Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

haditriyantoAvatar border
TS
haditriyanto
[tutorial] Belajar Bikin Theme Ecommerce Wordpress Yukk!
Hello agan-agan KASKUS sekalian.
emoticon-Kissemoticon-Kiss emoticon-Kiss


Saya mau share sedikit ni tentang pengalaman saya dalam membuat ONLINE SHOP berbasis WORDPRESS. Kalau ada kesalahan mohon di perbaiki ya. Maklum saya juga manusia yang masih napak di tanah. emoticon-Najis Jadi tidak luput dari kesalahan. So.. Saya masih butuh kritik kalau ada yang salah. emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S).

Ok baik kita mulai sesi pertama ya. (Biar ga buang-buang waktu).

Mungkin aganers sudah pada tau tentang isi dari theme wordpress yang biasanya aganers otak-atik ya. Tapi saya mau mencoba mereview buat para aganers yang baru seperti saya. Hehehe.

1. style.css
File ini adalah file yang digunakan untuk mengatur layout dari situs kita. Mulai dari warna, ukuran huruf, luas bidang, tinggi bidang. Istilahnya interior designnya deh.

2. header.php
Berikutnya ya itu, seperti judul di atas. Header.php adalah kepala dari situs kita. Isinya mulai dari html type, link style.css (untuk mengaktifkan style.css), link jquery, title tag, logo web, favicon, menu navigasi dll.

3. index.php
Nah kalau ini aganers sekalian adalah file yang memuat halaman utama dari situs kita. Istilahnya halaman depan dari rumah kita (uppss kalau ga ada halaman dinding depan deh.. hehehhe). Isinya ya bermacam-macam, tergantung kreativitas para aganers. Saya tidak membatasi untuk berkreasi para aganers sekalian. Malahan... Menurut saya, kita harus tetap idealis dengan pemikiran kita. Doski juga harus kerja sama dengan header, footer dan sidebar untuk hasil yang maksimal. Penghubungnya cukup mudah. Cukup nambahin

Code:
<?php get_header() ;?> // Untuk menyambungkan ke header.php
<?php get_footer() ;?> // Untuk menyambungkan ke footer.php
<?php get_sidebar() ;?> // Untuk menyambungkan ke sidebar.php



4. footer.php
Footer adalah kaki-kaki dari website kita. Bagian ini biasa memuat link-link dari sitemap atau keterangan copyrights dan si pembuat ni website. Terserah aganers deh. Asalkan jangan masukin kulkas, tv atau mesin cuci aja di dalamnya. Ga bakal masuk gan kecuali gambarnya..

5. sidebar.php
doski biasa dipake untuk emnyimpan link-link dari tag dan category. Atau bahkan iklan-iklan seperti adsense dan lain-lain yang banyak bertebaran. Doski juga ok lho buat bisa membuat pengunjung menjelajah dengan seru kalau di tambahin fitur-fitur sakti mandra guna yang akan kita bahas kedepan.

6. Single.php
Jangan dianggap dari namanya aganers sekalian menganggap doski gunanya Cuma dikit gan. Walau judulnya cuma single (sendiri.. Ohhh siapa yang ingin sendiri) tapi doski punya andil yang sangat besar. Dan bahkan doskilah bintang utama dari pembuatan situs ini. Karena doski berisi postingan dari informasi yang akan aganers sampaikan. Seperti index.php doski juga butuh teman seperti header dan footer untuk membuatnya jadi ciamik. Caranya saman dengan index, tambahkan saja code phpnya. emoticon-Stick Out Tongue

7. search.php
All right then sampai di search... Namanya aja “search” tentu saja fungsinya di pake buat mencari. Mencari isi dari content yang sudah kita postkan dengan gampang. Jadi enaknya buat user kalau mau nyari sesuatu yang dia butuhkan di website kita, user akan mudah mencari. Ga perlu membuka halaman demi halaman untuk mencari. Apalagi yang contentnya udah banyak. Bisa kebayang gimana repotnya.

8. archive.php
Nah archive ini gan, dipake buat menampilkan category ataupun tag-tag yang kita buat. Biasanya kalau ga mau repot buat file baru, search juga bisa di masukkan ke sini. Nanti tinggal di setting aja gimana enaknya tampilannya.

9. function.php
Ininih gan mesin dari website kita gan. Doski bakalan ditugaskan untuk menyimpan tool-tool maha dasyat yang bakal kita buat nanti. Kalau menurut saya sih file ini otak dari web yang bakalan kita bangun. Secara buat nampilin hal-hal yang kita mau di dashboard di kelola sama emoticon-Smilie)

10. page.php
Hampir ketinggalan gan ini file saya sebutkan. Hahahaha. Langsung ngetik di editor soalnya. (Dijamin ga ngopi-ngete ke sini) emoticon-Big Grin. Balik lagi. Page di pake buat nampilin halaman khusus yang kita buat. Sebenarnya sih sama seperti post. Cuma kalu post itu biasanya saya masukkan ke informasi inti. Nah page ini di pake buat informasi tentang website kita mas gan. Atau cara pembelian (kan lagi mau bikin theme ecommerce).

emoticon-Kissemoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss


Nah itu tadi sekilas tentang file-file yang perlu dibuat sama aganers yang mau bikin. Ohhh iya. Jangan lupa donlod dulu CMS wordpressnya dan install di hosting atau localhost agan-agan sekalian. Kalau tutorialnya itu di googling aja . Ketik aja di kolom mbah google "Cara install wordpress di komputer lokal".

OK next step

==>> emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo <<==


Besok kita lanjutkan kembali gan. Soalnya mata sudah agak sepet gara-gara keujanan tadi. Ntar salah ketik lagi. kan jadi emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
0
5K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan