Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

imaimaimutAvatar border
TS
imaimaimut
Menyetel Karburator RX King Standart Untuk Harian
Peranti yang 1 ini sangatlah vital hal ini disebabkan karburator merupakan salah satu piranti yang bertugas menghasilkan tenaga dari motor tersebut, salah penanganan maka akan sangat berdampak pada performa motor tersebut. Di posting saya kali ini akan berbagi tips cara mensetting karbu yang benar.

Langkah Pertama adalah putar baut langsam menggunakan obeng pada karbu ke arah kanan hingga idle motor terasa tinggi, kencangkan/putar ke arah kanan baut setelan angin sampai mentok, tarik sekali gas (geber maksudnye) setelah itu kendorkan baut setelan angin perlahan lahan sambil dirasakan (pake feeling gitu), jika mesin meraung paling konsisten artinya tidak brebet atau nembak nembak geber sekali selesai. Untuk mengecek bener atau tidaknya setelan agan, bisa ngecek lewat keadaan ujung busi kalo item berarti setelan angin kurang dibuka (boros), jika putih pucat berarti setelan terlalu terbuka (keiritan saking pelitnya), jika warna merah bata pada busi adalah kondisi setelan sudah pas.

Menurut sumber yang saya baca kalo setting karbu motor sebaiknya jangan menahan gas pake tangan, apalagi biasanya nyettingnya sambil di geber-geber selesai setting tambah juga di geber geber itu namanya pemakasaan terhadap mesin. Kalau sayang ama motor kita gak perlu lakukan hal seperti itu,perlu di ingat mesin motor baik konvesional maupun radiator sangat bergantung pendinginan pada hembusan angin pada waktu melaju, tidak seperti motor yang memiliki ekstra fan pada radiatornya jadi baik diem atau jalan motor sich cool cool aja. Lama kelamaan komponen mesin cepet aus walaupun tidak terasa dalam jangka waktu pendek, dari pabrikan juga menganjurkan pemanasan motor pada pagi hari tidak lebih dari 2 menit.Yang lebih menjengkelkan lagi kalo servis di bengkel waktu nyetting di geber geber bikin naek darah, kan itu mekaniknya gak ngerasain beli tuh motor jadi mana peduli dia. Sekian posting dari saya semoga bisa membantu di tunggu masukan dan pertanyaan seputar motor, salam peace dan first safety riding.
0
66.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan