Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
Susu Kedelai Vs Susu Sapi, Mana Yang Lebih Sehat?
SUSU KEDELAI VS SUSU SAPI, MANA YANG LEBIH SEHAT




Berbicara mengenai manfaat susu tak akan lepas dari kesehatan tulang. Untuk sebagian orang, susu merupakan minuman yang lezat dan menyehatkan terutama pada anak-anak. Akan tetapi, bagaimana dengan mereka yang menjalankan program diet? Selain kaya kalsium dan protein, susu juga dikenal dengan kandungan lemak yang tinggi. Inilah yang selalu menjadi ancaman bagi pelaku diet.

Untuk menghindari lemak, banyak orang memilih alternatif susu kedelai. Susu yang diproduksi dari kacang kedelai ini dipercaya memiliki kandungan lemak yang rendah dan jauh lebih menyehatkan, dibandingkan susu sapi. Benarkah?

Banyak masyarakat menyukai susu kedelai, apalagi susu kedelai dinilai lebih ekonomis ketimbang susu sapi dan cocok untuk dikonsumsi oleh beberapa orang yang tidak dapat mengkonsumsi susu sapi. Susu kedelai memiliki kandungan yang juga sama seperti susu sapi yakni diantaranya protein, air dan minyak. Maka dari itu, susu kedelai juga dapat dijadikan nutrisi bagi tubuh untuk melakukan perkembangan, perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh, otot serta organ. Selain itu, susu kedelai juga lebih aman karena rendah akan lemah jenuh dan kolestrol bahkan susu ini juga dapat menurunkan kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik. Ini sebabnya, banyak masyarakat yang menyukai susu kedelai untuk sarapan paginya atau di saat mereka beraktivitas.

Baik susu kedelai maupun susu sapi pada dasarnya merupakan sumber protein yang baik dikonsumsi untuk tubuh. Kali ini kita akan membahas apa yang membedakan susu kedelai dengan susu sapi dan mana yang lebih cocok untuk tubuh kita. Mari kita bedah lebih dalam lagi.

Kelebihan Susu Sapi

Susu sapi mengalami proses pasteurisasi, yaitu proses yang mana susu dipanaskan, membunuh bakteri, enzim dan protein yang tak menguntungkan.Susu sapi kaya dengan enzim dan benar-benar berisi 22 asam amino esensial, termasuk fosfat, yang penting untuk penyerapan kalsium.

Susu sapi mentah atau perahan memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan sumber kalsium terbaik.Susu ini merupakan sumber vitamin, khususnya vitamin B12, yang merupakan vitamin penting yang sulit ditemukan dari sumber-sumber non-daging. Dan juga berisi enzim IgG (Immunoglobulin), vitamin A, B, dan C.

Penelitian juga menunjukkan bahwa susu sapi perah juga mengandung enzim dan antibodi yang benar-benar membuat susu kurang rentan terhadap bakteri. Lipase juga hadir yang membantu pencernaan lemak.Manfaat besar lainnya adalah bahwa susu sapi mengandung CLA (conjugated linoleic acid) atau asam linoleat terkonjugasi, yang telah diamati untuk melawan kanker.

Kelebihan Susu Kedelai

Manfaat kesehatan dari susu kedelai memang tak terbantahkan. Namun demikian, banyak orang yang peduli tentang perbandingan susu kedelai diukur dengan susu sapi.Susu kedelai yang tinggi protein, dan karena terbuat dari kacang juga mengandung serat yang jauh lebih tinggi dari susu sapi.

Manfaat terbesar dari susu kedelai adalah isoflavon. Ini adalah bahan kimia mirip yang dengan hormon estrogen. Isoflavon terhubung ke masalah kesehatan dan bertanggung jawab untuk mencegah banyak kanker, penyakit jantung, osteoporosis dan banyak penyakit lainnya. Susu kedelai tidak bebas lemak. Susu kedelai memiliki 2 persen lemak lebih sedikit dari susu sapi, tapi tidak mengandung kolesterol jahat.

Karena susu kedelai terbuat dari kacang, susu ini berisi sekitar 9 kali lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan susu sapi. Selain itu, susu kedelai memiliki 10 kali lebih banyak asam lemak ketimbang susu sapi, yang merupakan lemak sehat. Susu kedelai bebas kolesterol. Selain itu, suu kedelai dapat mengurangi kolesterol jahat LDL, sedangkan susu sapi meningkatkan kadar kolesterol LDL. Susu kedelai juga menyediakan perlindungan tambahan untuk hati dengan phytochemical, yang berlimpah dalam susu kedelai.

Susu kedelai mengandung empat kali lebih banyak jumlah thiamin (vitamin B1) dan hampir dua kali jumlah niasin (vitamin B3) dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai juga berisi lebih banyak magnesium, tembaga dan mangan dari susu sapi. Susu kedelai juga mengandung 42 kali jumlah mangan seperti halnya susu sapi. Mangan diperlukan untuk pembentukan tulang. Orang dengan anemia memerlukan mangan untuk penyimpanan besi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang minum dua gelas susu kedelai setiap hari 70 persen lebih rendah terserang kanker prostat. Tidak ada temuan yang sama tentang orang yang minum susu sapi.

Kelemahan Susu Kedelai
Kelemahan utama dari susu kedelai adalah kurangnya kandungan kalsium, yang hanya sekitar seperempat dari kalsium yang dikandung susu sapi. Banyak produsen susu kedelai menambahkan kalsium untuk produknya, tetapi studi menunjukkan bahwa hal itu tidak sesehat kalsium alami.

Susu sapi memiliki seperlima gram asam amino lebih penting ketimbang susu kedelai. Karena salah satu dari sembilan asam amino esensial adalah metionin, hal ini dapat menjadi kemenangan untuk pecinta susu sapi. Susu sapi mengandung dua kali lebih banyak metionin ketimbang susu kedelai.

Kelemahan susu sapi
Kelemahan susu sapi dibandingkan dengan susu kedelai yaitu kandungan lemaknya lebih tinggi. Sehingga susu ini kurang disarankan bagi anda yang mengalami masalah dengan berat badan. Sebenarnya masih boleh dikonsumsi sebagai sumber protein bagi tubuh, namun untuk jumlah konsumsinya harus dibatasi.

Selain itu banyak orang yang alergi terhadap susu sapi, sehingga sebagian orang memilih mengkonsumsi susu kedelai sumber protein. Karena bagi yang alergi terhadap susu sapi biasanya akan mengalami gangguan pencernaan seperti mual dan diare. Selain itu kandungan serat yang dimiliki susu sapi lebih rendah bila dibandingkan dengan susu kedelai.

Semua jenis susu sebenarnya sehat untuk dikonsumsi
Terutama untuk yang berbadan kurang berisi
Jadi, sudah minum susu hari ini?


Sumber:
https://health.detik.com/read/2010/0...ana-lebih-baik
http://life.viva.co.id/news/read/392...elai-baik-mana

Sumber:
http://disehat.com/wp-content/upload...-susu-sapi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-7whiE0ZSb...su.Kedelai.jpg

Diubah oleh Kaskus Support 03 24-05-2017 10:57
anasabila
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
11.7K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan