Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anggita2208Avatar border
TS
anggita2208
Jamur Putih Itu Menyehatkan?
Welcome back! Hehehe...
emoticon-Shakehand2
Apa kamu tahu, apa itu jamur? Mungkin kamu sudah pernah makan jamur tapi kamu belum tahu hal-hal seputar jamur, yakan?

Sumber Foto : medium.com

emoticon-2 Jempol

Jamur itu merupakan tumbuhan yang memang tidak memiliki klorofil. Kloforil sendiri adalah zat hijau daun, atau dalam artian lain pigmen warna hijau pada tumbuhan itu. Jamur pun juga memiliki jenis-jenis yang banyak, dan tidak semua jamur bisa dijadikan asupan makanan. Mengapa? karena ada beberapa jenis jamur yang megandung racun dan jika dikonsumsi akan meracuni tubuh.
emoticon-Salam Kenal

Nah, mengenai jamur putih yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, pasti sudah diketahui oleh banyak orang. Jamur putih sendiri memiliki nama latin Agaricus bisporus. Jamur meja, jamur kancing, atau champignon sudah menjadi sebutan lain bagi jamur putih ini. Biasanya jika kamu berjalan-jalan ke lingkungan lembap gitu memang akan banyak menemui jamur putih.
Jamur putih untuk kesehatan apa sih? Jamur putih ini bisa berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga bisa digunakan untuk melawan kanker. Selain itu, tumbuhan jamur putih ini juga memiliki kandungan yang rendah kalori dan juga mengandung banyak nutrisi.
emoticon-Matabelo

Kandungan jamur putih seberat 96 gram adalah 21 kalori, 3 gram karbohidrat, 1 gram serat, 3 gram protein, 0 gram lemak, 33 persen kebutuhan vitamin D harian, 16 persen kebutuhan selenium harian, 12 persen kebutuhan fosfor harian, dan 4 persen kebutuhan folat harian. Banyak kannn kandungannya? Ada yang dilupa bahwa jamur juga memiliki kandungan vitamin D yang non-hewani alami. Perlu untuk dikonsumsi, karena jika tubuh kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan osteoporosis, kelemahan otot, dan juga menaikkan tingkat risiko patah tulang. Dilansir dari CNNIndonesia.com.

Berikut adalah manfaat dari jamur putih yang dilansir dari Healthline.

Melawan kanker
Melawan penyakit kanker sendiri harus menggunakan beberapa senyawa yang bersifat melawan penyakit kanker. Kandungan itu memang ada di jamur putih, yaitu antioksidan, polifenol, polisakarida, ergothioneine, glutathione, selenium, dan vitamin C.
Antioksidan disini bertugas untuk melawan efek berbahaya dari stres oksidatif yang membuat kerusakan sel dan bisa mempercepat penuaan dan juga menaikkan tingat risiko penyakit jantung dan sejenis kanker. Ada juga senyawa yang memiliki sifat antikanker yaitu vitamin C dan selenium yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menghambat enzim untuk memberhentikan penyebaran sel kanker.

Menjaga kesehatan jantung
Ada beberapa faktor penyebab penyakit jantung yaitu stres oksidatif, peradangan, dan kadar kolesterol yang tinggi, sudah dikatakan di atas bahwa jamur putih bisa digunakan untuk mengurangi tingkat risiko penyakit jantung. Mengapa? Karena ada beberapa senyawa yang dikandung oleh jamur putih ini yang berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung, antara lain kandungan ergothioneine dan beta glukan.
Ada sebuah zat yang berguna untuk mencegah penyerapan kolesterol dan trigliserida. Beta glukan sendiri adalah jenis serat larut yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah melalui pekerjaannya yang membentuk zat saat dicerna. Zat itu lah yang berguna untuk mencegah penyerapan kolesterol dan trigliserida.
Dengan mengonsumsi 8 gram atau 16 gram bubuk jamur bisa mengurangi jumlah trigliserida dalam darah. Pernyataan ini sudah ditemukan dengan dilakukannya studi kecil.

Mengontrol kadar gula darah dan menjaga usus
Menurunkan kadar gula dalam darah dan resistensi insulin bisa ditingkatkan jika kamu mengonsumsi jamur putih ini. Hal itu bisa terjadi karena adanya kandungan polisakarida dalam jamur putih. Selain itu, senyawa ini juga bekerja sebagai prebiotik atau makanan untuk bakteri yang ada di dalam usus. Otomatis usus kamu bisa sehat dong.
 
Nah, dengan beberapa manfaat dari jamur putih yang sangat penting ini, dalam memanfaatkannya kamu bisa mengolahnya seperti apa saja. Contoh ditambahkan saja ke dalam menu program diet kamu seperti salad, atau juga bisa menjadi bahan tambahan ke dalam menu sajian makanan harian kamu.



Jamur putih ini salah satu makanan kesukaan saya lohhh...
rasanya enak, ternyata sehat juga
untung dehhh hahaha
emoticon-Ngakakemoticon-Peluk
tata604
rykenpb
lina.wh
lina.wh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan