Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Muslimin.HAvatar border
TS
Muslimin.H
Ancaman Satria FU di IRS Motor Sport 150cc 2014 [Bag 1]


Assalamu;alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Siapa speed-lover yang nggak kenal satria fu, motor setan jalanan yang sering digunakan untuk drag baik legal maupun ilegal. Yang parah satria fu diminati para penjambret untuk kabur, mirip dengan rx-king pada masanya. Nah ketika regulasi digulirkan, terlihat jelas bahwa keberadaan satria fu benar2 diakomodir dalam regulasi IMI. Artinya dapat dipastikan banyak tim akan mengusung satria fu sebagai andalannya.

Mari kita perhatikan spek standar pabrik satri fu



Dari tabel di atas terlihat masih banyak yang bisa dioptimalkan dari satria fu ini, diantaranya :

1.Kapasitasnya baru 147.39 cc dengan melakukan bore-up 50%, bore menjadi 62.5 mm meningkatkan kapasitas nya menjadi 149.78 cc. Dan sudah pasti penambahan kapasitas ini memberikan tambahan power

2.Rasio kompresi masih sangat rendah untuk motor balap (10.2) bisa ditingkatkan menjadi 12, sedikit lebih rendah dari kompetitor karena pendinginan satria fu masih air+oil cooled

3.Venturi karbu bisa dinaikkan menjadi 28 mm untum meningkatkan gas speed

4.Posisi power puncak yang masih sangat rendah (9500 rpm), masih bisa ditingkatkan sampai 12500 rpm dengan piston speed 20.33 m/s (masih aman dibawah 21 m/s). Memadai untuk piston dan silinder konvensional, jika boring dibanti dengan jenis nikasil seperti ninja maka rpma bisa ditingkatkan menjadi 13500 rpm.

5.Berat kosong yang masih kecil, dan sangat membantu jika dilakukan penambahan bobot bisa sekalian melakukan pemposisian center of gravity yang optimum. Lebih mudah daripada kompetitor yang harus memotong sana-sini.

6.Gigi rasio yang kompetitif (6-speed) yang sangat fleksibel untuk diracik ulang.

Sebelum dioprek maka perlu diketahui lebih dahulu kondisi standar stock pabrik dan parameter performa satria fu yang dapat digambarkan sebagai berikut




Dengan rasio standar yang dimiliki satria fu, kecepatan per gigi-nya yang bisa dicapai adalah seperti gambar ini.



Kecepatannya memang pas-pas an kalau buat balap pada power max nya 120 kpj dan masih bisa terus meningkat meskipun lambat sampai redline sampai topspeed 145 kpj. Maklum masih standar, dan sudah sangat kencang untuk motor bebek yang bisa ngelibas beberapa motor sport lokal standar.

Untuk memeriahkan IRS, jika beberpa bagian satria fu ditingkatkan/dioprek mendekati spek kompetitor, maka tenaga satria fu langsung melonjak drastis menjadi 27.8 hp.




Karena power sudah sangat besar, maka sudah waktunya rasio total dibenahi. Mulai dari lebar dan tinggi ban belakang, rasio gir dan rasio transmisi. Jika dilakukan pemberatan rasio total maka topspeed satri fu akan berubah drastis, dengan hanya merubah ukuran ban belakang menjadi 120/90 dan rasio gir 42/15 (rasio transmisi masih standar), topspeed pada 12500 rpm bisa mencapai 194 kpj. Cukup mengancam baik vixion maupun cb150r.




Mengenai oprekan dan racikan rasio transmisi satria fu, kapan2 kita obrolin lagi.

Wassalamu’alaikum wR wB.


Bag 2 : http://www.kaskus.co.id/thread/53279...8b4647738b466d

Sumber
Spoiler for "1:
Diubah oleh Muslimin.H 19-03-2014 23:43
0
11.9K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan