Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

currahee5982Avatar border
TS
currahee5982
8 Masjid Indah Yang Dibangun Diatas Air
HT#3


8 Masjid Indah Yang Dibangun Diatas Air




Masjid merupakan tempat ibadah yang sakral bagi umat Islam di seluruh dunia. Mulai dari yang sederhana hingga yang megah. Mulai dari yang beratapkan genting saja hingga yang berlapiskan emas.

Semua dibangun untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi para jemaah sehingga bisa maksimal dan khusyuk ketika sedang beribadah di masjid.

Selain itu, tahukah kamu kalau terdapat beberapa masjid yang dibangun tidak di atas tanah, melainkan dibangun di atas air? Dan seperti apakah bangunan Masjid tersebut? yuk kita lihat 8 masjid indah nan megah di seluruh dunia yang dibangun di atas air.

1. MASJID AL MUNAWWAROH, TERNATE


Masjid yang pertama ini merupakan masjid yang terletak di kota Ternate, provinsi Maluku Utara. Masjid Al Munawwaroh ini dibangun sejak pertengahan tahun 2003 dan diresmikan pada tanggal 6 Agustus 2010 bertepatan dengan hari Jumat.

Total biaya yang digunakan untuk pembangunan masjid yang menjadi icon kota Ternate ini mencapai hingga 48 miliar rupiah.

Masjid Al Munawwaroh sendiri termasuk masjid yang besar dengan kapasitasnya yang bisa menampung 15.000 jemaah. Selain itu, masjid yang dibangun di bibir pantai Swering Gamalama ini memiliki luas bangunan sebesar 9.512 meter persegi. Ukuran yang besar sesuai dengan jumlah umat muslim di kota Ternate yang mencapai 95% dari total penduduk.

Masjid ini sering disebut juga dengan nama masjid terapung karena beberapa bagian masjid yang berada di atas air dan sebagian lain yang berada di daratan.

Karena berada di atas pantai membuat kita bisa merasakan kesejukan angin laut yang berhembus ke dalam masjid ketika sedang menunaikan ibadah. Pemandangan indah dari gunung Gamalama juga membuat kita bisa sekaligus menyaksikan ciptaan Allah yang sungguh indah, kombinasi antara gedung masjid yang megah, ditambah lautan yang biru, dan gunung hijau yang menyejukan mata.

2. MASJID AMIRUL MUKMININ, MAKASSAR


Masjid Amirul Mukminin menjadi salah satu bangunan khas yang ada di kota Makassar tepatnya di pantai Losari. Ya, masjid yang diresmikan pada tanggal 21 Desember 2012 yang silam oleh Jusuf Kalla ini khas dan unik karena ketika pantai Losari sedang pasang-pasangnya membuat masjid Amirul Mukminin terlihat seolah mengambang di atas air.

Meski sekilas terlihat memiliki bangunan yang kecil, tetapi pada kenyataannya masjid yang memiliki diameter kubah mencapai 9 meter ini dapat menampung jemaah hingga 400 orang.

Sepertinya masjid Amirul Mukminin harus menjadi daftar masjid yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di kota Makassar. Karena selain bisa menjadi objek foto yang indah masjid ini juga bisa menghadirkan sensasi yang lain ketika kamu beribadah langsung di dalamnya.

3. MASJID AR RAHMAH, JEDDAH


Masjid yang dulunya bernama masjid Fatimah, sekarang dinamakan masjid Ar Rahmah, merupakan salah satu destinasi favorit bagi para jemaah haji maupun jemaah umrah.

Masjid Ar Rahmah sendiri berada di atas laut Merah dan berada di wilayah pantai yang disebut juga dengan wilayah Jeddah Corniche atau Jeddah Kurnis. Masjid ini pun sebenarnya bukan merupakan masjid satu-satunya yang berada di sepanjang wilayah pantai ini, karena terdapat pula beberapa masjid seperti masjid Ruwais dan masjid Kurnis.

4. MASJID HASSAN II, MAROKO


Masjid yang selanjutnya adalah masjid yang berada di kota Casablanca, Maroko. Masjid ini bernama Hassan II atau dikenal juga dengan sebutan Casablanca Hajj.

Masjid yang dibangun pada tahun 1980 ini merupakan masjid terbesar di Maroko dan terbesar ketujuh di benua Afrika. Desain dari masjid Hassan II ini didesain oleh seorang arsitektur berkebangsaan Prancis, Michel Pinseau. Michel pula yang menjadi otak dibalik konsep menara masjid tertinggi di dunia yang ada di masjid Hassan II ini, dengan total tinggi menara yang mencapai 210 meter.

Selain itu, masjid yang memiliki luas kurang lebih 9 hektare ini dapat menampung total 105.000 jemaah (25.000 jemaah di dalam masjid dan 80.000 jemaah di pelataran masjid).

5. MASJID HAJI ALI DARGAH, MUMBAI



Sekarang kita akan menuju masjid unik yang berada di atas air juga dan berlokasi di negeri yang terkenal dengan film Bollywood dan tariannya, negara India.

Siapa sangka negara yang mayoritas penduduknya beragama Hindu ini memiliki bangunan masjid yang unik dan menjadi landmark yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Masjid ini bernama Haji Ali Dargah, tepatnya berada di kota Mumbai. Dargah sendiri berarti makam, karena memang di masjid ini terdapat makam dari Haji Ali Shah Bukhari.

Masjid Haji Ali Dargah dibangun pada tahun 1431 sebagai bentuk penghormatan kepada Haji Ali Shah Bukhari yang menyedekahkan seluruh hartanya sebelum beliau hijrah menuju kota Makkah.

Selain itu, masjid yang dibangun di atas perairan yang berjarak 500 meter dari pantai Worli ini memiliki pengunjung yang bisa mencapai angka 80.00o orang tiap minggunya, entah jemaah yang ingin menunaikan ibadah atau sekadar wisatawan yang sedang melancong.

6. MASJID SELAT MELAKA, MALAYSIA


Masjid Selat Melaka memang menjadi salah satu tujuan wisata religi yang banyak dikunjungi mulai dari wisatawan umum hingga para fotografer dari berbagai negara di dunia. Keunikan masjid ini terletak pada bangunannya yang dibuat di pinggir pantai sebuah pulau buatan bernama Melaka sehingga saat pasang menghadirkan sensasi masjid yang seolah terapung di tengah lautan.

Masjid yang mulai diresmikan pada tahun 2006 silam ini menempati lahan seluas 1,8 hektar dan mampu menampung 2000 jemaah. Jika dilihat sepintas, masjid ini mirip dengan masjid terapung di Jeddah yang memang dari masjid itulah inspirasi pembangunannya berasal.

Masjid Melaka kian mempesona saat malam tiba. Komposisi lampu yang serasi memberikan efek penerangan yang begitu indah. Tak heran banyak fotografer dunia menjadikan masjid ini sebagai objek foto mereka. Di sisi lain lampu dari menara setinggi 30 meter dari masjid ini juga digunakan sebagai pedoman kapal yang berlayar di Selat Malaka layaknya lampu suar.

7. MASJID TENGKU TENGAH ZAHARAH, MALAYSIA


Masjid Tengku Tengah Zaharah (Masjid Terapung) ini dibangun di atas struktur terapung, sehingga memiliki perspektif yang unik dari segala sisi.

Ide di balik pembangunan masjid ini terinspirasi oleh Sultan Terengganu yang terdahulu, Al-Marhum Sultan Mahmud Al-Muktafi Billah Shah ibni al-Marhum Sultan Ismail Nasiruddin Shah. Nama masjid yang indah ini berasal dari sang ibunda, Tuanku Intan Zaharah binti Almarhum Tengku Seri Setia Raja.

Keindahan arsitektur masjid ini diperkuat dengan danau di sekelilingnya, sehingga memberi inspirasi bagi yang melihatnya bagai kisah 1001 malam dari Arabia.

8. MASJID TERAPUNG TANJUNG BUNGAH, MALAYSIA


Mesjid ini kelihatan mengapung di atas pantai disangga oleh pilar-pilar beton di atas laut. Lokasinya berada di sebuah tanjung (cekungan laut yang menjorok ke dalam). Namanya Tanjung Bungah. Bangunan seluas 1.295 meter persegi merupakan renovasi dari bangunan yang sebelumnya rusak terhempas Tsunami besar tahun 2004.

Bangunan berarsitektur Moor ini memiliki keistimewaan pada menaranya yang setinggi 7 tingkat. Menara ini berfungsi sebagai tempat adzan. Masjid ini mampu menampung 1500 jamaah. Pada setiap empat sudut masjid ada gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menikmati keindahan selat Malaka.

Lokasi masjid ini berada di antara Penang dan Batu Ferringhi. Dari Komtar Anda bisa naik bis menuju Batu Ferringhi dan berhenti tepat di depan masjid terapung ini.

Sumber

Gimana Gan? Beribadah sembari menikmati Indahnya Laut pasti makin nikmat kan? Rasanya pasti ga bakal bosen untuk datang ke Masjid tersebut.

Diubah oleh currahee5982 04-09-2017 00:53
0
13.6K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan