Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pitik858Avatar border
TS
pitik858
pecinta CIU[minuman keras alkohol +17] masuk :D larisan
langsung aja gan

asalamualaikum wr wb

ciu sebenarnya adalah minuman khas jawa gan
Ciu merupakan sebuah nama sebutan untuk minuman keras khas dari daerah Banyumas dan Bekonang, Sukoharjo. Meskipun mungkin ada hubungannya tapi tidak sama dengan Ang Ciu atau arak merah Cina. Di Banyumas Ciu merupakan hasil fermentasi dari beras dengan kadar alkohol mencapai 50-90%. Di tempat ini Ciu illegal dan dengan aktif diberantas oleh pemerintah daerahnya. Di Bekonang di lain pihak, pembuatan Ciu ini didukung oleh pemerintah daerahnya, sehingga menjadi sangat populer dan dipasarkan ke seluruh Karesidenan Surakarta, Surabaya hingga Madura. Pada jaman dahulu setiap ada hajatan malamnya pasti diikuti dengan acara mabuk “Ciu Bekonang”. Ciu ini pembuatannya menggunakan tape dan ketan sehingga hasil fermentasi dari singkong tidak seperti saudaranya di banyumas. Kedua Ciu tidak berwarna, bening dan rasanya sangat kuat.


neh ciunya gan




proses pembuatannya



MACAM MACAM CIU

Ciu Bekonang
Ciu Bekonang bukanlah sebuah jualan satu arah. Dari sekian banyak industri ciu rumahan yang ada di sana, beberapa memang menjualnya kepada industri yang lebih besar, tapi ada juga yang menjualnya secara eceran kepada para pelanggan. Sejarah munculnya industri ciu Bekonang ini tidak lepas dari budaya mabuk dalam kehidupan masyarakat Jawa, terutama Surakarta.

Aktivitas pesta miras ternyata sudah lama berkembang di pribumi Nusantara. Dalam sebuah naskah kuno Negarakertagama yang ditulis pada zaman keemasan Majapahit, diketahui bahwa minuman keras pada masa itu selalu menjadi bagian dari perjamuan agung di kraton-kraton. Marbangun Hardjowirogo dalam buku yang berjudul Manusia Jawa (1984) memberi keterangan singkat bahwa Solo di tahun 1920-an sudah bisa menghasilkan jenewer yang merupakan penjawaan dari kata Belanda, jenever, di sebuah daerah di seberang selatan Bengawan Solo, yaitu Bekonang.

Kemunculan ciu Bekonang berkaitan erat dengan berdirinya pabrik gula Tasikmadu di Karanganyar yang kala itu merupakan aset penting Pura Mangkunegaran, Solo. Dari pemrosesan tetes tebu yang sedemikian rupa, terciptalah air memabukkan khas Bekonang yang disebut ciu. Saat itu, pembuatan ciu dikerjakan secara sembunyi-sembunyi walau kadar alkoholnya masih rendah. Awalnya, alkohol diproduksi untuk minuman keras dan mabuk-mabukan. Ini akibat pengaruh hegemoni kraton yang kerap mempunyai gelaran acara pesta panen raya maupun penyambutan tamu kerajaan dengan mengadakan pesta dan tarian tradisional seperti tayub. Diriwayatkan oleh Triknopranoto dalam Sejarah Kutha Sala, bahwa tempo dulu setiap ada acara tayuban, kerap terjadi tawuran, sebab mereka yang berjoget sering lepas kontrol karena kelebihan menenggak ciu. Sehingga wajar apabila muncul konotasi buruk mengenai kehidupan kraton dan priyayi di mata Belanda kala itu.

Distrik Bekonang sempat pula menjadi sasaran operasi Belanda. Razia yang digelar lima tahunan (1920–1925) melibatkan pamong setempat sebagai mata-mata. Saking semangatnya mengintai sasaran, para mata-mata ini sering tidak akurat dalam memberikan informasi dengan melaporkan pembuat tape singkong sebagai “produsen arak gelap”. Seiring bertambahnya waktu, ciu Bekonang pun kian populer karena sudah mempunyai pasar serta pelanggan yang tetap.

Di era kini, bila Anda menyusuri Jalan Ciu, sebuah jalan di daerah Bekonang, Anda akan banyak menjumpai warung-warung yang menghidangkan ciu dengan aneka rasa. Misalnya ada istilah Cisprite, yaitu campuran ciu dengan minuman ringan merek Sprite dengan perbandingan 1:1. Selain itu, ada juga Cikola sebagai campuran ciu dan Coca-Cola, Ciut (ciu dengan Nutrisari), Cias (ciu dengan wedang asam), Ciu 3 Dimensi (campuran ciu, bir dan minuman Kratingdaeng), Ciu 4 Dimensi (ciu, bir, Kratingdaeng, dan Sprite), serta Kidungan (ciu dengan campuran air rendaman tanduk kijang). Jenis terakhir inilah yang diyakini sebagai obat kuat.

Dari hasil riset Arif Widodo (2004), pada tahun 1945 perajin industri rumah tangga ciu Bekonang hanya berjumlah 20-an orang dan hasil produksinya kurang lebih hanya 10 liter per hari. Antara tahun 1961-1964, industri alkohol sudah mulai ada kemajuan, yaitu ada peningkatan kadar alkohol dari 27% menjadi 37% dengan peralatan yang juga masih sangat sederhana. Kini, alkohol telah dipasarkan mencapai hampir ke seluruh wilayah Karesidenan Surakarta, Surabaya, Kediri, dan lain-lain. Dampaknya, taraf hidup masyarakat Bekonang pun meningkat karena dapat bermobilisasi secara horizontal maupun vertikal.


CIU BANYUMAS
Ciu, minuman keras tradisional dari Banyumas selama ini dikenal sebagai suguhan bagi tetemu di Desa Wlahar. Bagi warga setempat, minuman itu merupakan jamu untuk penyehat badan. Tak jarang ditemui, penderes kelapa yang sehari-hari harus memanjat pohon kelapa, harus meminum barang segelas sebelum melakukan aktivitasnya.

Untuk melihat proses pembuatan minuman ini tidaklah mudah. Perajin ciu di desa itu selalu curiga jika ada orang lain datang hanya sekedar untuk melihat prosesnya. Mereka takut, usahanya itu akan diketahui polisi.

Pun ketika Tempo melihat dapur pembuatan ciu, perajinnya justru kabur entah kemana. Dapur itu dibiarkan begitu saja, meskipun api di tungku pembuatan masih menyala. Beruntung, Tempo bisa menemui salah satu perajin yang mau menerangkan cara pembuatan ciu, minuman penghangat suasana. “Kami sudah membuatnya sejak zaman Belanda,” kata Siyem, 40 tahun.

Ia mengatakan, perajin ciu rata-rata merupakan ibu rumah tangga. Kaum lelaki, kata dia, bertugas untuk mencari bahan baku dan menjual ciu ke beberapa tempat. Praktis, semua urusan di dapur pembuatan ciu dilakukan oleh kaum perempuan.

Dapur ciu rata-rata terletak di belakang rumah. Bangunannya setengah terbuka dengan pagar dari anyaman bambu. Di dalam dapur ada tungku untuk memasak bahan baku ciu, semacam alat destilasi. Tong besar dengan volume 130 liter digunakan untuk mencampur gula merah, tape, air dan bibit ciu.

Abas Supriyadi, Kepala Dusun 3 Desa Wlahar yang mengaku penggemar berat ciu menuturkan, ciuBanyumas hampir sama dengan ciu Bekonang di Solo. “Kadar alkoholnya bervariasi, mulai dari 20 persen hingga 70 persen,” katanya.

Ia mengatakan, setiap harinya, satu instalasi penyulingan memerlukan bahan baku 30 kilogram gula merah, 50 liter omplong semacam sisa fermentasi pada proses sebelumnya, 2 kilogram tape singkong, dan 50 liter air.


Bahan-bahan itu disimpan selama satu minggu. Adonan yang dimasukkan ke dalam tong itu, harus diaduk. Setelahnya baru masuk proses penyulingan. Adonan dimasukkan ke panci alumunium, dipanaskan tanpa boleh mendidih dengan tungku kayu, dan uap airnya disalurkan melalui pipa tembaga. Setetes demi setetes hasil penyulingan ditampung dalam toples isi 3 liter yang akan penuh setiap 4 jam.

Di pasaran, harga ciu bervariasi tergantung dari tinggi rendahnya kadar alkohol. Ciu dengan alkohol berkadar 20 persen, dijual dengan harga Rp 15 ribu. Sementara untuk ciu dengan kadar alkohol 50 persen, dijual Rp 20 ribu dan kadar 70 persen dijual Rp 35 ribu per liter.

Untuk menjualnya, mereka menggunakan sel tertutup. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjual ciu di daerah Banyumas dan daerah tetangga lainnya. Seringkali, penjual harus balik kanan tak jadi menjual ciu gara-gara takut ditangkap polisi.

Di kalangan mahasiswa, ciu merupakan minuman yang cukup digemari. Mahalnya minuman keras berlabel, menjadi salah satu pemicunya. Merasa tak mampu masuk ke pub yang menjual minuman keras, mereka lebih memilih ciu yang harganya cukup terjangkau. “Biasanya malam minggu, kalau sedang ngumpul bersama teman-teman,” kata Febri, salah satu mahasiswa dari perguruan tinggi di Purwokerto.

Ia biasa mendapatkan ciu dari salah satu penjual yang biasa beroperasi di dekat kampusnya. Dibandingkan dengan membeli minuman beralkohol impor, ia lebih memilih ciu karena kualitasnya tidak jauh beda.


Bagi peminum ideologis, menenggak ciu bukan hanya sekedar gaya hidup. “Tapi ini perlawanan terhadap hegemoni barat atas maraknya produk minuman keras yang beredar di Indonesia,” kata salah satu anggota komunitas Ciu Penghangat Suasana yang nemanya tidak mau disebutkan.

Menurut dia, minuman keras lokal seperti Ciu Bekonang, Ciu Banyumas dan Arak Bali merupakan tradisi bangsa yang harus dilestarikan. Budaya minum ciu, kata dia, bukan sekedar untuk hura-hura dan mabuk-mabukan, tapi untuk meningkatkan solidaritas.

Madari, 60 tahun, mengatakan ia sudah puluhan tahun, menggeluti profesi sebagai perajin ciutradisional. Bahkan, katanya, kakeknya dulu pun menjadi perajin tersebut dan telah memulainya sejak zaman penjajahan Belanda. “Umur kerajinan ciu di sini, lebih tua dibandingkan dengan usia saya sekarang,” ujarnya.

Baginya, meski sembunyi-sembunyi, hasil kerajinan itulah yang nyata-nyata memberikan penghasilan.Ciu hasil dari Desa Wlahar masih tetap diminati oleh pembeli, meski dia mengaku tidak tahu pembeli yang datang ke tempatnya menjual ke mana. “Biasanya pembeli yang datang ke sini sudah saling kenal. Begitu datang, langsung masuk dan tidak berapa lama pergi lagi. Yang penting tidak diminum di sini, itu syarat utamanya. Jangan sampai kami juga kena masalah,” katanya.

Dalam sehari, dia mampu membuat ciu sebanyak 30-40 liter dengan kadar alkohol sekitar 40-50 persen. Makanya tidak heran, jika mengecap saja, di mulut langsung terasa panas. Pembelinya tidak hanya berasal dari Banyumas, melainkan juga dari Wonosobo dan Cilacap. Dengan menggeluti pembuatan ciu tersebut, dia mendapatkan hasil Rp 400 ribu per hari. Sebuah hasil yang sangat menggiurkan bagi warga desa Wlahar.

Menurut Pratiwi, salah satu Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman yang pernah meneliti pembuatan ciu di Desa Wlahar mengatakan, Ciu Banyumas adalah contoh produk fermentasi alkohol tradisional dengan bahan dasar tape singkong, tape ketan, gula Jawa dan laru (sisa destilasi ciu). “Saya hanya ingin meneliti untuk mengetahui mikroba yang berperan dalam proses fermentasi ciuBanyumas,” katanya.

Berdasarkan hasil penelitiannya, kata dia, mikroba yang terlibat dalam proses fermentasi ciuBanyumas berasal dari golongan yeast, bakteri asam laktat (BAL) dan bakteri asam asetat (BAA), Zymomonas dan Micrococcus. Kapang dari genus Aspergillus hanya diperoleh dari ragi dan tidak ditemukan pada tape singkong maupun substrat fermentasi ciu Banyumas.

Saccharomyces cerevisiae merupakan satu-satunya yeast yang terdapat pada ragi Matahari Cakra, tape singkong dan substrat ciu. BAL yang didapat dari ragi, tape singkong dan substrat ciu Banyumas adalah Enterococcus, Brochothrix, Lactobacillus, Pediococcus, Leuconostoc, Listeria, Saccharococcus dan Streptococcus.

Kepala Desa Wlahar, Jasmin mengatakan, perajin ciu di desanya mencapai 400 orang dari 1.000 kepala keluarga. “Hampir semua warga di sini merupakan perajin ciu,” katanya.

Selain Desa Wlahar, desa lainnya yang juga membuat ciu yakni Windunegara dan Cikakak. Ketiga desa tersebut dikenal dengan istilah segitiga emas produsen ciu.

Ia berharap pemerintah melegalkan ciu dan membantu pengemasan agar bisa dijual bebas. Menurutnya,ciu Banyumas tak kalah kualitasnya dibandingkan dengan minuman keras produk impor. “Hampir sama dengan Excelsior atau bir Jerman,” katanya.

Selain untuk diminum, saat ini ia tengah menjajaki penjualan ciu untuk kepentingan medis. Selain bisa dijual ke rumah sakit, ciu juga bisa dimanfaatkan oleh sinse untuk pengobatan tradisional.

Kepala Seksi Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas, Deskart Djatmiko mengatakan, ciu dengan kadar ethanol 40 persen dari desa tersebut bisa menghasilkan 30 ribu liter ethanol tiap bulannya. Jika sudah menjadi ethanol, Djatmiko mengaku pasarnya cukup luas. "Ethanol dengan kadar 70 persen, biasa dipakai di rumah sakit atau laboratorium sebagai desinfektan," katanya.

Sedangkan kadar 99,5 persen bisa dijadikan untuk campuran bensin. Termasuk dunia industri yang juga biasa menggunakan bahan baku ethanol sebagai bahan pelarut dan bahan baku lainnya.

Untuk merubah ciu menjadi bahan energi alternatif lainnya dibutuhkan peran serta pemerintah setempat. "Mereka bisa menyuplai dan mencukupi kebutuhan alkohol di 11 rumah sakit yang ada di Banyumas," ujarnya.

Djatmiko mengatakan pihaknya sedang mengupayakan disediakannya teknologi terapan yang lebih murah. Menurutnya, selama ini peralatan yang digunakan masih sangat sederhana. "Biaya produksi berkisar Rp 6-7 ribu. Kalau teknologinya sudah ada mungkin bisa lebih murah," kata dia menambahkan.






dampak minum ciu:

berikut adalah resiko minum ciu:
1. karena beralkohol tinggi dapat memabukan dan akan mengganggu kesehatan pada jangka waktu yang lama.
2. membuat hilang kesadaran yang lama pengaruhnya.
3. membuat pandangan kabur saat berkendara.
4. minuman ini sangat keras sehingga efek samping spontan.
dan yang terahir ke 5


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

kalo di kampung ane gan (cilacap banyumas) ciu enaknye di campur torpedo atau big cola rasa sprite ,sampe ane gumoh dah emoticon-Takut
di daerah agan gimana emoticon-Big Grin

maaf ane buat thread ini juga sambil nyiu gan berantakan juga

sumbergoogle

wasalam semoga LARISAN emoticon-Ngakak

update nyusul gan emoticon-Peluk
emoticon-Peluk
Diubah oleh pitik858 09-06-2014 13:38
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
42.3K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan