Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ursmilemakerAvatar border
TS
ursmilemaker
Ternyata, Ada Alasan Mengapa Pesawat Berwarna Putih
SPORTOURISM – Pernahkan terpikir oleh Sahabat Sporto rata-rata pesawat terbang memiliki warna yang senada, yakni putih? Ternyata ada beberapa alasan di balik idealnya warna putih yang mendominasi pesawat ini.

Jika Sahabat Sporto sering berfoto dari dalam pesawat, pemandangan sayap di antara awan-awan yang putih menjadi keindahan tersendiri. Diberitakan laman telegraph.co.uk Senin (15/1) lalu, faktanya ada alasan di balik putihnya warna pesawat yang menghiasi langit. Apa saja?

Lebih Murah



Alasan yang terkesan cliché, namun faktanya cat menambah berat sekitar 273-544 kg pesawat. Penambahan berat ini membuat lebih banyak bahan bakar yang harus digunakan. Pesawat sangat serius dalam hal ini.

Mengecat pesawat juga membutuhkan esktra dana, apalagi pengecatan ulang. Butuh 454 liter cat untuk mewarnai pesawat tipe 747 atau 341 liter untuk jenis 767. Begitu pula dana yang dikeluarkan, sekitar 700 juta hingga satu miliar rupiah. Wow!

Membuat Pesawat Tetap Dingin



Alasan yang sama, mengapa warna-warna terang sering kali mendominasi dunia mode musim panas. Karena membuat tubuh lebih adem, begitu pun dengan pesawat yang dicat putih. Bisa memantulkan sinar matahari.

”Alasan utama mengapa pesawat dicat putih atau warna terang selain untuk memantulkan sinar matahari adalah untuk meminimalisasikan panas dan potensi kerusakan dari radiasi solar,” jelas R. John Hansman, Professor Aeronautika dan Astronautika, seperti dikutip telegraph.co.uk.

Kontrol Kerusakan



Warna putih memudahkan awak pesawat untuk mengidentifikasi adanya kerusakan, penyok, tumpahan minyak, dan kesalahan lainnya. Sehingga bisa segera memperbaikinya dengan cepat.

Pencarian dan Penyelamatan



Badan pesawat yang putih memungkinkan awak kabin mendeteksi kerusakan saat berada di udara. Terlebih saat pesawat turun, deteksi ini bisa cepat ditanggapi. Alasan terbaik warna putih ketimbang warna yang lain.

Mengurangi Tabrakan dengan Burung



Nah, pesawat dapat dengan mudah dilihat dengan eksterior putih atau warna cerah. Sehingga bisa dideteksi burung saat berada di udara. Hal ini seperti yang diungkap dalam penelitian Amerika Serikat dalam jurnal Human-Wildlife Interactions pada 2011.

Artinya, Pesawat Berwarna Lebih Berisiko untuk Terbang?

Tidak juga. Civil Aviation Authority mengatakan, jika tak ada persyaratan khusus dari poin keamanan terkait warna pesawat. Tampilan warna pada pesawat juga cenderung memudar dan memutih dari waktu ke waktu karena oksidasi. Terkait paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dan faktor lingkungan lainnya.
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan