Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Wakuliner.Avatar border
TS
Wakuliner.
Jenis-Jenis Jamur Sehat yang Layak Dikonsumsi Berserta Khasiatnya


Jamur adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah dalam berbagai varian menu makanan. Namun, tidak semua jamur yang kamu temui disekitarmu bisa dimasak lho. Ada juga jenis jamur yang tidak dapat dikonsumsi, karena beracun.

Namun, kelima jenis jamur berikut ini layak untuk dikonsumsi karena mengandung berbagai jenis vitamin dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

1. Jamur Kuping
Jamur kuping menjadi salah satu jenis jamur yang memiliki banyak varian yaitu jamur kuping hitam, putih, dan merah. Ketiga jenis jamur tersebut sama-sama dapat dimasak dan dimakan. Jamur jenis ini mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh dan berkhasiat mengatasi beberapa penyakit seperti penyakit darah tinggi (hipertensi), mengobati panas dalam, mengurangi rasa sakit akibat luka bakar, menurunkan risiko terkena anemia (kurang darah), serta mengatasi sakit ambeien.

2. Jamur Tiram
Dari namanya saja sudah cukup terdengar familiar. Ya, jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang paling banyak diolah menjadi berbagai jenis menu makanan. Selain rasanya yang enak, jamur tiram juga memiliki khasiat mencegah anemia dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Jamur Shiitake
Namanya mungkin cukup terdengar asing, karena jamur ini memang lebih terkenal di Korea Selatan, Tiongkok, dan Jepang. Namun, Wakulovers juga bisa mendapatkan jamur impor ini dibeberapa supermarket. Jamur shiitake berkhasiat melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh, mencegah penuaan dini, dan menambah energi.

4. Jamur Merang 
Jamur merang banyak tumbuh di wilayah Asia Timur serta Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dibandingkan dengan jenis jamur lain, jamur merang memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa yang lebih enak. Jenis jamur ini juga mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi. Protein merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh.

5. Jamur Kancing
Terakhir, jamur kancing yang berbentuk bulat seperti kancing baju. Jamur ini memiliki 3 varian warna yaitu cokelat muda, putih, dan krem. Ketiganya layak untuk dikonsumsi dengan aman dan menyehatkan. Jamur kancing mengandung berbagai jenis mineral dan vitamin yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Sudah tahukan, apa saja jenis jamur yang bisa diolah dan dimakan? Wakuliner sebagai platform katering online juga menyediakan menu makanan olahan jamur yang lezat yang bisa kalian pesan. 
Diubah oleh gembelngehe 15-07-2019 07:45
meruru
farinamany
farinamany dan meruru memberi reputasi
2
3.5K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan