Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

misschuAvatar border
TS
misschu
Tips Jitu Membentuk Kebiasaan Positif
Halo gan, kembali lagi bersama Pahlawan Bertopeng!

Gue mau tanya, pernah gak sih kalian pengen banget membentuk suatu kebiasaan baru yang positif, lalu sudah berkomitmen untuk menjalankannya namun dalam usaha perjalanan membentuknya kandas di tengah jalan? Apabila demikian, maka episode kali ini pas banget buat kamu tonton karena gue ingin share tips gimana caranya menerapkan kebiasaan positif, khususnya membentuk kebiasaan membaca buku dengan mudah.



Tips agar mudah menerapkan kebiasaan membaca yang pertama adalah GO SMALL
Yang dimaksud adalah memulai dengan langkah kecil dalam membentuk sebuah kebiasaan, dimana pada nantikan akan menciptakan sebuah momentum yang menantang teman-teman untuk melakukan kegiatan yang lebih menantang.

Jadi contohnya adalah ketika teman-teman ingin memulai membaca buku dan menerapkannya menjadi sebuah kebiasaan, sebaiknya dimulai tanpa target yang terlalu tinggi. Karena banyak dari kita yang gagal menerpakan sebuah kebiasaan yang disebabkan oleh penentuan target yang tinggi. Otak kita pada dasarnya hanya ingin menerma hal-hal yang nyaman. Oleh karena itu, perlu kita akali dengan target yang rendah terlebih dahulu.

Tips agar mudah menerapkan kebiasaan membaca yang kedua adalah FOCUS ON THE RESULT, NOT THE PROCESS

Fokus pada hasil dapat merangsang otak kamu untuk lebih semangat menerima kegiatan dalam membentuk kebiasaan baru. Cara ini sangat efektif dalam mengingatkan otak kita untuk terus melakukan kegiatan karena dipancing oleh rasa hasil dan mabfaat dari sebuah kebiasaan positif yang ingin dicapai.

Sedangkan, terlalu fokus pada proses akan memberikan sinyal pada otak untuk melakukan berbagai upaya untuk mencapai tujuan dimana akan merangsang otak untuk bermalas-masalan. Nah, kalo trik gue adalah selalu mengingat manfaat yang akan dapat dari membaca buku agar tetap semangat pada perjalanan membentuk sebuah kebiasaan.

Tips agar mudah menerapkan kebiasaan membaca yang ketiga adalah GUNAKAN CONCEPT HABIT LOOP

Yang dimaksud adalah menggunakan trigger (pemicu) untuk memancing kamu agar konsisten melakukan kebiasaan tersebut

Nah, kebiasaan membaca akan terbentuk apabila kamu tidak memutuskan rantai kegiatan tersebut selama 66 hari. Kalopun suatu saat kamu berhalangan untuk melakukan kegiatan dalam membentuk kebiasaan dikarenakan cuaca, usuran dan lain hal, pastikan kamu hanya bolos satu sampai dua hari. Karena apabila lebih dari dua hari, akan semakin sulut lagi menyambung rantai rutinitas, bisa-bisa kamu memulai dari awal lagi.

Demikian info motivasi kali ini. Semoga bermanfaat. Pastkan untuk menonton 3 Kebisaan Positif yang Dijamin BIsa Merubah Hidup Kamu di
0
995
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan