Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

convertosAvatar border
TS
convertos
Ternya Indra Manusia ada 8, Bukan 5!
Kita semua sudah tau panca-indra atau 5 indra, tapi taukah kita didalam tubuh ada 8 indra yang berfungsi sebagai pengolahan sensorik dalam tubuh kita?



8 sistem indra sensorik

Nah, apa saja 8 indra sistem pengolahan sensori tersebut. Berikut rinciannya…

1. Taktil / Sentuhan

Indra sentuhan ini merupakan sistem sensorik tubuh yang paling dikenal dan paling diperhatikan oleh kebanyakan orang jika mereka memiliki sistem taktil yang terlalu aktif atau kurang aktif. Apa pun yang Anda sentuh atau rasakan adalah bagian dari sistem sensorik taktil.

2. Auditory / Pendengaran

Indra sensori ini termasuk mendengar dan mampu menyaring dan secara selektif menghadiri rangsangan pendengaran.

3. Visual / Penglihatan

Menggunakan mata kita untuk melihat apa yang jauh atau dekat dengan kita. Seseorang yang khas dapat menggunakan gerakan mata yang halus dan tepat untuk memindai dan menilai lingkungan mereka secara visual.

4 & 5. Taste / Smell (Indra Perasa dan Pencium)

Saya menggabungkan keduanya karena keduanya sangat erat hubungannya. Ketika kita makan, kita mencium sesuatu terlebih dahulu, jika baunya harum kita lebih mungkin mencobanya. Jika baunya tidak enak yang mengirimkan peringatan bahwa kita mungkin tidak menyukainya ATAU itu berbahaya bagi kita untuk makan. Bau perjalanan langsung ke otak emosional atau sistem limbik yang sering mengapa emosi kita terkait dengan bau dan makanan.

6. Proprioception

Ini adalah salah satu indra internal tubuh yang berasal dari sendi, otot, ligamen, dan jaringan ikat lainnya. Sistem proprioception memungkinkan Anda untuk mengetahui di mana bagian-bagian tubuh Anda dan apa yang mereka lakukan tanpa harus memperhatikannya.

7. Pengolahan Vestibular

Sistem vestibular terletak di telinga bagian dalam dan membantu Anda mendeteksi perubahan dalam hal gravitasi. Apakah Anda duduk, berdiri, berbaring, terbalik, berputar, berdiri diam, dll? Ini sering disebut sebagai sistem GPS internal tubuh Anda.

Ini juga sangat terkait erat dengan proprioception, pendengaran, dan indera visual tubuh. Jadi itulah mengapa ketika seseorang atau anak memiliki tantangan pemrosesan sensorik, Okupasi Therapist akan sering mulai dengan mengatasi masalah apa pun yang mereka miliki dengan sistem vestibular mereka. (lebih lanjut tentang Sistem Vestibular dan bagaimana hal itu memengaruhi perilaku).

8. Interoception

Interoception adalah salah satu yang saya benar-benar tidak terlalu tahu tentangnya, ketika saya mendengar tentang hal itu. Arti ini adalah semua tentang kondisi fisiologis tubuh Anda. Apakah Anda lapar, haus? Apakah Anda perlu menggunakan kamar mandi? Apakah jantung Anda berdetak kencang atau pada kecepatan normal?

Jadi ketika salah satu dari sistem ini tidak berfungsi dengan baik, Anda dapat melihat bagaimana hal itu akan memengaruhi orang itu. Seseorang yang mampu “memodulasi diri” akan mampu menangani sebagian besar masukan sensorik dan bereaksi dengan tepat. Namun, jika seseorang terlalu responsif terhadap input sensorik dalam sistem sensorik APAPUN ini, sering kali ketika tantangan dan kesulitan pemrosesan sensorik terlihat.

Nah, itulah 8 Indra Sistem Pengolahan Sensorik yang perlu kita ketahui, mudah-mudahan ini menambah wawasan kita mengenai sistem sensori di dalam tubuh kita sendiri...

Sumber:
- Sumber 1
- Sumber 2
Diubah oleh convertos 28-05-2018 07:49
0
4.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan