Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tereariyaniAvatar border
TS
tereariyani
Fahri Hamzah: Wapres Itu Nggak Ada Gunanya!
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai jabatan wakil presiden tak punya fungsi signifikan dalam roda pemerintahan. Fahri menyebut jabatan wapres sekadar embel-embel bagi presiden.

"Wapres itu nggak ada gunanya. Makanya kita jangan tertipu dengan wapresnya, yang kita lihat presidennya," kata Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Baca juga: Fahri Minta Jokowi Belajar Pidato, Ngabalin: Ah, Bercanda

Dia mengibaratkan jabatan wapres dengan istilah 'ban serep'. Fahri mengatakan wapres tak memiliki kewenangan apa pun di pemerintahan andai tak diberi tugas oleh presiden.

"Perlu orang tahu, cawapres itu embel-embel. Cawapres itu adalah ban serep. Cawapres itu pembantu presiden, kalau nggak dikasih kewenangan sama presiden, dia nggak ada apa-apa," sebutnya.

Fahri kemudian mencontohkan kinerja Jusuf Kalla (JK) selama menjabat wapres Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, terbukti banyak hal yang tak bisa dieksekusi JK.

"Emang wapres nggak ada geregetnya, di undang-undang kan kewenangannya nggak ada. Orang itu kan cuma jadi embel-embel aja. Ya, mohon maaf kayak Pak JK, dalam lima tahun ini kan cuma dijadiin embel-embel saja. Nggak ada itu yang dia bisa eksekusi, presidennya ke mana dia ke mana," ucap Fahri.

Baca juga: Soal Pidato 'Berantem' Jokowi, Fahri: Adu Domba Rakyat Sendiri

Karena itu, Fahri mengaku bingung mengapa sekarang posisi wapres justru jadi perbincangan hangat. Dia juga menyebut belum ada sosok capres/cawapres yang 'gereget' dan pas untuk dimajukan.

"Saya nggak tahu kenapa ramai banget itu orang," ujarnya.

"Belum ada yang sangat geregetlah. Jadi ditinjau berbagai besarnya persoalan kita itu belum ada yang berbicara kuat untuk menentukan arah kita yang benar," pungkas Fahri.

https://m.detik.com/news/berita/d-4154507/fahri-hamzah-wapres-itu-nggak-ada-gunanya


Walaupun cawapresnya ulama kalau programnya enggak sharia gak perlu dipilih.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 20 suara
Pilih yang mana...
Pilih ulama
70%
Pilih pengusaha
30%
0
2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan