Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nibrasulhaqAvatar border
TS
nibrasulhaq
3 Sikap yang Harus Tetap Ada Saat Kawan Lama Tiba-tiba Hadir. Haruskah?
Pilih-pilah Kawan Agar Selamat




Bismillahirrahmanirrahiim

Manusia selaku makhluk sosial tentu ia akan hidup berkelompok baik skala kecil ataupun skala besar. Dalam hidup bersosial, tentu akan berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga akan memilih orang-orang yang cocok atau sesuai dalam melalui hari-hari.

Seseorang yang sering berinteraksi itulah akhirnya saling berkawan. Hanya saja dalam berkawan tentu saja tidak selalu dan selamanya cocok dalam pemikiran atau apapun hal-hal yang lain. Karena di setiap kepala manusia memiliki otak dan pemikiran yang berbeda, bahkan anak kembar sekalipun.

Gansis pasti pernah memiliki kawan. Kemudian seiring berjalannya waktu terpisah baik sengaja ataupun tidak. Tetapi ternyata tiba-tiba tidak ada angin, tiada hujan kawan lama hadir kembali di kehidupan kita.

Lalu, apa sebaiknya yang perlu kita lakukan ketika mereka hadir dan mendatangi kita? Berikut ini bisa dicoba untuk diterapkan:

1. Berprasangka Baik


Sekuat tenaga berusahalah berprasangka baik kepada setiap orang dan setiap kejadian. Karena setiap orang yang dihadirkan di hadapan kita maupun kejadian yang menghampiri kehidupan kita tentu tidak luput dari sekenario-Nya.

Tentu semua yang ada dan yang hadir pasti ada hikmah yang menyertainya. Memang tidak mudah untuk berprasangka baik kepada setiap orang, termasuk kepada kawan lama yang tiba-tiba hadir. Tetapi itulah yang semestinya kita lakuakan.
Quote:

Berprasangka baiklah kepada setiap mereka yang hadir, seperti katakan kepada diri bahwa ingin silaturrahiim. Bukankah banyak hikmah dari bersilaturrahiim. Dengan silaturrahiim selain dapat memperpanjang usia, tetapi juga dapat mendatangkan rizki.

Quote:


2. Bersyukur


Bersyukurlah ketika kawan lama tiba-tiba hadir, dan ternyata kehadirannya itu saat ia benar-benar membutuhkan bantuanmu.

Berpikirlah bahwa hadirnya dengan kondisi seperti itu bukan sebuah kebetulan. Sudah ada yang mengatur. Itu artinya bahwa engkaulah orang yang dipilih untuk membantu menyelesaikan kesulitan kawanmu.

Bersyukurlah, dengan begitu berarti engkau memiliki kesempatan berbuat baik dan bermanfaat untuk orang lain. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.
Quote:


3. Bersabar


Sabar memang sebuah kata yang cukup ringan diucap. Tetapi tidak semudah untuk menjalankannya.

Jika ada kawan yang bisa kita tebak bahwa kehadirannya pasti membutuhkan bantuan atau pertolongan kita, maka cukuplah kita berusaha sabar. Bukankah Allah subhanahu wa ta'ala bersama-sama dengan orang-orang yang sabar?

Quote:

Quote:


Jadi, meski kita tahu kawan yang sering datang tiba-tiba karena ada maunya atau butuhnya saja, tetaplah bersabar menghadapinya.

Karena datangnya mereka kepada kita pun juga bukan sebuah kebetulan. Pasti dzat penggenggam sekenariolah yang menghantarkannya kepada kita, sebagai penguji bagi kesabaran kita.

Baiklah ini dahulu thread ane, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada thread berikutnya.

Wassalam

Penulis : nibrasulhaq
Narasi : oppri
Sumber gbr: google, pinterest, dokpri
Diubah oleh nibrasulhaq 10-07-2021 04:36
andrerain5
dalledalminto
s3chamdani
s3chamdani dan 7 lainnya memberi reputasi
6
697
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan