Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sulamiAvatar border
TS
sulami
[Videografis] 3 Fase Ramadhan - Udah masuk hari ke-10 Ramadhan nih, gan..


emoticon-Bedugemoticon-Bedug emoticon-Bedug





emoticon-Bedugemoticon-Bedug emoticon-Bedug


Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang agung, bulan yang selalu dijadikan momentum untuk meningkatkan kebaikan, ketaqwaan serta menjadi ladang amal bagi setiap muslim.

Sebagian Ulama kita membagi bulan Ramadhan menjadi 3 fase, Fase pertama atau 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah Fase Rahmat,10 Hari yang kedua adalah Fase Maghfiroh, Fase yang ketiga atau 10 hari yang terakhir adalah Fase Pembebasan Dari api neraka. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Al-Farisi, "Adalah bulan Ramadhan,Awalnya Rahmat,pertengahannya pengampunan dan akhirnya pembebasan dari api neraka"



Rasulullah Muhamad SAW, suri tauladan terbaik bagi kita, jika tiba 10 hari yang terakhir pada Bulan Ramadhan, maka beliau selalu memaksimalkan diri dalam beribadah.Beliau menghidupkan malamnya untuk beribadah kepada ALLAH SWT, beliau juga membangunkan keluarganya untuk beribadah.Dari Aisya r.beliau menceritakan tentang Nabi Muhamad SAW, "Beliau jika memasuki sepuluh hari yang terakhir Ramadhan,mengencangkan ikat pinggang,menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya" (HR-Buchari)
Beliau sangat memperhatikan 10 hari terakhir dalam bulan Ramadhan karena didalamnya begitu banyak keutamaan yang bisa didapatkan pada waktu-waktu tersebut. Diantaranya adalah :

Yang pertama, sudah lazim kita pahami bahwa sepuluh hari yang terakhir pada bulan Ramadhan adalah turunnya LAILATUL QADR. Malam yang dinantikan untuk didapatkan oleh orang orang muslim yang melaksanakan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan pengharapan Ridha Allah Swt, karena pada malam tersebut siapa saja yang beribadah kepada Allah Swt, dengan penuh keimanan dan pengharapan kepad Allah Swt maka nilai ibadahnya sama dengan beribadah selama 1000 bulan.Sebagaimana Firman Allah dalam surat Al-Qadr ayat 3 "Lailatul Qadr itu lebih baik dari seribu bulan"

Yang kedua, sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan merupakan pamungkas bulan ini, sehingga hendaknya setiap insan manusia yang beriman kepada Allah SwT mengakhiri Ramadhan dengan kebaikan, yaitu dengan berupaya dengan semaksimal mungkin mengerahkan segala daya dan upayanya untuk meningkatkan ibadah pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Karena amal perbuatan itu tergantung pada penutupnya atau akhirnya.

Rasullah Saw bersabda: “Ya Allah, jadikan sebaik-baik umurku adalah penghujungnya. Dan jadikan sebaik-baik amalku adalah pamungkasnya. Dan jadikan sebaik-baik hariku adalah hari di mana saya berjumpa dengan-Mu kelak.”


Diubah oleh sulami 09-07-2015 02:28
0
3.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan