Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Si.joniiAvatar border
TS
Si.jonii
Ternyata eh Ternyata! Ada 6 Negara Yang Dulunya Bagian Dari Indonesia Lho
Indonesia dikenal dengan bentangan wilayahnya yang luas yaitu memiliki 8 pulau dan 34 provinsi namun kesatuan ini baru terbentuk ketika indonesia dinyatakan telah merdeka, tahukah kalian sebelum proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 silam ternyata ada beberapa negara yang pernah menjadi bagian dari negeri pancasila ini. Jika ditelusuri kembali sebetulnya beberapa negara di wilayah asia pernah tergabung dengan Indonesia, untuk membuktikan hal tersebut mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Malaysia
Quote:
sumber
Menjadi negara y ang selalu konflik dengan Indonesia, ternyata malaysia pernah menjadi bagian dari kepulauan Indonesia. Dengan posisi yang strategis, pada masanya malaysia diperebutkan oleh banyak kerjaan di masa lampau yaitu kerajaan sriwijaya dan kerajaan majapahit. Sriwijaya merupakan kerajaan nasional pertama yang ingin menguasai wilayah ini pada abad ke-8 dan kerajaan majapahit juga pernah menguasai wilayah ini atas perintah Patih Gajah Mada. Nah ternyata kawasan itu terbelah dua seperti sekarang akibat perjanjian Inggris dan Belanda yang dikenal dengan sebutan traktat london yang ditandatangani tanggal 17 Maret 1824, karena malaka berada di wilayah kekuasaan inggris sedangkan berdasarkan kesepakatan wina dan konvensi london, malaka harus diserahkan kepada belanda sebagai jalan keluar maka terjadilah pertukaran, malaka dipertukarkan dengan bengkulu yang pada masa itu dikuasai oleh inggris. Akhirnya inggris menyerahkan bengkulu kepada belanda dan belanda memulangkan malaka kepada inggris, begitulah sepenggal sejarah negara serumpun ini.


2. Timor Leste
Quote:
sumber
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Timor Timur (dulu) atau Timor Leste (sekarang) dulunya merupakan bagian dari negara Indonesia. Namun karena krisis politik yang panjang dan desakan dari pemerintah australia menyebabkan presiden soeharto memutuskan untuk menyerang Timor Timur di tahun 1975 dan dimasukkannya lah wilayah ini menjadi provinsi ke-27, lalu kapan Timor Leste dapat melepaskan diri Kembali? Yaitu akibat dari integrasi wilayah Timor Timur yang tidak dapat dukungan dari dunia berdampak pada putusan presiden BJ Habibie untuk melakukan referendum. Referendum yang diwadahi oleh PBB tersebut dimenangkan oleh kelompok pro kemerdekaan di tahun 1999, tepat pada tanggal 30 agustus di tahun yang sama mayoritas rakyat Timor Timur memilih untuk lepas merdeka dari indonesia yang berubah nama menjadi Timor Leste, dan pada tanggal 20 Mei 2002 Timor Leste diakui secara internasional sebagai negara dan secara resmi merdeka dari Indonesia.


3. Brunei Darussalam
Quote:
sumber
Bersumber dari catatan dari Tiongkok dan Arab disebutkan bahwa pada abad ke-9, wilayah Brunei Darussalam dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya dan meluaskan pengaruhnya hingga ke Kalimantan Utara, Kalian tentu tahu bahwa kerajaan ini dulunya adalah bagian dari nusantara yang kini bernama Indonesia. Nah selain kerajaan sriwijaya, kerajaan majapahit bersama patih gajah mada juga pernah berhasil menguasai brunei darussalam. Hal ini terkait dengan ambisinya untuk melaksanakan Sumpah Palapa yang ingin mempersatukan nusantara, tapi sepertinya harapan Gajah Mada harus rela diputuskan pasalnya pada 4 januari 1979 Brunei dan Britania Raya menandatangani sebuah perjanjian persahabatan dan kerjasama baru, pada Januari 1984 Brunei Darussalam menjadi negara merdeka.


4. Singapura
Quote:
sumber
Pada masa silam Singapura bernama temasek yang dalam bahasa jawa berarti kota laut, karena dulunya wilayah ini tidak memiliki kekayaan alam yang banyak maka wajar jika kemudian tempat ini tidak terlalu mendapat banyak perhatian. Melalui buku Negarakertagama yang dikarang oleh Empu Prapanca tertera sebuah narasi yang menjelaskan bahwa temasek pernah menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Majapahit dan menempatkan Aditya Warman sebagai panglima militer pada waktu itu. Faktanya antara abad ke-16 dan awal abad ke-19 Singapura menjadi bagian dari Kesultanan Johor dan barulah pada tahun 1965 tepatnya pada tanggal 9 agustus, singapura secara resmi memperoleh kedaulatannya, Yusof Bin Ishak disumpah sebagai presiden dan Lee Kwan Yu menjadi perdana menteri pertama Republik Singapura.


5. Kamboja
Quote:
sumber
Tepat pada abad ke 7 selain dua negara tadi yaitu brunei darussalam dan singapura, ternyata Kerajaan Sriwijaya juga pernah melakukan invasi militer ke sebuah wilayah yang kini bernama Kamboja. Jangan salah, bukannya tanpa bukti hal tersebut diperkuat dengan ditemukannya prasasti di tepi sungai mekong yang menjelaskan hal tersebut, tidak mudah bagi kamboja untuk menjadi seperti sekarang ini, perkembangan peradaban kamboja terjadi pada abad 1 masehi, dan selama abad ke 3 sampai abad ke 5 masehi negara Funan dan Chenla bersatu untuk membangun daerah kamboja. Meski kekuasaan 2 negara ini sempat runtuh, namun pada abad ke 13 Kamboja mulai berkembang berkat bantuan dari banyak pihak asing setelah perang, mereka tidak peduli bahwa kestabilan negara ini pernah kembali tergoncang setelah sebuah kudeta yang gagal terjadi pada tahun 1997.


6. Filipina
Quote:
sumber
Masih ingat tentang Sumpah Palapa Gajah Mada, yah upaya penyatuan wilayah nusantara juga merambah sampai ke wilayah kerajaan Mindanao, Patih Gajah Mada bertekad menjadikan Mindanao menjadi bagian dari wilayahnya karena terikat Sumpah Palapa yang ingin menyatukan wilayah Nusantara. Salah satu bukti yang ditinggalkan adalah langgengnya warisan sundang majapahit atau pencak silat, secara umum kita mengenal pencak silat sebagai seni bela diri tertua di nusantara, tapi tahukah kalian ternyata terdapat warisan beladiri majapahit yang lestari di negara beribukota Manila ini. Kabarnya peninggalan yang disinyalir sebagai warisan tertua tersebut telah ada sejak Kerajaan Majapahit didirikan, Sundang Majapahit adalah seni bela diri di filipina yang populer dengan nama Kali Majapahit, dan menjadi salah satu teknik bela diri yang wajib dikuasai oleh petugas kepolisian di sana, sampai hari ini Kali Majapahit adalah sesuatu yang sangat populer dan menjadi seni bela diri khas dari negara tersebut.

Nah itulah tadi beberapa negara yang ternyata pernah menjadi bagian dari nusantara dan kini lebih dikenal dengan sebutan Indonesia, ternyata betapa besar peran kerajaan terdahulu dalam menyatukan Nusantara. Bagaimana pendapat gansis sekalian? Komen dibawah ya, semoga thread ini bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 1 & 2
Diubah oleh Si.jonii 14-11-2021 23:38
Okutet
Okutet memberi reputasi
1
4.3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan