Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus.hitamAvatar border
TS
kaskus.hitam
Member JKT48 ini kena bully ,kira-kira kenapa ya ? (WOTA wajib masuk)
Niatnya baik, tapi apa disampaikan DellaDelila malah kebablasan. Personel idol JKT48 ini salah mengartikan semboyan 'Tut Wuri Handayani', hasilnya dia segera dibully para pengguna media sosial.Kesalahan itu ditulis Della dalam akun Twitter miliknya, @Della_JKT48. Usai menulis kesalahan tersebut, cuitan tersebut sempat di retweet sebanyak 69 kali dan difavoritkan 59 pengguna lainnya."Dan aku juga mengenalkan budaya Indonesia ke mereka. Sepertitut wuri handayani yang artinya walaupun berbeda tetap satu," demikian dikutip dari akun Twitter Della yang diunggah pada Minggu (24/9) kemarin.



Tak lama, banyak penggemar yang meluruskan tulisan Della tersebut. Tak tahan dibully, Della akhirnya memilih menghapus cuitannya tersebut.Meski begitu, dia merasa tak melakukan kesalahan. Della membela diri dengan mengatakan arti Tut Wuri Handayani seperti yang ditulisnya sehari lalu.

"Enggak salah kok artinya, smua orang kan beda beda cara pikirnyaaaa, mandi dulu dehhhh biar pikiran ku makin berdaedah," tulisnya lagi.



Rupanya, kesalahan Della mendapat pembelaan dari rekannya sesama anggota JKT48, Saktia Oktapyani. Bahkan, dia malah menujukkan letak salahnya tersebut."Tut Wuri Handayani adalah lambang Indonesia yang artinya berbeda-beda tapi tetap menyatu guys," tulis Saktia dalam akunnya @Via_JKT48. Namun cuitan ini langsung dihapus olehnya.Untuk diketahui, semboyan yang tercantum dalam lambang Garuda adalah Bhinneka Tunggal Ikayang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Sedangkan semboyan Tut Wuri Handayani diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara untuk dunia pendidikan, artinya 'Dari belakang berupaya penuh memberi dorongan dan arahan'. Semboyan ini tercantum dalam logo pendidikan yang terpasang di saku-saku seragam sekolah.Lengkapnya berbunyi

Ing Ngarso Sung Tulodho,Ing Madyo Mangun Karso,Tut Wuri Handayani. Yang secara berurutan berarti 'Di Depan sebagai panutan', 'Di Tengah sebagai pelopor' dan 'Dari belakang berupaya penuh memberi dorongan dan arahan'.


Sumber
Diubah oleh kaskus.hitam 25-09-2015 09:48
0
10.9K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan