Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

davis166Avatar border
TS
davis166
Kasus Penjualan Organ Tubuh yang Berhasil Diungkap
Banyaknya pemberitaan mengenai penjualan organ tubuh manusia ternyata bukan berita baru. Berikut beberapa kasus penjualan organ tubuh manusia yang sudah berhasil diungkap. Ane ambil beritanya dari Okezone.com



JAKARTA - Kasus penjualan organ tubuh manusia terutama ginjal belum lama ini berhasil diungkap Bareskrim Mabes Polri. Sebanyak tiga pelaku masing-masing berinisal AG, DD dan HR berhasil diringkus.

Sindikat penjualan organ tubuh ini bekerja dengan mencari para pendonor yang terdesak kebutuhan ekonomi dengan iming-iming uang untuk mendapatkan ginjal-ginjal tersebut.

Kasus penjualan organ tubuh manusia ternyata sudah berulang kali terjadi di Indonesia. Dari beragam motif penjualan organ tubuh, yang paling sering ditemukan ialah karena alasan ekonomi. Berikut kasus penjualan organ tubuh yang pernah bikin heboh seperti dirangkum Okezone.

21 Agustus 2010

Kasus perdagangan organ tubuh manusia melibatkan anak diungkap Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) pada 21 Agustus 2010 lalu. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengungkapkan, kasus penjualan organ tubuh anak ini memiliki modus beragam.

Kasus itu terungkap di tiga wilayah yakni di Bogor, Tangerang dan Jawa Tengah. Bahkan kata dia, untuk kasus di wilayah Jawa Tengah, seorang anak menjadi korban penculikan dan dikembalikan tanpa organ dengan mulut tersumpal.

Kasus lainnya juga dialami seorang anak laki-laki berusia 10 tahun yang dikembalikan kepada keluarganya di dekat perbatasan Jayanti (Tangerang) dan Cikande (Serang), Banten dengan kondisi tanpa ginjal dan jantung.

11 Maret 2013

Fahmi Rahardiansyah, seorang warga Desa Talagasari, Kampung Cariu, Kabupaten Tangerang menyebarkan iklan penjualan organ tubuh berupa ginjal pada 11 Maret 2013. Ia saat itu memasang iklan penjualan ginjalnya di seuah laman forum. Iklan itu ia unggah sekira pukul 14.06 WIB.

26 Juni 2013

Seorang pria yang bekerja sebagai tukang jahit keliling bernama Sugiarto (45) nekat menjual satu ginjalnya demi menebus biaya ijazah sang anak yang ditahan sebuah pondok pesantren di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Aksi menjual ginjalnya ini dilakukan Sugiarto pada 26 Juni 2013 sekira pukul 10.00 WIB. Ia menjual ginjalnya itu di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat didampingi putrinya, Sarah Melanda Ayu (19).

Dalam keterangannya, Sugiarto mengaku lelah mencari jalan keluar guna menebus ijazah anaknya senilai Rp 70 juta. Ia menyesalkan pihak ponpes yang menahan ijazah anaknya dari tingkat SMP hingga SMA.

15 Agustus 2013

Yuli Oktaria (30), seorang ibu rumah tangga asal Kota Padang, Sumatera Barat, nekat menjual ginjal akibat dililit utang yang menumpuk. Tak tanggung-tanggung, utang tersebut mencapai Rp50 juta. Sejak berkeluarga dengan Ujang pada 2001 silam, kehidupan mereka tidak harmonis. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pun kerap dialami Yuli. Ia bahkan pernah nyaris dibakar suaminya hidup-hidup. (uky)
0
51.9K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan