Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadillaazeazaAvatar border
TS
fadillaazeaza
Kutipan This earth of mankind, Bumi manusia versi bahasa inggris.
Ada banyak hal yang tidak kita ketahui tentang bumi pertiwi, dan kuasa untuk mengetahuinya salah satunya adalah ketika kejadian berlalu setelah berpuluh-puluh tahun, atau ketika berada jauh dari negeri nyiur melambai. Ane lupa bagaimana pada awalnya ane memutuskan untuk membaca buku karya Pramoedya Ananta Toer ini. Padahal dulu, waktu mengunjungi Indonesia beberapa kali, ane melihat namanya terpapar di rak buku toko ternama Indonesia. Tapi entah kenapa tidak tergerak hati untuk membelinya. Hanya sekumpulan rasa penasaran ada di benak. Kenapa buku ini tampaknya ada dimana-mana?


Quote:




Di tulisan kali ini ane membahas tulisan Pram yang berjudul "Bumi Manusia". Buku ini adalah suatu novel quartet. Sebagaimana yang namanya quartet, ada 4 series dari buku ini. Berhubung ane tidak di Indonesia, maka ane memutuskan untuk meminjam buku karya Pram ini di perpustakaan kampus.

Untuk kalian yang gak tau, buku ini sempat ditarik dari peredaran di Indonesia dikarenakan adanya kecurigaan dari buku ini dengan aktifitas marxixme dan Komunisme pada tahun 1981 oleh Kejaksaan Agung. Namun bayangkan, sebelum buku ini dilarang beredar, buku ini telah melakukan cetak ulang hingga 10 kali dan telah laku terjual sebanyak 5000 exemplar dalam 12 hari sejak penerbitan pertama. Gila gak tuh? saat itu entah berapa banyak orang Indonesia yang sudah bisa membaca. Hingga gak mengherankan saat ini buku ini telah diterjemahkan dalam 33 bahasa. Untuk seri dalam bahasa Inggris, buku ini berjudul The Buru Quartet: This earth mankind. Dalam versi bahasa inggris, buku ini memiliki tebal sejumlah 367 halaman. Dilengkapi dengan glossarium di halaman terakhirnya.


Meskipun buku yang ane baca ini merupakan hasil terjemahan, namun siapa sangka bahwa emosi yang dituliskan oleh Pram ini tetap masuk ke jiwa. Terutama di setengah awal  buku ini banyak bercerita tentang perempuan,  "nyai", sakit hati, dendam, dan penyembuhan jiwa dengan setting Jawa pada tahun 1898. Ane tetap terpesona dengan gaya Pram yang sejatinya adalah seorang laki-laki dan mampu menceritakan suatu kisah tentang seorang perempuan dari sudut pandang perempuan. Apakah itu artinya Pram mampu menaklukan dunia kompleks seorang wanita? entahlah.

Buku ini sangat layak untuk dibaca, karena ada banyak kutipan-kutipan yang akan membuat dada"nyess". Salah satu contohnya adalah kalimat perumpaan ketika Sastromo dan istrinya ingin sekali berjumpa dengan anaknya, Sanikem (nyai Ontosoroh). Dan ketika Sanikem dipaksa untuk bertemu dengan orangtuanya, dia berkata :
Quote:


Pada momen ini, Sanikem (nyai Ontosoroh) masih sangat terluka dan tidak dapat memaafkan orang tuanya yang dia rasa telah menjual dia kepada Mr. Mellema (suaminya, Orang Belanda).

atau

Quote:



atau

Ketika Minke dimarahi oleh bapaknya yang baru saja diangkat jadi bupati

Quote:



atau moment ketika Minke kembali ke rumahnya dan diketahui mempunyai hubungan dengan "sarang nyai". Beginilah pesan bundanya

Quote:



Di buku ini karena pada era setting pengisahan bahasa Indonesia saat itu belum ada, maka bahasa yang digunakan dalam percakapan antar tokoh adalah bahasa melayu (Malay), Jawa dan Belanda. Namun sungguh, sebagai pemuda milenial, aku merekomendasikan buku ini kepada kalian untuk kembali menghayal kondisi negara nyiur melambai pada tahun 1800an. Betapa "anehnya" perasaan ketika membaca penggambaran tentang kemewahan teknologi yang ada pada saat itu, sementara saat ini teknologi kita telah jauh berkembang.

Ah, sudahlah, daripada kepanjangan. Lagi, ane sarankan buat  pemuda milenial membaca buku ini. Dan bocoran, ane baru tau bahwa tokoh Minke yang digambarkan dalam novel ini adalah "avatar" dari dari sosok Tirto Adhi Soerjo

Diubah oleh fadillaazeaza 17-04-2018 03:13
0
6.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan