Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

redemptionrfAvatar border
TS
redemptionrf
Hebatnya Karya Nyata seorang Jokowi 'Jalan Tol Trans Sumatera'
Jalan tol Trans-Sumatera merupakan sebuah jalan tol yang mempunyai panjang sampai 2.818 km yang menghubungkan kota Lampung dengan Aceh di Pulau Sumatera.

Jalan tol ini sebenarnya sudah direncanakan pada tahun 2012 yang diperkirakan bakla menelan dana sekitar Rp 150 triliun.

Dengan didirikannya jalan tol tersebut, nantinya kehidupan di Pulau Sumatera diyakini bakal mengalahkan kehidupan yang ada di Pulau Jawa.

Namun, karena berbagai hal yang masih tidak begitu jelas alasannya, pemerintahan SBY seakan tak serius menangani proyek pembangunan terbesar di Sumatera ini.



Awal Pembangunan Tol Sumatera di Groundbreaking



Langkah percepatan pembangunan infrastruktur terus dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam hitungan hari, ada beberapa proyek yang akan dimulai pembangunannya atau groundbreaking, salah satunya adalah Tol Trans Sumatera.

"Kemudian jalan tol Trans Sumatera hari Kamis (30 April 2015) akan di groundbreaking, dari Lampung ke atas sampai ke Aceh," ucap Jokowi dalam acara Peringatan Otonomi Daerah di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur lainnya seperti jembatan yang akan membuat konektivitas antar provinsi ke pulau-pulau lain juga akan dimulai. Kemudian, pembangunan Tol Trans Jawa akan kembali dikebut, setelah sebelumnya terkendala pembebasan lahan.

"Di Jawa Tengah, Jawa Timur, Kertosono yang berhenti karena masalah kontraktor langsung kita ambil alih," paparnya.

Menurut Jokowi, hal ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam bersaing dengan negara lain. Terlebih lagi, dengan adanya Peringatan Otonomi Daerah telah menumbuhkan inovasi dan praktek yang baik dalam pemerintahan maupun pembangunan.

"Jika tidak otonomi daerah, saya yakin inovasi di daerah pasti sangat terbatas.

Otonomi daerah harus dimulai bagian Indonesia dari pinggiran dan konektivitas sangat kita perlukan, jalur pelabuhan dan perdagangan harus terus kita genjot habis-habisan sehingga daya saing kita, bisa kita tingkatkan," tegas Jokowi.

Diakui Jokowi, dalam waktu dekat memang ada beberapa proyek infrastruktur yang akan dimulai pembangunannya, selain Tol Trans Sumatera.

"Perlu saya sampaikan dalam minggu-minggu ini akan kita mulai pembangunan infrastruktur," tukasnya.

Pembangunan Tol Sumatera di awal mencapai 8,5 kilometer



Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan, tepat pukul 10.30 WIB, Minggu (6/9/2015), meninjau progress pembangunan tol Trans Sumatera yang dimulai titik Desa Ibul Besar Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.

Usai meninjau pembangunan mega proyek tol Trans Sumatera, Jokowi mengungkapkan, kondisi lokasi pengerjaan tergolong rawa.

Namun, ia mengapresiasi progres pembangunan Tol Trans Sumatera yang telah selesai sepanjang 8.5 Kilometer.

"Progressnya, menurut saya sudah luar biasa, sudah masuk pengerjaan sepanjang 8.5 kilometer. Prediksi memasuki 2018 akhir, sudah selesai," ungkap Jokowi.

Perkembangan Tol Sumatera



Presiden Joko Widodo menegaskan, dalam waktu dua setengah tahun hingga tiga tahun, Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggibesar di Lampung harus selesai dibangun.

"Saya puas dengan hasil pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang sekarang, progresnya sangat bagus," kata Presiden Jokowi usai memantau pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Desa Sabahbalau Kecamatan Tanjungbintang, Lampung Selatan, Jumat (6/11/2015), seperti dikutip Antara.

Jokowi mengatakan, perkembangan pembangunan JTTS selalu dipantau. Setelah melihat progresnya, Presiden menilai sangat baik dan cepat.

Harapannya, pada tahun 2018, JTTS selesai dibangun agar bisa langsung dirasakan oleh rakyat.

"Tahun 2018 pembangunan JTTS harus selesai hingga Palembang," kata Jokowi lagi.

Selanjutnya, menurut Presiden Jokowi, akan kembali dibuat jalan tol dari Provinsi Aceh hingga tembus ke Lampung.

Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Bandara Radin Inten II Lampung, Jumat, tepat pukul 14.20 WIB. Rombongan disambut oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo beserta istri dan jajaran Forkopimda.





Presiden langsung bertolak menuju proyek pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera di Km 77, yang terletak di Desa Sabah Balau Kabupaten Lampung Selatan dengan menggunakan jalur darat.

Menurut informasi, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari, hingga Sabtu (7/11) di Lampung.

Selain memantau proyek tol, sejumlah agenda kunjungan lainnya juga akan dilakukan Presiden Jokowi, termasuk mengadakan pertemuan dengan para pemimpin redaksi media massa di Lampung pada Jumat malam.

Tekad Jokowi rampungkan Tol Sumatera



Pembangunan infrastruktur di luar pulau Jawa terus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Contohnya adalah proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mondar-mandir memantau perkembangan proyek ini.

Kemarin, Presiden Jokowi meninjau pembangunan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di KM 77. Jokowi datang didampingi Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, beserta rombongan menyusuri pekerjaan fisik jalan yang sudah rampung sepanjang 1 kilometer (km).

Jokowi telah meninjau pekerjaan ruas tol tersebut sebanyak tiga kali. "Pertama kali meninjau saat ground breaking, kedua tengah melakukan pekerjaan fisik, kemarin kali ketiga sudah mulai dicor dan selesai satu kilometer," kata Basuki, dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/11/2015).

Jokowi memang pernah berikrar, dirinya akan terus memantau seluruh proyek pembangunan infrastruktur apalagi groundbreaking proyek infrastruktur tersebut dilakukan oleh dirinya sendiri. Kala itu. dengan tegas Jokowi mengatakan, tak boleh ada lagi proyek infrastruktur yang mangkrak, apalagi berhenti setelah dilakukan groundbreaking.

Sumber Lengkap
0
18.1K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan