Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zayyan123Avatar border
TS
zayyan123
5 Kesalahan Kecil Saat Wawancara Kerja yang Berakibat Fatal
Buat kamu yang baru wawancara kerja pasti ada rasa takut dan gugup ya, Tapi jangan takut mereka tidak gigit kok heheh. Engga jadi gini kalau kamu merasa takut dan gugup saat wawancara kerja pastinya nanti kalian akan dinilai kurang baik oleh HRD ataupun bos.



Melamar pekerjaan dibutuhkan persiapan yang matang, agar nantinya kamu akan diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Persiapan tersebut bukan hanya sebatas CV yang bagus saja, tapi juga sikapmu akan sangat dinilai.

Saat Interview tentunya suasana akan mendebarkan sekaligus menjadi penentu diterima atau tidaknya seorang pelamar. Agar kamu tidak gagal, coba deh kamu hindari 5 kesalahan kecil saat interview berikut ini yang bisa berakibat fatal.

5 Kesalahan Kecil Saat Interview yang Justru Berakibat Fatal
 
1.    Tidak tahu profil perusahaan yang dilamar


Kesalahan kecil berikut ini paling sering terjadi, karena mungkin pelamar mengira bahwa interview itu tidak ditanyakan profil perusahaan melainkan hanya ditanyakan skill saja. Tapi jangan salah loh, biasanya para HRD akan menanyakan kepada anda tentang perusahaan yang kamu lamar.

Untuk itu buat kamu yang baru pertama kali interview, disarakan untuk cari info lebih dalam terlebih dahulu tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Kamu bisa mencarinya di web perusahaan dan menaksir lebih lanjut apa saja yang bisa kamu berikan untuk perusahaan tersebut.

BACA JUGA : Segera Perbaiki! Ini loh 7 Alasan Kenapa Kamu Sulit Diterima Kerja

2.    Kurang jaga penampilan

Nah ini yang harus kamu perhatikan saat interview kerja yaitu penampilan, karena penampilan merupakan cermin dari kepribadian anda.

Jadi kamu dituntut untuk tampil profesional saat memasuki tahap interview kerja. Usahakan tampil rapi, apa adanya, dan hindari kesan acak-acakan. Satu hal yang tidak kalah penting yaitu bau badan.

Jangan sekali-sekali kamu memasuki ruang interview dengan bau badan yang tidak enak. Tentunya kondisi ini akan membuat pihak yang meng-interview kamu akan tidak merasa nyaman sehingga proses interview kerja jadi tidak maksimal.

BACA JUGA  : 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Karir Anda

3.    Datang terlambat tidak sesuai jadwal


Setiap perusahaan tentunya tidak ingin mempunyai karyawan yang suka datang terlambat, jadi jika kamu baru interview saja sudah telat tentunya perusahaan tersebut akan mengira kamu adalah orang yang tidak professional terhadap pekerjaanmu.

Meski terlihat sepele, namun kebiasaan ini akan menjadi fatal kalau kamu lakukan.

BACA JUGA : Sering Dianggap Sepele, Ternyata 6 Hal Ini Jadi Penentu Kesuksesan Orang

 
4.    Tampak tidak yakin pada diri sendiri


Mungkin beberapa pelamar yang sedang melakukan proses wawancara akan membuyarkan fokus dan niatmu. Padahal kamu tetap memiliki kesempatan yang sama dari pelamar yang lain. Kamu tidak perlu minder ataupun gagal fokus karena melihat pelamar lain yang kelihatan lebih siap.

Cobalah datang dari rumah dengan niat dan percaya diri kalau kamu itu bisa memberikan hasil yang terbaik dan percaya terhadap kualitasmu.

Jika kamu memang sangat menginginkan bekerja di sana, jangan ragu untuk bertanya hal-hal tentang posisi yang kamu lamar atau budaya perusahaan tersebut. Selain untuk menyeleksi kemampuan dan mengambil yang terbaik, pada dasarnya tujuan wawancara itu adalah saling bertukar informasi antara kamu dengan perusahaan sebelum bekerja.

BACA JUGA : 4 Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja

5.    Perhatian tidak lepas dari smartphone


Rata-rata pelamar pekerjaan masih saja tidak pernah lepas dari pandangan smartphone, padahal kesalahan kecil ini akan membuatmu jadi fatal.

Hindari untuk memainkan smartphone saat sudah berada di ruang interview. Karena hal ini berakibat pada pengurangan poin pada tahap penilaian.

Sikap ini secara tidak langsung akan menunjukkan kalau kamu itu merupakan tipe orang yang arogan dan kurang menghargai orang lain yang sejatinya adalah orang penting di perusahaan tersebut.

Kamu boleh saja bermain smartphone untuk menyiapkan materi saat kamu interview nanti, tentunya dilakukannya sebelum jam interview dimulai ya.

BACA JUGA : 7 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpecaya di Indonesia

 
Akhir Kata

Nah itu dia 5 Kesalahan Kecil Saat Wawancara Kerja yang Berakibat Fatal, Jadi buat kamu yang ingin interview sebaiknya kamu siapkan dengan matang mental dan materi kamu ya. Jangan sampai kesalahan kecil yang kamu lakukan akan membawa dampak buruk terhadap diri kamu.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat khususnya buat pembaca setiaLaptop Si Ipat.

Apabila kamu suka dengan artikel ini kalian dapat share ke teman-teman kalian dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar ya terima kasih.



0
1.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan