Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gamingkita.comAvatar border
TS
gamingkita.com
Superman VS Goku : Siapakah Yang Paling Pantas Jadi Panutan?


Superman vs Goku, bagi kalian yang mengikuti perkembangan superhero dari Jepang maupun Amerika mungkin sudah sering mendengar duel pamungkas kedua karakter ini. Memang membandingkan karakter satu dengan yang lainnya sangat menghibur dan orang-orang sering mendebatkan dari yang hanya oboral secangkir kopi hingga obrolan serius.

Dari kebanyakan perdebatan siapa yang paling hebat, kebanyakan dari kita sering membandingkan hanya dari kekuatan supernya saja, padahal mereka adalah karakter yang memiliki jiwa dan diciptakan untuk menginspirasi penggemarnya. Dan kali ini disini saya akan membahas siapakah yang paling layak dijadikan panutan.

Memang kedua karakter ini dari segi kepribadian sangat berbeda. Namun justru ini yang menarik. Kita bisa melihat dua sudut pandang dari kedua karakter berbeda ini.

Superman dan Goku adalah kedua superhero yang berbeda, keduanya menggambarkan nilai sudut pandang kebudayaan masing-masing kultur, dan kedua tipe superhero seperti ini sama-sama penting. Disini saya akan menjabarkan dua hal yang paling mendasar yang membedakan kedua karakter ini, yaitu identitas dan Nilai atau kebutuhan.

IDENTITAS




Superman menutup dirinya dari dunia kesehariannya dengan bersembunyi dibalik persona Clark Kent. Sementara Goku tidak menyembunyikan identatasnya. Yang paling mendasar dari perbedaan ini kareka keduanya hidup di jenis dunia yang berbeda.

Goku adalah Goku, ia tidak menyembunyikan identitasnya karena memang ia tidak membutuhkannya. Goku merefleksikan jiwa yang bebas, yang tidak mau terkekang atau menyembunyikan masalahnya. Tipe karakter yang mudah membaur dengan siapapun, menjadi sahabat siapapun.

Sementara Superman menyembunyikan identitasnya karena memang dia merefleksikan kita semua. Di dunia modern ini kebanyakan dari kita melakukan hal yang sama. Kita menggunakan topengsosial ketika kita keluar. Ketika seseorang menanyakan kita apa yang kita lakukan, kita meresponnya dengan senyuman, dan jawaban yang bisa didengar dan diterima oleh lingkungan sosial. Padahal belum tentu kita demikian. Kenapa? Karena orang-orang membenci orang yang berbeda dari mereka. Simpelnya, kita adalah Superman yang bersembunyi dibalik Clark Kent.

NILAI DAN KEBUTUHAN




Superman dan Goku keduanya merepresentasikan kedua kultur budaya yang berbeda. Meskipun keduuanya bisa diterima oleh semua umur dari anak-anak sampai orang dewasa. Namun dua hal yang berbeda terlihat dari tujuan kedua karakter tersebut.

Goku ditujukan untuk kita dijadikan panutan bagi anak-anak ketika mereka menginjak masa gap antara remaja menuju dewasa. Dimana karakter ini mengajarkan bagaimana seseorang perlu yang namanya pertemanan dan pergaulan yang bebas, mengajarkan tentang saling menolong antar teman dan nilai dari persahabatan, tipikal karakter-karakter pahlawan shonnen manga.

Sementara Superman ditujukan agar penggemarnya bisa mengambil pelajaran saat ia dewasa nanti. Agar kita siap menghadapi dunia nyata dan segala kerumitannya namun tetap bisa memandang sisi positif dari segala hal yang menimpa kita di kehidupan. Agar kita bisa siap dengan kejutan yang dunia lemparkan kepada kita.

KESIMPULAN



Menarik? Meskipun begitu, kedua karakter, Goku dan Superman, memiliki nilai dan kelebihan masing-masing. Keduanya sama-sama dibuat untuk menemani dan menghibur kita, juga bisa menginspirasi kita. Memiliki kultur budaya yang berbeda tidak serta merta membuat masing-masing-masing karakter lebih baik dari salah satunya. Hidup berdampingan dengan seseorang yang berbeda dengan kita, bukankah itu adalah sesuatu yang menarik?.

SUMBER : JAGOAN.TV
Diubah oleh Kaskus Support 03 07-10-2016 15:56
0
2.2K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan