Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rarirurerorAvatar border
TS
rarirureror
Tertarik Memelihara Iguana? Kenali Iguana Lebih Dalam Sebelum Memeliharanya Yuk!


Memiliki hewan peliharaan seperti ide yang sangat menarik bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, dengan memilihki hewan peliharaan rasanya seperti memiliki teman yang mungkin akan menjadi teman yang jauh lebih setia dari pada teman-temanmu sebenarnya, ehehehe.

Nah, bagi Agan dan Sista yang tertarik untuk memelihara hewan, apa kalian sudah menentukan hewan jenis apa yang ingin kalian pelihara?

Mamalia?
Aves?
Amphibi?
Reptil?

Kalau kalian tertarik memelihara reptil khususnya Iguana, ane punya beberapa informasi mengenai Iguana yang wajib-harus-kudu Agan dan Sista ketahui sebelum memutuskan untuk memeliharanya di rumah.



Apa Itu Iguana?



Agan dan Sista pasti udah tau kan apa itu Iguana? Iguana merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kategori reptil yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Iguana tak hanya terdiri dari satu atau dua jenis aja loh, tapi iguana ada sampai 35 jenis loh. Meskipun banyak jenisnya, tapi jenis iguana yang banyak dipelihara adalah iguana amerika atau iguana hijau. Hewan ini bisa hidup sampai 10-12 tahun dengan berat seekitar 9 kg dan panjangnya hampir 1,8 meter. Iguana dengan umur yang masih kecil memiliki sifat yang super lincah dan akan semakin malas jika usianya semakin bertambah tua. Oh iya, Iguana itu termasuk hewan liar loh, jadi kalau GanSis ingin memeliharanya, kalian harus bisa merwatnya dengan sabar. Kalian juga harus berhati-hati, karena Iguana memiliki cakar dan juga ekornya yang sangat kuat.


Makanannya Apa?



Kalau kita melihat iguana di habitat aslinya, Iguana biasanya memakan tumbuhan alias herbivora. Tapi meskipun begitu jangan beri semua jenis sayur ya, lebih baik kalian memberikan sayuran hijau tua dengan nutrisi yang banyak, selain itu kalian juga bisa memberikan sayuran berwarna merah, oranye, dan kuning. Sebaiknya hindari memberinya sayur hijau muda seperti selada dan kubis karena sedikitnya kandungan nutrisi dan vitamin serta jangan pernah sekali-kali memberikan daging atau makanan kucing dan anjing untuk makanan iguana.


Keunikan Apa yang Dimiliki Iguana?



Agan dan Sista tau ga sih kalau Iguana memiliki tiga buah mata? Yap! Bener loh! Iguana memiliki mata di kanan, kiri, di bagian tengan di atas kepalanya. Nata ketiga yang dimiliki iguana ini sering juga disebut dengan “parietal eye”. Tapi fungsi dari mata ketiga ini berbeda dri kedua matanya yang lain loh. Parietal eye ini hanya dapat mendeteksi perubahan cahaya (gelap dan terang) yang berfungsi untuk mengaati ancaman dari bagian atas.


Kebiasaan dari Iguana Apa?



Agan dan Sista tau kan kalau Iguana termasuk hewan berdarah dingin? Nah, Iguana ini termasuk hewan berdarah dingin yang bisa hidup di iklim panas. Oleh karen itu, iguana suka banget sama yang namanya berjemur. Kebiasaan lainnya selain berjemur adalah berenang. Tapi tak semua jenis iguana suka berenang. Jenis iguana yang senang berenang adalah iguana Galapagos. Tapi kerennya, iguana Galapagos ini ga akan kedinginan walaupun berenang di laut karena tubuhnya yang gelap sehingga ia tetap dapat menyerap cahaya matahari. Oh iya, walaupun begotu iguana jenis ini juga tak bisa berenang dalam waktu yang lama, ia hanya bisa bertahan di dalam air sekitar 10 menit saja.



SUMBER
rykenpb
lina.wh
binyhong
binyhong dan 4 lainnya memberi reputasi
5
6.5K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan