Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sukmo.wijoyoAvatar border
TS
sukmo.wijoyo
Pemikiran R.A. Kartini Dalam 9 Suratnya
Siapa yang tidak mengenal sosok Kartini??, sosok perempuan ningrat jawa, yang membawa perubahan pemikiran tentang emansipasi, persamaan hak yang sama bagi kaum perempuan dan laki-laki. Pemikiran yang lahir dari sumbatan budaya patriarki yang memarjinalkan perempuan, dia perempuan pribumi pertama yang menunjukkan pemikiran bahwa pembangunan manusia tidak akan pernah tercapai jikalau tanpa melibatkan sosok perempuan.

Beliau yang lahir dan besar di tengah masa gelap kolonialisme dan feodalisme, dimana perempuan adalah hanya sebagai obyek dari berbagai sistem yang menafikkan kemanusian perempuan. Perempuan hanyalah sosok pelangkap, perannya hanya diperuntukkan dalam ranah domestik, bahkan tidak memiliki hak preprogratif menentukan nasib atas hidup yang dijalani.

Berangkat dari segala kegelisahan Kartini membuka cakrawala dunia lewat tulisan-tulisannya kepada sahabat-sahabat penanya di Belanda. Lewat surat-suratnya Kartini menuangkan segala harapan, resah gelisah, dan pemikirannya tentang nasib perempuan pribumi. Sebagai seorang perempuan jawa yang terikat akan kultur yang diskriminatif Kartini dengan segala keterbatasannya sebagai perempuan yang terkungkung dalam kultur patriarki memberi cerah bagi kaum perempuan setelah masanya. Kita mengenal Kartini dari surat-suratnya yang dikumpulkan oleh teman-temannya yang ada di Eropa.

Duisternis Tot Licht dalam bahasa Indonesia kita kenal Habis Gelap Terbitlah Terang, adalah buku yang memuat surat yang berisikan pemikiran Kartini. Namun, kiranya masih banyak yang tidak mengetahui apa dan bagaimana isi pemikiran Kartini dalam surat-suratnya tersebut, karena mungkin yang kita tahu dari Kartini dia adalah perempuan pertama di negeri ini yang memperjuangkan emansipasi, dari sini kita akan mengenal sosok Kartini lebih dalam, bahwa Kartini teramat istimewa dengan segala pemikirannya. Berikut adalah adalah beberapa petikan surat Kartini yang menunjukkan pemikirannya.

Spoiler for Surat Kartini ke-1:


Spoiler for Surat Kartini ke-2:


Spoiler for Surat Kartini ke-3:


Spoiler for Surat Kartini ke-4:


Spoiler for Surat Kartini ke-5:


Spoiler for Surat Kartini ke-6:


Spoiler for Surat Kartini ke-7:


Spoiler for Surat Kartini ke-8:


Spoiler for Surat Kartini ke-9:

Selamat Hari Kartini

Spoiler for Sumber:
Diubah oleh sukmo.wijoyo 20-04-2016 20:34
0
2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan