Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pephAvatar border
TS
peph
Bantu isi kuisioner riset tentang Fintech lending, Yuk! [PAHALA INSIDE]
Assalamualaikum, hola!



Perkenalkan saya Qodri Muhamad dari mahasiswa S1 jurusan Ekonomi Islam, Institut Agama Islam Tazkia. Sekarang saya sedang melakukan penelitian untuk Tugas Akhir (Skripsi) dengan judul penelitian

”Exploring factors influecing the success of islamic fintech company in Indonesia: SEM PLS Approach”

Saya sedang meneliti tentang Faktor- Faktor yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan Islamic fintech di Indonesia

nah sebelumnya supaya tidak bingung untuk mengisi form atau kuisioner yang akan saya berikan.

Yuk dibaca dulu, sedikit penjelasan mengenai fintech lending di Indonesia dan faktor faktor apa aja yang akan muncul di riset ini.

Apa sih fintech Lending itu?

Penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Layanan P2P merupakan penyelenggara badan hukum Indonesia yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Penerima Pinjaman (borrower) adalah orang dan/atau badan hukum yang mempunyai

utang karena perjanjian Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi

Informasi. Pemberi Pinjaman (Investor) adalah orang, badan hukum, dan/atau badan usaha yang mempunyai piutang karena perjanjian Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Sudah di atur selengkapnya melalui peraturan OJK,  POJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi atau Fintech Lending.

Islamic fintech lending adalah industri yang berkembang dengan potensi besar untuk menangkap pelanggan dengan menggunakan teknologi yang dapat memudahkan. Melalui fenomena yang terjadi dalam pasar di Indonesia, dan ekosistem peraturan yang unik, pertumbuhan perusahaan platform fintech lompatan dari tahun 2015 hingga akhir 2017, meningkat mencapai nilai total USD 18.646 miliar. Dari pernyataan tersebut bisa disumpulkan bahwa Islamic fintech industry di Indonesia sedang berkembang dan menjadi salah satu alasan kenapa riset ini dilakukan.

Riset ini dibuat dari beberapa sumber journal, artikel, dan fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini. Untuk mengetahui detail riset ini yang terdiri dari; latar belakang, penelitian terdahulu, dan metode yang yang digunakan, bisa men-download draft melalui link di bawah ini;


Apa saja faktor faktor yang mempengaruhi keberhasilan fintech lending di Indonesia?

* Faktor yang mempengaruhi:

1. Sharia Compliance- Kepatuhan Terhadap Peraturan Sharia maupun peraturan Indonesia. Sharia compliance adalah faktor terpenting untuk Islamic fintech dan harus didasarkan pada prinsip dasar syariah yang berlaku untuk transaksi komersial.

2. Organisasi- Konsep organisasi adalah kumpulan orang orang yang telah dibentuk untuk mencapai tujuan yaitu mengembangkan suatu perusahaan islamic fintech lending yang sukses.

3. Marketing - Konsep marketing adalah  suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.

4. Strategic Focus- Konsep strategi focus adalah cara perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif, efesien dalam biaya, dll. 

5. Technology- Perusahaan islamic fintech lending bergerak dibidang teknologi, jadi faktor ini salah satu faktor penting.

6. Finances- Pengaturan keuangan dalam perusahan islamic fintech lending juga merupakan satu faktor yang penting. 

7. Operation- Konsep operation adalah runtunan perubahan (peristiwa) dalam perkembangan sesuatu, dalam kasus ini adalah proses dari islamic fintech lending

Faktor yang di pengaruhi:

1. Regulatory- Regulatory adalah hal-hal yang berkaitan dengan peraturan dan pihak yang merugulasinya (OJK, BI) 

2. Social Impact of Business - Faktor dampak sosial terhadap bisnis anda, terdiri dari kegiatan CSR yang dilakukan oleh bisnis anda

3. Business growth- Faktor pertumbuhan bisinis, suatu proses ekspansi dan mencari keuntungan tambahan, keinginan untuk menciptakan nilai ekuitas.

4. Economic impact of business- Faktor dampak ekonomi terhadap bisnis anda, suatu proses penciptaan bisnis merangsang perkembangan ekonomi.

Link untuk mengisi kuisioner, waktu yang diperlukan kurang lebih 10 menit

Diubah oleh peph 18-05-2020 05:59
TSMan
TSMan memberi reputasi
1
256
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan