Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naufal5215Avatar border
TS
naufal5215
Berikut Fakta, Smartphone Anda Yang Selalu Dipenuhi Cache, Tanpa Disadari
Kali ini saya akan bagikan artikel mengenai cache pada smartphone yang mungkin bisa dibilang bisa membebani performa smartphone anda, bila dalam jumlah yang besar.

namun apakah anda sendiri tau fungsi dari cache ? cache berfungsi untuk mempercepat loading sebuah aplikasi atau situs web. namun, anda juga harus mengetahui dampak buruk dari sebuah cache tersimpan. cache yang tersimpan akan membuat memori internal akan cepat penuh. Semakin besar ukuran aplikasi, semakin besar pula penyimpanan yang terkuras oleh cache.

Berikut ini adalah contoh cache pada game clash of clan, terlihat digambar cache pada aplikasi Clash Of Clan sebesar 151 MB, tentu hal ini semakin lama bisa semakin besar dan tentu akan memberatkan smartphone anda, perlu diketahui, semakin besar size aplikasi yang anda instal, maka cache yang dihasilkan juga akan semakin besar.

Lalu apakah cache pada smartphone harus kita hapus atau kita diamkan saja, lalu apakah dampak postif dan negatif bila kita menghapus cache ??? Berikut Ulasannya

1. Dampak Postifif Bila Menghapus Cache

Salah satu dampak positif bila kita menghapus cache adalah membuat smartphone menjadi lebih ringan, hal ini tentunya berkaitan dengan terhapusnya isi dari memori internal kita yang sebelumnya dipenuhi oleh cache, dengan begini ruang memori internal anda akan bertambah.

Dan menghapus cache merupakan solusi bila salah satu aplikasi pada smartphone anda ada yang lag ataupun macet tidak bisa terbuka. bila anda malas untuk menghapus cache secara manual, saya sarankan anda untuk mendownload aplikasi yang benar benar bekerja, yaitu APP Cache Cleaner. Cache adalah sampah, jadi anda tidak akan kehilagan data apapun

2. Dampak Negatif Bila Menghapus Cache

Walaupun menghapus cache pada aplikasi smartphone bisa membuat smartphone yang kita miliki menjadi lebih ringan, namun ada 2 dampak negatif yang akan terjadi bila kita menghapus cache.

Dampak yang pertama adalah, proses loading pada aplikasi yang kita hapus cache nya sedikit agak lama daripada biasanya, namun tenang saja, tidak usah khawatir hal ini akan terjadi sekali saja pasca hapus cache.

Dampak lainnya yang mungkin saja terjadi adalah, baterai android anda akan sedikit terkuras, bagaimana tidak, menghapus cache bisa dibilang, menghapus akses cepat, jadi bisa disimpulkan, smartphone anda akan bekerja sedikit lebih keras, karena harus memulai ulang aplikasi.

menghapus cache mungkin memiliki dampak negatif, namun seperti yang saya sudah bilang tadi, anda tidak perlu khawatir, karena dampak tersebut hanya akan berpengaruh kecil pada smartphone anda.

Sumber artikel : IADP Blogger
Quote:


Semoga bermanfaatemoticon-I Love Kaskusemoticon-Smilieemoticon-Smilie
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
7.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan