Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gix69Avatar border
TS
gix69
JEMBATAN TERPANJANG BULAN LAGI DI SURAMADU GAN
Assalamualaikum rakyat jelata Kaskuser di manapun anda berada.

Membahas tentang pembangunan di Negri kita tercinta ini memang lagi di sorot banyak kalangan.mengenai pembangunan mental,sampai pembangunan infrastructure nya.

Kali ini ane mau share tentang salah satu pembangunan infrastructure.

Yap,tentang JEMBATAN TERPANJANG DI INDONESIA RAYA.


Agan sist tau gak Rekor Jembatan Suramadu di Surabaya sebagai jembatan terpanjang, segera beralih keJembatan Martadipura di Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar) gan,

Jembatan ini memiliki panjang 15,3 km. Panjang Jembatan Suramadu 5,4 kilometer. Data Dinas Bina Marga dan Sumber daya Air (DBMSDA) Kukar,

Jembatan Martadipura tak hanya sebagai penghubung bibir Sungai Mahakam di Kota Bangun. Badan dan fondasi jembatan terus dibangun hingga belasan kilometer di atas rawa denganmetodepile slab(jalan layang).


Dari permukaan tanah,pile slabitu memilikipanjang dua hingga tiga kilometer. Meski lokasinya berada di atas rawa dan berfungsi sebagai penghubung, konstruksi tersebut termasuk kategori jembatan.

Pembangunan bentang jembatan dengan metode pile slab ini, dilakukan lantaran akses jalan dapat tergenang banjir jika memasuki musim hujan. Sehingga dinilai lebih kuat dan hemat dibanding menimbun jutaan kubik tanah. Sehingga, bagian jembatan di bibir sungai terus disambung berbentuk jalan layang menyerupai jembatan. Maklum di daerah sini banyak rawa-rawa gan.

Tidak hanya panjangnya, tapi dari segi biaya lebih besar dari Jembatan Suramadu. Jalan pendekat dan penghubungnya pun mungkin jadi yang termewah," kata kasi Pemeliharaan dan peningkatan Jalan, DBMSDA Kukar.Suer bukan kata ane lo gan sist.emoticon-Takut


Dikatakan Budi, jika memasuki musim hujan, kawasan kecamatan di hulu Mahakam dilanda banjir.

Jika jalan penghubung jembatan Martadipura dibuat dengan dasar timbunan tanah, maka dikhawatirkan tidak stabil dan memakan biaya lebih besar. Apalagi, sebagian material pembangunan jalan dan jembatan ini, dikirim dengan menggunakan ponton. Sehingga saat air Sungai Mahakam surut, pengirimanmaterial akan terganggu.


Tak hanya jembatan, akses jalan pendekatnya juga dibangun menggunakanpile slabe. Sebab, sejumlah lokasi pembangunan jalan merupakan rawa yang biasa digenangibanjir di musim hujan. Dari segi anggaran pembangunan,pile slabedi Kota Bangun bisa disebut jalan termahal yang pernah ada. Akses jalanpendekat ini akan terhubung ke Desa Sebelimbingan di Kembang Janggut menuju Kecamatan Kota Bangun.Untuk total jalan penghubung antara Kota Bangun hingga Tabang tersebut, Budi memastikan panjangnya mencapai 172 kilometer.

Dilihat konstruksinya yang megah dan panjang, jalan yang dibangun menggunakan dana APBD Kukar tersebut, justru mengalahkan jalan tol Provinsi Kaltim dari Balikpapan menuju Samarinda. Anggaran yang dialokasikan mencapai 1,2 triliun per tahun. Proyek ini dikerjakan sejak 2011. Total biaya mencapai 45 persen dari APBD Kukar.Mayan kalo buat beli krupuk mah emoticon-Ngakak

Sekian trit sederhana ane gan.mudahan bisa menjadi wawasan baru buat agan sist.

Apabila ada kesamaan trit atau apapun itu.di luar dari dugaan ts.
Ts hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan khilaf.

Ts juga gak keberatan di kasi emoticon-Toastemoticon-Cendol (S)emoticon-Shakehand2
Diubah oleh gix69 20-08-2016 15:47
0
4.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan