Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadw.crtvAvatar border
TS
fadw.crtv
Yuk! Intip Lokomotif Uap Yang Terbuat Dari Dus!

Seperti yang kita tahu, lokomotif uap pasti terbuat dari besi yang kuat. Selain karena harus menarik gerbong yang berat, ada proses pembakaran yang membutuhkan api. Lalu bagaimana jika ada lokomotif uap yang terbuat dari dus?


Spoiler for Videonya gan:

Ternyata, lokomotif yang terbuat dari dus ini hanyalah lokomotif replika yang nantinya akan dipamerkan di Kyushu Geibunkan kota Chikugo, prefektur Fukuoka, Jepang.

Walau pun replika, lokomotif uap C62 ini mempunyai ukuran sama dengan aslinya, loh. Memiliki panjang total 22 meter dan tinggi 4 meter, lokomotif ini membutuhkan sekitar 3 ton dus untuk dijadikan 2.000 buah bagian-bagiannya.

Lokomotif uap C62 ini dulunya adalah lokomotif uap terbesar dan tercepat. Hanya dibuat 49 unit dan pada 15 Desember 1954, lokomotif uap C62-17 memecahkan rekor tercepat 129 km/jam. Lokomotif ini juga terkenal karena tampil di anime Galaxy Express 999.



Bagi agan yang mau lihat sabar dulu, ya, gan. Lokomotif ini baru akan dipamerkan mulai dari tanggal 28-September-2017 sampai 15-Oktober-2017. Buat yang mau lihat di peta ini link google mapsnya gan klik di sini.



Sekarang kita kenalan sama yang buat lokomotif ini. Namanya Shima Hideo? (kanji: 島英雄). Dia ini kerjanya emang produksi dus karton untuk penelitian dan pengembangan produk industri dan penelitian tentang teknologi pengolahan kardus. Dia juga yang bikin replika skala penuh lokomotif uap.


Selain mengerjakan C62 ini, dia juga pernah buat D51, gan. Lokomotif D51 dengan panjang total 20 meter dan tinggi 4 meter. Enggak beda jauh sama yang dibuat sekarang. Lama pengerjaannya D51 ini sampai 10 bulan, gan.


Kalau yang C62, ane liat di blognya, dibuat dari musim semi 2016. Kalau misalnya musim semi bulan April-Mei, berarti pekerjaan C62 ini memakan waktu 16-17 bulan. Sabar banget, ya, gan.

Ini, gan, beberapa hasil karya Bapak Shima.
Spoiler for "Penuh Gambar":

Sekian gan trit tentang lokomotif ini, semoga bisa menginspirasi dan yang mau berkunjung bisa klik link gmaps di atas, ya, gan.

Sumber: NHK News
Matome
D51
C62
C62 Wiki
Twitter Bapak Shima
Google Images dengan keyword Galaxy Express 999

Kalau berkenan Komen, Rate 5, Share, dan Cendolnya, ya, gan. emoticon-Malu (S)
8/9/2017

0
21.5K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan