Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kortikalAvatar border
TS
kortikal
[Pic Inside] Ini Tarif SPG Cantik untuk Kampanye Parpol

Jakarta - Kehadiran wanita-wanita yang berprofesi sebagai Sales Promotion Girl (SPG) di tengah-tengah kampanye parpol menjadi fenomena menarik. Jasa mereka disewa partai politik untuk tidak sekadar menghibur simpatisan, tapi juga diyakini dapat menaikkan citra partai. Berapakah tarif mereka?

Pemilik salah satu agency penyedia jasa SPG dan model, Wahana Agency, Cahyo menuturkan, tarif yang dikenakan kepada kliennya tidak berbeda baik dari partai politik maupun perusahaan atau instansi pemerintah.

"Bedanya, kalau event lain dari perusahaan biasanya punya standar, punya rate badget yang dikeluarkan. Tidak bisa lebih. Tapi kalau kampanye dari partai ini kan memang mereka lagi hambur-hambur duit. Dari situnya saja sudah berbeda, mereka jor-joran," kata Cahyo saat berbincang dengan detikcom, Kamis (27/3/2014).

Wahana Agency, Cahyo mengungkapkan, memasang tarif paling rendah untuk setiap SPG sebesar Rp 800 ribu per day per event. Untuk tarif termahal hingga Rp 2 juta per day per event. Rata-rata usia model dan SPG yang bergabung, kata Cahyo, antara 18 hingga 27 tahun. SPG dan model di Wahana agency juga dikualifikasi berdasarkan warna kecantikan, tinggi badan dan skill yang dimiliki seperti kemampuan berbahasa asing serta latar akademik.

Kelas A dengan kualifikasi putih dan tinggi 170 cm. Kelas B kualifikasi tinggi antara 165-170 cm. Sedangkan kelas C di bawah 165 cm.


Tidak sedikit model dan SPG di agency-nya, lanjut Cahyo, yang memiliki latar pendidikan sarjana bahkan S2. Dia mengaku tidak asal merekrut wanita untuk bekerja di agency-nya menjadi SPG. Asalkan ada niat dan ingin bekerja profesional, Cahyo mengaku siap menampung dan memberi peluang.


"Yang masih bekerja di tempat lain, tapi sidejob jadi SPG di Sabtu-Minggu juga ada. Yang sudah menikah juga ada. Karena itu tarif yang diberikan disesuaikan dengan permintaan dan jobdesk yang diminta klien. Jika permintaannya berdasarkan kelas, apalagi jika SPG yang diminta memiliki kemampuan bahasa asing, ya pasti beda," imbuhnya.

Cahyo juga mejelaskan, SPG agency-nya yang disewa parpol biasanya dipakai untuk meramaikan kampanye di atas panggung. Di bawah panggung, mereka seringkali diminta parpol untuk membagi-bagikan campaign kit seperti brosur, stiker, bendera, atau sekadar menjadi pagar ayu pada rapat-rapat nasional partai.

"Kadang saya juga tanya, untuk acara apa. Apakah ketum ada. Tentu kalau parpol mintanya misalnya untuk acara DPP, dihadiri pimpinan parpol dan ketum, ya beda harganya. Lebih mahal daripada sekadar kampanye caleg," terang Cahyo.
sumber



Wow jadi semangat nih kalo ada SPG cantiknya emoticon-Matabelo

Spoiler for SPECIAL, awas 'muntahh':

0
7.3K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan