Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimensionofAvatar border
TS
dimensionof
3 Langkah Tegas Menghentikan Parahnya Praktek MOS/OSPEK Versi Ane
Quote:

emoticon-HiDari dulu MOS (Masa Orientasi Siswa) selalu menjadi momok menakutkan bagi para siswa di tahun ajaran baru, sama halnya dengan OSPEK. Setiap mau melalui masa MOS, para siba (baca; siswa baru) sudah terlebih dahulu ditakuti oleh perkataan kakak maupun orang2 didekatnya yg sudah pernah melalui masa2 itu, "Siap2 saja dipermalukan senior, pokoknya dengerin aja kata2 senior tuh biar gak jadi masalah" demikian biasanya emoticon-Nohope. Ane masih ingat sewaktu tahun ajaran baru di Sekolah Menengah Pertama, kakak dan teman ane ngomong kurang lebih begini "wah siap2 bakal dibikin malu, dulu waktu MOS ikat pinggang aja diganti ban sepeda", belum lagi sepupu ane pun cerita waktu MOS pernah disuruh jawab rumus2 yg gak dia ngerti banget cuma buat minta tanda tangan senior, kalo salah bisa diusir bahkan digampar. Intinya, sensasi masuk MOS sudah seperti kengerian sewaktu menit2 akan disunat. emoticon-Big Grin

Wajar memang, karena seperti yg agan tahu MOS/OSPEK dalam institusi pendidikan negeri ini tidak pernah bisa lepas dari 3 hal, yakni:
1. Dipermalukan
2. Penindasan
3. Kekerasan

Dipermalukan adalah poin yg paling sering ditemui, setiap mereka yg menjalani MOS selalu disuruh memakai aksesoris yg lebih cocok berada ditempat sampah, mulai dari tas dari kantong kresek sampai panci bekas yg dijadikan topi, seiring waktu, aksesoris2 lain pun banyak ditambahkan emoticon-Hammer. Setelah dipermalukan maka lanjut ke poin kedua yaitu penindasan, para siba/maba disuruh melakukan hal2 yg irasional dalam kacamata pendidikan, intinya mental mereka dibentuk menjadi budak oleh para senior, disuruh seperti apa rasanya agan sudah bisa membayangkan, yg pasti tidak ada hubungannya dengan masa depan apapun yg mau dibentuk emoticon-Nohope. Kadang disuruh ngomong melambai macam bencong dikerumunan orang2, intinya manggut saja, karena kalo tidak bisa sampai ke poin ketiga, yakni kekerasan. emoticon-Mad

Sepertinya sekarang ini sudah ramai sekali kata kekerasan dalam dunia MOS atau hubungan senior junior di sekolah maupun di kampus. Praktek perpeloncoan dan bullying mewarnai awal pengenalan para siba/maba di institusi pendidikan yg ingin ditekuninya. Tidak jarang senioritas yg berlebihan itu bisa sampai merenggut nyawa emoticon-Berduka (S), parah memang. Belum lagi kalau pelecehan pun dimasukkan dalam kategori kekerasan, sudah tidak tertolong lagi dunia pendidikan kita.

Meski sewaktu ane MOS sebenarnya tidak separah seperti yg terdengar sekarang ini, namun ane tetap merasakan bahwa bagaimana sistem MOS waktu itu juga sama tidak bergunanya dan tidak jelas esensinya apa. Dipermalukan? Ya itu sudah pasti emoticon-Nohope. Kesimpulannya, sistem MOS/OSPEK yg buruk ini harus dihentikan!

Sebagai mahasiswa yg peduli akan generasi ini emoticon-Cool, ane mencoba memikirkan bagaimana sih sebenarnya cara menghentikan praktek bodoh dan membodohkan ini ketimbang semuanya hanya berbicara wacana dan wacana. Setelah mendapat inspirasi dari kamar mandi (ane sih orangnya gitu emoticon-Big Grin), akhirnya ane merangkumnya dalam sejumlah pembahasan dengan 3 poin utama. Meski disini ane lebih sering membahas MOS, tapi ini pun menyangkut pula untuk OSPEK, mengingat MOS dan OSPEK bedanya cuma antara siba dan maba saja, selebihnya ya begitulah. Cekidot!

Quote:

Quote:

Quote:

Demkianlah 3 langkah tepat dan tegas yg bisa ane jabarkan, berhubung ane sudah melalui masa2 MOS/OSPEK itu, tentu manfaat tulisan ini ane harapkan dapat sampai ke generasi2 selanjutnya. Kita semua ingin sistem pendidikan kita berubah, kita ingin mencetak generasi emas nan membanggakan, kita ingin melihat generasi penerus yg cemerlang dan penuh inovasi, kita ingin melihat anak kita bagian dari generasi masa depan, maka mulailah dari awal generasi itu masuk gerbang sekolah!

Ane harapkan emoticon-Rate 5 Star, emoticon-Blue Guy Cendol (L) , & emoticon-Sundul


0
7.1K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan