akubukankipliAvatar border
TS
akubukankipli
Ketika Dusan Tadic Bawa Ajax Menari di Madrid

Credit: Twitter @ChampionsLeague

Sebagian besar Madridista mungkin sudah memikirkan babak perempat final Liga Champions musim ini. Setelah Real Madrid mampu membawa pulang kemenangan 2-1 dari markas Ajax di leg pertama babak 16-besar Liga Champions, dua pekan lalu.

Akan tetapi semua berubah menjadi mimpi buruk, bahkan saat El Real bermain di Santiago Bernabeu. Ajax tampil menggila dan mampu meraih kemenangan besar 4-1 untuk melaju ke perempat final dengan keunggulan agregat 5-3.

Adalah Dusan Tadic, sosok yang membawa Ajax menari-nari di markas Real Madrid.

Didatangkan dari Southampton pada musim panas lalu dengan harga 11,4 juta Euro, Tadic langsung menjadi andalan Ajax sepanjang musim ini. Tadic hampir selalu dimainkan, dan menjadi starter. Begitu pun saat Ajax menyambangi Santiago Bernabeu.

Ajax yang butuh kemenangan dengan selisih dua gol atau lebih tampil luar biasa, dan Tadic memainkan peran yang luar biasa. Hanya butuh waktu 18 menit untuk Ajax memimpin 2-0. Dua gol tersebut dicetak oleh Hakim Ziyech dan David Neres, keduanya mendapatkan umpan matang dari Tadic.


Credit: Twitter @OptaJose

Dua assists yang dicatatkan Tadic menyamai apa yang pernah dilakukan salah satu pemain terbaik jebolan Ajax, Christian Eriksen. Tadic menjadi pemain pertama Ajax yang mampu memberikan dua assists dalam satu pertandingan di Liga Champions sejak Eriksen pada November 2011, ketika melawan Dinamo Zagreb.

Tak cukup bagi Tadic hanya memberikan dua assists. Pemain asal Serbia tersebut juga mencetak satu gol, yang membuat koleksi golnya sejauh ini berjumlah enam di Liga Champions. Gawang Benfica, AEK Athens, Bayern Munchen, dan Real Madrid sudah menjadi korban dari Tadic.

Sebuah raihan yang menyamai catatan legenda Ajax, Jari Litmanen. Hanya Tadic dan Litmanen yang bisa mencetak paling tidak enam gol dalam satu musim Liga Champions untuk Ajax. Rekor yang bukan tak mungkin akan dipecahkan oleh Tadic, karena Ajax masih berada di kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut.


Credit: Goal.com

Apa yang diberikan Tadic untuk Ajax di Liga Champions musim ini bisa dibilang luar biasa. Total enam gol dan empat assists yang telah dicatatkan Tadic sejauh ini. Jumlah tersebut membuat pemain berusia 30 tahun tersebut menjadi pemain yang paling banyak terlibat langsung dalam urusan mencetak gol.

Tadic dan Ajax kini akan menunggu siapa lawan yang akan mereka hadapi di babak perempat final Liga Champions. Mampukah Tadic membawa Ajax mengembalikan kejayaan Ajax di tanah Eropa? Mari kita nantikan bersama.
3
2.3K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan