Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kreatifnewsAvatar border
TS
kreatifnews
Mengagumkan ! 7 Hewan Dengan Penglihatan Paling Tajam Melebihi Manusia
= Muqoddimah =


Manusia memiliki mata yang berbeda dengan hewan, itu adalah hal yang jelas. Mata hewan sudah berkembang sangat jauh sehingga melebihi ketajaman dari manusia. Bila manusia tidak bisa melihat dalam gelap, hewan bisa. Manusia tidak bisa melihat jauh, hewan bisa. Di dunia hewan, ada banyak hewan dengan indera penglihatan yang mengagumkan, melebihi manusia.

= Inti Pembahasan =

Berikut Daftar 7 Hewan Dengan Penglihatan Tajam Melebihi Manusia :

1. Elang


Setiap tempat memiliki penguasa tersendiri. Bila di darat ada singa, di laut ada hiu, maka di angkasa ada elang. Elang menjadi burung pemangsa atau predator yang memangsa hewan apa saja yang lebih kecil dari mereka. Tidak hanya hewan kecil di darat, tapi burung-burung kecil juga menjadi target incaran mereka.

Menjadi pemuncak rantai makanan di angkasa, burung predator seperti elang tentu harus dilengkapi dengan berbagai faktor agar bisa memburu mangsanya. Selain tubuh kuat, cakar serta paruh yang tajam, elang juga dibekali dengan penglihatan yang sangat tajam. Mata elang sangatlah tajam, ia bahkan bisa melihat kelinci ketika terbang di ketinggian 1 mil jauhnya.

2. Burung Hantu


Sekarang ini banyak orang yang mulai menggemari memelihara hewan eksotis. Salah satu hewan eksotis yang dipelihara adalah burung hantu. Burung hantu termasuk hewan eksotis, dilindungi, dan juga burung predator. Sebenarnya, memelihara burung hantu bisa-bisa saja asal memiliki izin. Lagipula, burung hantu juga cukup sulit untuk dijinakkan.

Di dunia hewan, burung hantu termasuk hewan yang memiliki mata yang cukup besar dan tajam. Mata yang tajam ini sangat diperlukan oleh burung hantu karena mereka adalah hewan nokturmal. Burung hantu biasa berburu makanan seperti tikus, kelinci, dan hewan kecil lainnya di malam hari. Selain matanya yang tajam, mekreja juga punya pendengaran yang tajam pula.

3. Keluarga Kucing


Kucing termasuk dalam salah satu hewan yang penglihatannya sangat tajam, melebihi manusia. Jika manusia kesulitan ketika melihat dalam gelap, kucing tidak. Di tempat gelap, kucing masih dapat melihat dengan jelas sekeliling mereka. Ini dikarenakan mata mereka sangat efektif seperti night vision. Mata ini menjadi salah satu senjata mereka untuk berburu di balik kegelapan.

Sebenarnya tidak hanya kucing rumahan, kucing ras, atau jenis kucing kecil lainnya yang dibekali dengan penglihatan tajam. Jenis kucing besar dan liar juga memiliki penglihatan yang tak kalah tajamnya. Sebut saja leopard, singa, cheetah, macan, harimau, dan kucing besar lainnya. Mata mereka memiliki membran khusus yang bisa membuka dan menerima cahaya sebanyak apapun ketika pencahayaan kurang.

4. Capung


Sangat disayangkan sekarang ini sangat sulit untuk menemukan capung. Gedung bertingkat sudah dimana-mana, keberadaan manusia, serta semakin berkurangnya area hijau menjadi salah satu penyebab kenapa populasi capung semakin menipis. Padahal, serangga satu ini sangatlah cantik dan unik. Salah satu keunikan capung adalah di bagian matanya.

Di dunia serangga, capung adalah predator yang cepat dan handal. Mereka dibekali bukan cuma satu, melainkan banyak sekali mata. Didudukung dengan 3 mata terpisah yang disebut dengan ocelli. Ocelli membantu capung untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap lingkungan sekitar mereka. Kalau ada sesuatu yang berbahaya, capung bisa dengan sigap terbang menghindar.

5. Kambing


Kebanyakan hewan predator dibekali penglihatan yang tajam untuk bisa memburu mangsanya. Sebut saja elang, singa, hiu, burung hantu, dan predator lainnya di alam liar. Ini membuat hewan yang menjadi mangsa predator harus berkembang juga untuk bisa mempertahankan diri. Kambing adalah salah satu contoh hewan mangsa yang berevolusi untuk bisa selamat dari serangan predator.

Jika kalian melihat kambing, kalian bisa melihat bahwa mereka memiliki mata yang sangat unik. Mata mereka bulat namun pupilnya berbentuk seperti persegi empat. Mata unik ini membuat mereka bisa melihat 3600. Dengan penglihatan 3600 ini, kambing jadi bisa melihat sekitar mereka termasuk belakang tanpa harus memutar kepala.

6. Bunglon


Jika ingin mencari hewan unik untuk dipelihara, kalian bisa pilih bunglon. Bunglon dikenal sebagai hewan unik yang bisa menirukan warna lingkungan sekitar mereka. Ini membuat bunglon sulit dimangsa tapi juga bisa mengelabui mangsa mereka. Tapi bukan cuma kemampuan berubah warna saja yang membuat bunglon unik.

Salah satu hal unik lain dari bunglon adalah mata. Tahukah kalian bahwa bunglon memiliki 2 buah mata yang bisa bergerak ke arah yang berbeda? Kalau manusia tidak mungkin bisa menggerakan matanya ke arah yang berbeda. Kemampuan unik ini membuat bunglon bisa melihat sekitar mereka dengan mudah.

7. Hiu


Jika kalian berpikir bahwa hiu bergantung pada penciuman yang tajam untuk mencari mangsa, kalian salah besar. Memang benar penciuman hiu sangat tajam. Mereka dapat mencium bau darah meski hanya sedikit di dalam laut. Tapi bukan cuma itu saja yang menjadi senjata hiu dalam berburu makanan. Mata hiu juga sangat tajam.

Bila dibandingkan dengan manusia, mata hiu jauh lebih sensitif terhadap cahaya. Kira-kira 10 kali lebih sensitif. Kesensitifitas ini membuat mereka dapat berburu makanan di dalam laut yang gelap. Kita tahu bahwa hiu berburu tidak hanya di permukaan tapi juga di laut dalam dimana cahaya matahari tidak mampu menembus laut.

Itulah Daftar 7 Hewan Dengan Penglihatan Tajam Melebihi Manusia, hebat bukan?



[spoiler=sumber : [url]http://www.tahupedia.com/content/show/2046/10-Hewan-Dengan-Penglihatan-Tajam-Melebihi-Manusia][/url][/spoiler]

davecchio
anomadeni
c4punk1950...
c4punk1950... dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan