Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

motivanjritAvatar border
TS
motivanjrit
Motivanjrit - Thread Provokatif #1912


Kita Berbeda #ThreadDamai1912











Sudah lumayan lama rasanya gue gak nulis materi motivanjrit lagi. Yup ini semua karena kesibukan gue yang sedang membangun sebuah startup berkonsep gift directory yang gue kasih nama isikado.com. Namun karena sekarang ada waktu luang, dan emang udah kangen banget mau nulis materi motivanjrit lagi, mau share lagi ke kalian emoticon-Big Grin akhirnya gue buat tulisan ini di kaskus tercinta lagi.



Di dunia ini sangat sulit menemukan hal yang sama, buktinya anak kembar sekalipun pasti ada perbedaan nya.

Kaga usah anak kembar deh, coba lo liat smartphone merk A dan tipe A misalnya, smartphone itu diproduksi banyak, tapi tetap aja beda pemiliknya, aplikasi yang ter-install di dalamnya, IMEI nya, dsb.

Ya di dunia ini kalau kita bicara hakikat, susah nemuin hal yang Benar - benar sama dan serupa.

Kita dilahirkan berbeda, jangankan antara kita dan orang lain, antara kita waktu masih bayi umur 5 bulan sama kita di umur sekarang aja beda. Padahal kita - kita juga, iya kan?

( "Ya iyalah, orang tumbuh gede!" emoticon-Big Grin )

Ya pokoknya mau gak mau, suka gak suka, senang gak senang, rela gak rela hidup kita ini penuh dengan perbedaan deh.

Pola pikir, Fisik, Keluarga, Kebiasaan, Hobi, Adat, Budaya, Suku, Bangsa, Keyakinan dan lain sebagainya.

Sekarang gue tanya?

"Apakah perbedaan itu masalah bagi lo?"

Kalo lo jawab "iya" maka gue ucapkan, "selamat menikmati masalah selama lo masih bernafas di dunia ini"

Karena selama lo masih hidup dunia ini, ya hidup lo bakal dikelilingi oleh berbagai macam perbedaan selamanya. Dan kalo lo anggap Perbedaan itu masalah, maka seumur hidup ya lo akan ketemu sama masalah itu terus.

Ok, gue punya beberapa poin - poin nih biar kita bisa terima Perbedaan yang ada di kehidupan kita.

Berikut ini poin - poin tersebut.

MULAI DARI PIKIRAN



Mulai sekarang kita harus bisa mikir, Perbedaan itu bukan masalah! inget, bukan masalah. Coba lo pikirin lagi deh bro, kalo perbedaan itu masalah, lo sama saudara lo bisa berantem terus - terusan. Pola pikir kalian beda, Nama kalian beda, wajah kalian beda, baju yang kalian pake beda, bahkan CD yang kalian pake juga beda. Jadi mulai sekarang mikir, Perbedaan itu bukan masalah.

CARI CELAH PERSAMAAN



Gue punya kolega banyak, ada yang hobinya beda sama gue, ada yang profesinya beda sama gue, ada yang golongan darahnya beda sama gue, bahkan ada yang keyakinan nya beda sama gue.

Kalo gue yang ketemu sama yang beda hobi, apakah kita asik ngomongin hobi masing - masing? ya nggak lah!

Kalo ketemu yang profesinya beda sama gue, apakah kita ngomongin profesi masing - masing dengan siklus di setiap pembicaraan? ya kaga lah!

Kalo gue ketemu yang golongan darahnya beda sama gue, apakah gue mesen gitu ke dia "Eh bro, nanti kalo gue kurang darah, lo donor ke gue ya!"

Ya gak gitu lah!

Terus kalo ketemu yang beda keyakinan sama gue, apakah gue ngomong ke dia "bro, ibadah lo tuh harus kaya gue! lo tiap jum'at ikut gue aja ke Masjid!"

Kalo gitu mah yang ada berantem. emoticon-Big Grin

gue coba cari celah persamaan, Karena kolega gue rata - rata WNI, ya biasanya kita ngomongin nya Indonesia, contoh tempat wisata yang bagus di Indonesia, bisnis yang berpotensi bagus di Indonesia, karena celah persamaan gue dan kolega gue ya sama - sama orang Indonesia. kita harus cari bahan pembicaraan yang positif secara umum. Bukan positif menurut gue tapi negatif menurut temen gue.
3. Hindari hal - hal yang bersifat pribadi, dapat menyinggung dan berpotensi bikin temen jadi musuh.




saat ini Socmed gue, Timeline dipenuhi dengan hal - hal berbau politik, ada yang pilihan nya beda sama gue, ada yang terus - terusan gak berhenti posting tentang yang didukungnya, ada yang nebar berita hoax terus, banyak deh.

Tapi bagaimana kita harus menyikapi itu?

Kalo gue sih simple, gue mikir "Ah emang lagi masa nya, lagi momen nya, entar juga hilang sendiri, gak usahlah diblok, toh dia temen gue, sodara gue, tetangga gue.

Sekritik dua kritik sih ada dari gue, cuma begitu ada teman yang gak sependapat komentar, jawaban gue cuma "memang lagi masanya bro, nanti juga hilang sendiri emoticon-Big Grin"

Gue lebih menghindari konfrontasi daripada gue harus kehilangan temen yang gue kenal hanya gara - gara pilihan yang cuma baru - baru ini aja gue kenal.

yup, inilah perbedaan, yang sama sekali bukan masalah, kalau kira - kira gak ada titik temu ya lebih baik hindari untuk dibahas, untuk mencegah perbedaan yang tadinya gak jadi masalah gara - gara dibahas malah jadi masalah.

Walaupun hidup kita ini penuh perbedaan, kita sama - sama orang Indonesia, kita sama - sama manusia, kita sama - sama ngaskus, kita sama - sama lagi di forum The Lounge, pokoknya masih banyak persamaan kita, yang bisa kita buat untuk jadi bahan pembicaraan, pembahasanc menyatakan harapan ke hal yang membuat kita memiliki persamaan itu.

Masih mau mempermasalahkan perbedaan secara militan?

Ya jangan dong! emoticon-Big Grin








0
2.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan