karaleaAvatar border
TS
karalea
6 Makanan Bali Yang Harus Dicoba!
Warung Made Weti (Sanur)
Tempat makan yang selalu penuh didatangi oleh anak-anak muda di Bali ini jadi salah satu tempat sarapan sekaligus ajang mejeng di pagi buta. Beberapa kali saya makan di Weti selalu aja penuh, sampai mau pesan makan aja susah banget. Makanannya memang kaya Nasi Bali pada umumnya, tapi sejujurnya saya suka banget soalnya banyak banget pilihannya, kayak ikan, ayam dan yang paling saya suka adalah kulit ayam hehe sambalnya juga bervariasi, paling enak sih sambal bawangnya.
Untuk harga, harus agak berhati-hati, kadang disini harganya suka ditembak sesuai mood si pedagang. Saya pernah makan disini satu porsinya Rp.35.000, tapi besok-besoknya lagi nyoba makan disitu dengan cara memesan makan menggunakan logat Bali, alhasil pas bayar cuma Rp.30.000 untuk berdua, padahal menunya sama kayak sebelumnya hehehe. Kesimpulannya, mungkin kalau mau makan disini harus punya trik kali ya dan jangan lupa pake sabar, karna mau makan aja ngantri banget!
Jangan lupa juga datang sebelum kehabisan, pokoknya jangan datang terlalu siang, bukanya sekitar jam 8 pagi, udah habis biasanya jam 11-12an siang.
Lokasi: Jalan Segara Ayu (Pantai Segara), Sanur.
Harga : Rp.15.000 - Rp.35.000 (Halal)

photo credit : food.detik.com


Warung Lawar Kuwir Men Koko II (Canggu)
Lawar kuwir tentu makanan khas Bali, biasanya lawar itu pakai daging babi, tapi kalau lawar kuwir ini pakai daging bebek. Meskipun tampilannya sederhana, tapi rasanya enak banget, harganya juga masih terjangkau. Kenapa saya bilang masih terjangkau, karena sekarang kebanyakan makanan khas Bali yang dijual udah agak mahal apalagi di daerah-daerah wisata kaya di Kuta atau Seminyak, rasanya biasa aja tapi harganya super mahal, jelas apalagi kalau ke turis.
Lokasi : Jalan Munggu Raya, Canggu, Tanah Lot.
Harga : Rp.15.000 (Halal)


Ayam Betutu (Pasar Senggol Gianyar)
Kalau mau cari ke-orisinilan makanan Bali, datanglah ke Gianyar. Persis didepan Pasar Gianyar ada jejeran kios yang menjual makanan tradisional Bali. Mulai dari Ayam Betutu, Nasi Babi Guling dan bubur tradisional ala Bali. Buat rasa jangan ditanya, karena ini bener-bener enak dan dijamin keasliannya. Harganya juga nggak mahal-mahal banget soalnya masih terjangkaulah untuk makanan kaya gini. Cuma kalau untuk letaknya memang agak jauh, apalagi dari daerah Kuta/Seminyak, kira-kira perjalananya memakan satu sampe satu jam setengah. Kios-kios ini bukanya sore sampai malam, enaknya malam sih kesini. Kalau udah makan, jangan lupa mampir ke Pasar Gianyarnya, disana banyak jual makanan ringan khas Bali atau jajanan pasar tradisional dari Bali.
Lokasi : Jalan Ngurah Rai, persis didepan Pasar Gianyar, Bali.
Harga : kisaran Rp.5000-Rp.35.000 (Halal)

Nasi Ayam Kedewatan (Ubud & Seminyak)
Nasi ayam yang super terkenal di Bali ini terdapat di Jalan Kedewatan Ubud. Sejujurnya isi dari satu porsinya sama kaya nasi ayam pada umumnya, tapi saya gak bohong kalau nasi ayam di kedewatan ini enak banget. Mungkin karena tempat ini (yang di Ubud) bener-bener populer banget disemua kalangan. Kedewatan ini punya dua tempat, yang satu di Ubud dan di Seminyak. Saya sih biasanya makan di Seminyak karena tempatnya lebih dekat, meskipun tempatnya kayak warung nasi biasa, tapi kalau lagi niat jalan-jalan ke Ubud, suka mampir juga karena tempatnya lebih enak.
Lokasi: Jalan Raya Kedewatan II No.3, Ubud dan Jalan Kayu Jati No.12, Seminyak (sebelahnya Motel Mexicola)
Harga : Rp.25.000 - Rp.40.000




Nasi Lawar Men Tingen (Sanur)
Nasi Lawar di Men Tingen ini bener-bener otentik rasanya. Saya pernah makan lawar disini tiga hari berturut-turut, rasanya enak banget meskipun isi makanannya cuma lawar sama ayam aja (kadang-kadang ditambah kerupuk usus), sambelnya juga enak dan super pedas. Harganya jangan ditanya, kalau makanan yang asli Bali gini pasti murah, beda sama makanan yang udah banyak dikunjungi turis. Saya merekomendasikan kalau kalian mau makan di Men Tingen coba makan di Men Tingen 2, karena mereka punya dua restoran. Men Tingen 2 tempatnya di pasar, tapi gak jorok sama sekali dan gak bau pasar juga, lebih enak karena ada parkirannya juga. Saya gak menyarankan makan di Men Tingen 1 karena sejujurnya tempatnya agak kurang baik dan berada dipinggir jalan.
Lokasi : Jalan Pejang Sari, Pasar Intaran, Sanur.
Harga : Rp.15.000 - Rp.25.000
Halal & Non-halal

Nasi Ayam Bu Oki (Jimbaran & Nusa Dua)
Nasi ayam Bu Oki juga salah satu favorit saya karena rasanya Bali banget. Nasi ayam disini menunya lebih bervariasi, ada ayam betutunya juga dan sambalnya super pedas. Nasi ayam Bu Oki ada dua tempat, yang satu di Jimbaran dan di Nusa Dua. Sebenernya rasanya sama aja, tapi saya biasanya makan di Nusa Dua, karena setiap datang ke Jimbaran pasti selalu kehabisan.
Lokasi : Jalan Celagi Basur, Uluwatu, Jimbaran dan Jalan Pantai Mengiat, Nusa Dua.
Harga : Rp.25.000 - Rp.30.000 (Halal)


6 Balinese Food Must Try!
Cek http://www.puspasiagian.com/untuk melihat rekomendasi lainnya.
Diubah oleh karalea 22-09-2015 06:19
0
4.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan