Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BlackHeartzAvatar border
TS
BlackHeartz
Ask and share Tetangga Premanisme di toko?
Salam kaskuser agan-aganwati, ane mau curhat sedikit masalah kejadian yg baru saja ane alamin td malam pas mau pulang kerja.
Sebelumnya ane jelasin dulu posisi ane, tempat kerja ane itu di toko yg ownernya itu kk ane sendiri, alias ane cuma ngikut kerja di toko tersebut sebagai penjaga laci (paham kan maksudnya?)

Jadi awal mulanya, di tempat kerja ane ada beberapa orang yg umurnya lebih tua dari ane, kehitung bapak-bapaklah suka nongkrong di depan toko ane, salah satunya ada aki2 udah berumur dan ubanan, dan ane sendiri tidak mempermasalahkan masalah dia markirin di tempat ane kerja sendiri, meskipun wilayahnya tidak makan jalan orang lain (halaman toko).

Kronologis:
Jadi ceritanya, tukang parkir tersebut kebetulan pulang cepat dan sempet pamit dgn alasan ada yg meninggal, entah tetangganya ato siapalah, karna tidak dijelaskan secara detail, dan ane pin mengiyakan (walaupun sebenernya tidak diperlukan, karna tuksng parkir tidak bekerja di tmpt ane, alias org luar) hanya untuk formalitas saja. Akhirnya, ada teman si tukang parkir ini yg gantiin doi, org tsb termasuk wakamsi (warga kampung sini) atau warga sekitar, dan ane pun tidak menghiraukan.

Akhirnya pas menjelang malam, ane melihat si bapak-bapak tersebut (3 orang) minum alkohol di depan toko ane, padahal sebelumnya ane sudah tegur baik2 jgn minum di depan toko karna mengganggu kenyamanan konsumen yg datang ke toko. Nah, pas toko sudah tutup, kebetulan mereka belum pada pulang, sebelumnya ane sempet pinjem korek ke salah satu bapak-bapak tersebut. Akhirnya pas toko tutup terjadilah percakapan, salah satunya ada yg duduk d atas motor ane sebut saja Pa Kumis. Sisanya sebut saja Pa Botak dan Pa Rasit. Oh ya, sebelumnya ane jelasin dulu hubungan ane sama mereka, ane cuman tau muka tp ga tau nama2 panggilan mereka slain ke Tukang parkir aki2 yg td pulang duluan, dan hanya ane saja yg ditoko ane ga bersosialisasi sama mereka.

Ane: Punteun Pa (Kumis) mau pulang (karna doi duduk di atas motor ane.
Pa Kumis: Oh iya, mangga
*Lalu Pa Rasit datang menghampiri
Pa Rasit: Eh loe, kalo pinjem korek yg sopan ya! Jgn belagu gitu
Ane: belagu gimana? Emg saya ga sopan gimana?
Pa Rasit: ya loe pinjem korek ga pake sopan santun, ga dipake tata krama nya
Ane: Ga pake tata krama gimana? Td kan saya pinjem korek, dan udah blg makasih. Bapa aja kali yg ga denger (pdhl ane ngembaliin korek dgn posisi tangan gaya khas sunda (tangan kanan megang korek, tangan kiri melipat dan menempel ke tangan kanan)
* Lalu Pa Botak nyamperin ane juga
Pa Botak: Jangan mentang-mentang ini tempat lo, bisa seenaknya ! Lo baru punya toko segini aja dah belagu !
Ane: Belagunya saya kayak gimana emg?
Pa Botak: Ya lo dari awal disini ga pernah nyapa senyum ke kita-kita.
Ane: Ga ngerti, salah saya dimana ya?
Pa Rasit: Ya lo yg sopan lah ke kita, lo itu lebih muda
Ane: Ga sopannya di sebelah mana ya? Emg saya udah ngapaen?
Pa Botak: eh lo tau ga, orang belakang aja (warga belakang) banyak yg ngeluh gara2 kelakuan lo yg belagu, potong telinga gw kalo ga percaya
Ane: Bentar, saya mulai ga ngerti. Ngeluh gimana? Emg saya uda ngapaen ya? Perasaan saya ga ada yg kenal ama orang belakang, selama ane di toko paling jauh juga cuman ke warung (jarak toko ke warung cmn beda 2 bangunan alias sebelahan) selain kesitu ane ga prnh kemana2 cmn ditoko doang. Kl emg ada org yg protes ya panggil aja orgnya, biar ngomong langsung masalahnya ama saya. Emg siapa yg protes?
Pa Botak: Ya banyaklah, pokonya banyak org belakang

*Dari sini ane mulai ngerasa diserang

Pa Rasit: Ya lo kalo disini jgn banyak tingkah lah, ga usah songlng jadi orang.
Pa Botak: Orang mana sih lo? Kristen bukan?
Ane: Iya saya kristen, kenapa emg Pa?
Pa Botak: nih, gw juga kristen, gw orang batak
Ane: Saya juga org batak, memang knp? Apa ada hubungannya sama kristen dan batak?
*Pa Botak mulai bingung, lalu Pa Rasit mulai menggerutu
Pa Rasit: Udah lah Pa, ini org mah jagoan. Lebih hebat dari kita, ajak panco aja.

Lalu salah satu karyawan mulai melerai kita, dgn tujuan tidak diperpanjang. Sepanjang jalan ane mikirin masalah ini, karna menurut ane ini masalah yg belum selesai. Karna masalah berasa di lingkup kerja ane, dan ane ingin kenyamanan di tempat ane bekerja.

Ini hanya pemikiran ane aja:
Posisi ane merasa tidak salah, malah ane diletakkan di posisi org yg ditindas. Itu toko tempat ane bekerja, dan mereka hanya orang luar, seharusnya siapa yg harus menghargai siapa? Karna posisi mereka cuman "orang nongkrong" Yah, kalo mereka ga suka ama sifat ane yg dingin dan super cuek, itu harusnya hak ane. Ibarat kasarnya gini, itu toko kk ane, dan ane bekerja disitu. Dan mereka masuk ke wilayah toko ane, harusnya kl mereka ga suka, mereka yg pergi bener ga?

Ibarat orang bertamu ke rumah kita, dan si orang lain tsb yg negur kita, pdhl posisinya itu rumah kita, mereka cuman tamu. Logisnya kan harusnya mereka yg keluar dr rumah kita. Betul tidak?

Apa ada saran dari agan-aganwati apa yg harus ane lakuin? Ane kepikiran beberapa solusi, kl memang saya ngeganggu mereka.. Mending diobrolin ke RT setempat, karna ane sndr mulai merasa risih dan ga nyaman dengan mereka yg suka minum2 di dpn toko ane

Solusi kedua: Ane lapor polisi, karna kebetulan ane kenal sama Kapolres wilayah situ.

Solusi ketiga: Balas apa yg mereka kasih, ane sebenernya bukan takut pake kekerasan, tapi ane disini berpikir itu toko tempat ane kerja, anggaplah ane menang, tp ga ada jaminan kedepannya ane bakal aman kan? Disisi lain, otak ane ngebul karna ane ngerasa ditindas.

Mohon pencerahannya, hari ini seharusnya ane off kerja, tp berhubung ada masalah kayak gini, rencananya ane mau samperin mereka untuk beresin masalah ini.
0
1.6K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan