Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Koying01Avatar border
TS
Koying01
Sisi Gelap Dirimu, Apakah Kamu Tahu?


Setiap kepribadian seseorang orang mempunyai dua sisi dalam dirinya yakni sisi terang dan sisi gelap, sama seperti bulan yang juga punya dua sisi. Sisi gelap kepribadian ini oleh psikolog sering kali disebutnya dengan sebutan shadow (bayangan diri).

Shadow dari kepridlbadian kita ini berisi kumpulan insting, naluri, dan dorong-dorongan negatif dalam kehidupan kita, yang dalam kaca mata agama sering kali di sebut sebagai nafsu yang bersemayam di dalam diri kita.
Bagi banyak orang, perjuangan melawan sisi gelap ini merupakan suatu pertempuran yang paling utama dalam sebagian besar perjuangan kehidupan manusia.
Realita menunjukkan selalu terjadi pertempuran antara sisi gelap dan sisi terang dalam diri kita hingga memunculkan salah satu pemenang. Jk sisi terang yg menang maka dipandang dari sisi norma kemasyarakat kita adalah org baik, tp jk sisi gelap yg menang maka kita masuk klasifikasi orang yang jahat.

Islam memandang pertempuran sisi gelap dan terang ini sebagai peperangan melawan hawa nafsu, yang merupakan peperang yg paling besar dan paling utama yg harus di hadapi oleh setiap orang. Sebagaimana yg rosululloh sampaikan dlm sebuah hadits yg diriwayatkan oleh Imam Al- Baihaqi,

“Kamu semua telah datang daripada tempat yang sebaik-baiknya. Kamu telah datang daripada jihad kecil menuju jihad yang lebih besar.” Dikatakan: “Apa jihad lebih besar itu?” Rasulullah s.a.w menjawab: “Seseorang hamba mujahadah melawan hawa nafsunya”.
Mujahadah adalah perjuangan sungguh-sungguh untuk melawan ego atau nafsu pribadi, dalam artian mengendalikan sisi gelap dari kepribadian kita.

Lalu bagai mana cara kita mengendalikan sisi gelap/ shadow/ hawa nafsu yg ada dlm diri kita….?

Baca referensi sumber
Diubah oleh Koying01 21-06-2020 03:13
husnamutia
darmawati040
bromocool
bromocool dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan