tujuhrupa.comAvatar border
TS
tujuhrupa.com
Tahun 2014 Banyak Harpitnas, Mei Jadi Bulan Kejepit Nasional


Anda sudah mempersiapkan libur panjang minggu depan? Kalau belum, tenang saja. Karena masih banyak jadwal libur nasional, hari kejepit nasional (harpitnas) dan cuti bersama yang bisa Anda nikmati untuk liburan bersama keluarga tercinta.

Tahun ini ada banyak sekali hari yang bisa digunakan untuk berlibur, lebih banyak dari kalender tahun kemarin. Total ada 26 hari, terdiri dari 17 hari libur nasional, 4 hari cuti bersama dan 5 hari kejepit.



Untuk libur nasional, tahun ini ada tambahan satu tanggal merah, yaitu tanggal 1 Mei, dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional yang biasanya dirayakan dengan demonstrasi oleh para buruh. Anda tidak perlu izin ke kantor atau atasan saat ingin berlibur di 15 hari ini. Malah kantor atau atasan Anda yang harus minta izin ke Anda kalau mereka terpaksa membutuhkan Anda di hari-hari tersebut.

Lalu ada 4 hari cuti bersama yang jatuh pascahari raya Lebaran dan Natal. Ummat Muslim biasanya akan langsung memborong jatah 3 hari cuti bersama untuk mudik Lebaran, begitu juga dengan Ummat Kristiani yang mudik Natal di akhir Desember.

Nah, kesempatan libur terakhir ada di hari-hari harpitnas, yang tahun ini berjumlah 5 hari. Bulan Januari ini ada satu harpitnas, yaitu hari Senin jelang Maulid Nabi pada hari Selasa, 14 Januari.

Pada bulan Mei, ada 4 hari kejepit, sehingga bulan Mei 2014 bisa dibilang sebagai Bulan Kejepit Nasional alias Bulpitnas. Mulai dari tanggal muda sampai tanggal tua, ada hari nanggung yang bisa Anda gunakan untuk libur panjang.

Yaitu hari Jumat setelah Hari Buruh Dunia (1 Mei), hari Jumat setelah Hari Raya Waisak (15 Mei), hari Senin sebelum peringatan Isra’ Mi’raj (27 Mei) dan hari Jumat setelah Kenaikan Isa Al Masih (29 Mei). Bulan ini bisa dibilang biangnya Harpitnas.

Tapi setelah Idul Fitri, ada tiga libur nasional yang jatuhnya pas hari Sabtu dan Minggu, yaitu Hari Kemerdekaan (17 Agustus), Idul Adha (5 Oktober) dan Tahun Baru Islam (25 Oktober).

Bola dan Pemilu

Selain itu, Anda juga patut mengetahui jadwal pemilu yang hari pencoblosannya akan dijadikan hari libur nasional. Yaitu tanggal 9 April (Pileg) dan 9 Juli (Pilpres). Tapi sayang, kedua tanggal tersebut luput dimasukkan oleh pemerintah dalam kalender libur tahunan yang diteken tiga menteri (Menag, Menakertrans, Menpan) pada tanggal 21 Agustus 2013 lampau.

Lalu ada hajatan besar Piala Dunia yang akan dimulai dengan laga pembuka antara Brazil vs Kroasia hari Kamis tanggal 12 Juni, ditutup dengan laga final pada hari Minggu tanggal 13 Juli. Tapi pas pembukaan Piala Dunia bukan hari libur loh. Kecuali kalau Piala Dunia diadakan di Indonesia (entah kapan), dan pemerintah mau menjadikannya sebagai hari libur nasional (siapa tahu).. emoticon-Smilie

Nah, selamat merancang libur panjang bersama keluarga..

sumber: kompasiana

Yuk ah!
Jadi kaskuser yang baik dengan menghargai jerih payah TS

0
2K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan