaran ke beberapa titik api di Indonesia. Meski timbulkan kontroversi, kehadiran mereka cukup berperan besar dalam proses pemadaman api.
(Zika Zakiya. Sumber: AFP, BBC, Channel News Asia)

Spoiler for Sumber:


Sekian dulu gan, semoga bermanfaat. Great Kaskuser always leave a comment. emoticon-I Love Indonesia (S)
TS juga menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
1.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan