Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bumitidakbulatAvatar border
TS
bumitidakbulat
Tenaga Kuli


emoticon-Angkat Beeremoticon-Angkat Beer




Mahasiswi bule sedang ngaduk semen dan pasir


Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan oleh mahasiswa kita sangat berbeda dengan “PKL” yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa asing, terlebih jika kegiatan mereka dilakukan tidak di negera mereka sendiri, tapi di Indonesia. Hal itu setidaknya terlihat dari kegiatan 5 orang mahasiswi asal Belgia yang tengah KKN di Desa Kemutug Lor Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.


Enteng saja mengankut adukan, dua ember sekaligus


Mereka tengah belajar bersosialisasi dan mempelajari kehidupan sosial budaya masyarakat setempat. Untuk bisa lebih menyatu dengan masyarakat, mereka rela melakukan apa saja tujuannya tercapai. Salah satunya dengan cara menjadi “kuli” bangunan di desa tersebut.


Ngaduk sendiri, ngangkut sendiri, nembok sendiri


Di Desa Kemutug Lor tengah diadakan perbaikan gedung PAUD, mereka para mahasiswa bule yang cantik-cantik itu ikut terjun langsung, mulai dari pegang cangkul mengaduk adukan semen dan pasir, mengangkat ember berisi adukan, “nglepah” atau nembok, mengecat dan kegiatan-kegiatan “kasar” lainnya yang biasa dikerjakan kaum pria.


Nembok udah kelar, giliran ngecat tembok


Berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan rehab PAUD menjadi satu di antara agenda mengenal budaya dan kehidupan masyarakat. Selain menjadi pekerja bangunan, mereka juga belajar mengenali kuliner, jenis-jenis tanaman, pendidikan dan hal lain seputar keindonesiaan. Mereka juga berlatih tari “kuda kepang” di halaman SD Negeri Kemutug. Rencananya mereka akan ikut tampil dalam helatan pawai budaya akbar di Kabupaten Banyumas, yakni “Banyumas Extravaganza” yang digelar hari ini.

sumur

*******


gmn gan apakah TNI berminat? emoticon-Ngakak
Diubah oleh bumitidakbulat 09-02-2017 04:44
0
6.8K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan