ashefa.officialAvatar border
TS
ashefa.official
12 Cara Menasehati Pecandu Narkoba & Membantunya
Ada berbagai alasan kenapa seseorang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, mulai dari pergaulan kurang baik, beban kerja terlalu tinggi, sampai keluarga broken home. Karena latar belakang hidupnya yang rapuh ini, cara menasehati pecandu narkoba juga harusnya menggunakan pendekatan lebih baik, sabar, dan halus. 

Daripada menggunakan istilah “nasehat”, ada baiknya Anda menggantinya dengan istilah “menolong”. Ingin tahu bagaimana Cara menolong korban penyalahgunaan narkoba? Simak artikel ini sampai habis ya, sahabat Ashefa!

Mengenal Kepribadian Seorang Pecandu Narkoba


Sebelum mencari cara menasehati korban penyalahgunaan narkoba, pertama-tama Anda perlu memahami dulu bagaimana kepribadian korban penyalahguna obat-obatan terlarang.


Faktanya, begitu seseorang mengalami ketergantungan narkoba, ia akan mengalami berbagai perubahan, termasuk perubahan sosial dan emosional.


Jika sebelumnya orang tersebut punya sikap periang dan supel, setelah masuk ke jurang narkoba ia bisa berubah jadi sosok yang karakternya berbeda 180 derajat.


Menurut penelitian doktor Rascanu dari University of Bucharest, korban penyalahgunaan narkoba mengalami 3 jenis “deficiency syndrome”, antara lain:



Activity deficiency, menarik diri dari aktivitas sosial karena merasa depresi, pesimis, curiga, dan mudah tersinggung.


Deficiency of intellectual-operational area, mengalami penurunan kecerdasan secara signifikan, mudah terdemotivasi, dan kesulitan mengingat hal penting.



Disposition and affectivity deficiency, merasakan cinta teramat dalam dan ketergantungan pada narkoba, akan putus asa jika narkoba tersebut direbut dari dirinya.


Berdasarkan tiga jenis karakteristik di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa menolong seorang korban penyalahgunaan narkoba adalah sebuah tantangan.


Apabila benar-benar ingin memberikan nasehat, ada teknik khusus yang perlu kita lakukan, di bawah ini pembahasan lengkapnya.


Teknik 12 Langkah, Cara Menasehati Pecandu Narkoba Tanpa Menyakiti Perasaannya



Teknik 12 Langkah, atau 12-steps-program adalah cara menasehati pecandu narkoba paling ampuh, karena prosesnya bertahap dan berorientasi pada penyadaran. 


Di awal proses rehabilitasi, seorang korban penyalahgunaan narkoba akan denial dan abai dengan kondisinya.


Akan tetapi, setelah Teknik 12 Langkah diterapkan, harapannya korban tersebut dapat memiliki self-awareness dan termotivasi pulih dari narkoba dengan sendirinya.


Teknik rehabilitasi narkoba satu ini sudah umum diimplementasikan di Amerika Serikat sejak era 1930-an. Seperti namanya, ada setidaknya 12 Cara menolong pecandu narkoba secara bertahap, berikut ini urutannya:


1. Honesty

Cara menasehati korban penyalahgunaan narkoba pertama dalam Teknik 12 Langkah adalah membantu korban penyalahguna jujur pada dirinya sendiri. Keberhasilan tahap ini ditandai dengan kemauan korban mengakui ketergantungannya pada narkoba.


2. Faith

Setelah korban penyalahguna punya self-awareness tentang kondisi kecanduannya, sekarang saatnya Anda meyakinkan bahwa korban pasti bisa pulih. Di tahap ini, berikan terus motivasi dan dorongan terapi tanpa terkesan menggurui. 


3. Surrender

Surrender adalah tahap menerima pertolongan. Jika Anda berhasil membuat korban penyalahgunaan narkoba percaya sepenuhnya pada Anda (faith), Anda bisa mulai memberikan penyadaran. 


Di tahap ini, berikan pengertian pada pec korban penyalahgunaan andu kalau dia tidak bisa berjuang pulih dari narkoba sendirian. Jika ingin kembali seperti semula, Korban penyalahgunaan harus mau menerima bantuan dari tim medis dan pendamping di tempat rehabilitasi narkoba.


4. Soul Searching



Cara menolong pecandu narkoba berikutnya adalah dengan membantu mereka menemukan jati diri. Di tahap ini, Anda bisa membimbing korban penyalahguna untuk meninggalkan dirinya yang lama (past self) untuk menjadi sosok baru yang lebih baik.


5. Integrity

Tahap integrity adalah tahap ketika korban penyalahguna narkoba menyadari kesalahan dan mau mengakuinya pada Tuhan dan orang-orang terdekat.


Ini merupakan salah satu tahap paling menguras emosi, karena Anda perlu memahami latar belakang korban penyalahgunaan (yang mungkin kurang baik) dan membuatnya bisa membangun kembali hubungan dengan orang-orang yang disakitinya.


6. Acceptance

Setelah proses integrity, cara menasehati pecandu narkoba berikutnya adalah dengan membantunya menerima masa lalu, seburuk apapun itu. Dengan demikian, korban penyalahgunaan bisa berdamai dengan dirinya sendiri dan siap membangun masa depan yang baru.


7. Humility

Di tahap ketujuh ada humility, yaitu cara menasehati pecandu narkoba dengan mendorongnya berani “meminta tolong”, terutama pada Tuhan.


Jika Anda tidak berhasil melakukan pendekatan spiritual pada korban penyalahguna, Anda bisa membuat korban punya inisiatif meminta tolong pada orang-orang terdekatnya.


8. Willingness

Di tahap ke-8, ada willingness, yaitu kemauan membuat daftar tentang siapa saja orang-orang yang pernah korban penyalahguna narkoba sakiti, baik itu orang terdekat maupun sekadar kenalan.


Setelah itu, tahap ini dilanjutkan dengan tekad memperbaiki kesalahan pada orang-orang tersebut setelah rehabilitasi usai.


9. Forgiveness



Poin Teknik 12 Langkah yang ke-9 adalah forgiveness, yaitu kemauan korban penyalahgunaan narkoba memaafkan orang-orang yang pernah menyakitinya di masa lalu.


Tahap ini termasuk dalam tahap rehabilitasi sosial tingkat lanjut. Oleh karena itu, mencapai titik ini Anda dan pendamping rehabilitasi perlu punya kesabaran tinggi. 


10. Maintenance

Teknik 12 Langkah poin 10 sampai 12 adalah tahap rehabilitasi narkoba tingkat akhir. Di tahap 10 ini, Anda bisa mengajak korban penyalahguna narkoba mempersiapkan diri membangun kembali hubungan dengan orang lain.


11. Making Contact

Di fase ini, cara menolong pecandu narkoba yang terbaik adalah dengan membantunya memperbaiki komunikasi dengan orang lain.


Di pusat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka, tahap ini biasanya didampingi langsung oleh kakak-kakak support system. Bentuk upaya maintenance yang dilakukan misalnya menelpon, temu kangen dengan keluarga, dan sebagainya.


12. Service

Cara menolong pecandu narkoba yang terakhir dalam Teknik 12 Langkah adalah membantunya berpartisipasi kembali dalam masyarakat. Jika Anda berhasil melalui 11 tahap sebelumnya dengan mulus, kedekatan emosional Anda dan korban penyalahguna di tahap 12 biasanya sudah sangat erat.


Cara Menasehati Pecandu Narkoba Tanpa Menyakiti Diri Sendiri



Setelah membaca cara menolong pecandu narkoba seperti yang tercantum di atas, apa yang Anda pikirkan?


Ya, betul, menolong korban penyalahguna keluar dari jerat obat-obatan memang berat dan butuh proses panjang.


Akan tetapi supaya kesehatan Anda sendiri terjaga, ada beberapa hal yang bisa Anda siapkan sebelum mendampingi pemulihan pecandu narkoba, yaitu:


1. Persiapkan Mental 

Hal pertama yang perlu Anda siapkan sebelum menolong pecandu narkoba adalah mempersiapkan mental dan pikiran terlebih dulu.


Proses pendampingan rehabilitasi narkoba bukan hanya akan menguras tenaga, tapi juga emosi dan psikologis.


Jika tidak punya mental kuat, Anda bisa patah di tengah jalan dan gagal mendampingi korban penyalahguna narkoba yang Anda sayangi.


2. Jangan Memaksakan Pola Pikir

Cara menasehati pecandu narkoba yang kedua adalah jangan pernah memaksakan pola pikir!


Berdasarkan ciri-ciri psikologisnya, korban penyalahguna narkoba punya kecenderungan pesimis, curiga, dan mudah tersinggung. Jika tidak hati-hati saat berbicara, Anda bisa membuat pecandu menjauh atau bahkan membenci Anda.


3. Miliki Kesabaran Tinggi

Faktanya, penerapan Teknik 12 Langkah dalam proses pemulihan penyalahguna narkoba tidak semulus kelihatannya.


Ada kemungkinan pecandu yang Anda dampingi stuck di satu poin dalam waktu lama atau bahkan kembali ke tahap satu di tengah proses rehabilitasi. Jadi pastikan Anda punya kesabaran tinggi guna menghadapi hal-hal seperti ini.


4. Minta Bantuan Dari Ahlinya
Cara menasehati pecandu narkoba yang terakhir adalah mintalah bantuan dari ahlinya! Jika tidak punya pengalaman mendampingi korban penyalahguna narkoba, Anda justru akan kurang bersabar dan mudah putus asa.Pusat rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka siap kok membantu Anda mendampingi proses pemulihan pecandu narkoba hingga akhir! Cara menolong pecandu narkoba di pusat rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka juga sudah terbukti keampuhannya lho! Cek Ashefa Griya Pusakauntuk tahu info selengkapnya!


Diubah oleh ashefa.official 13-09-2021 03:27
danQe
cungkringoke
screammous
screammous dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan