Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

schofi.techAvatar border
TS
schofi.tech
Ini nih yang Bikin Suara Mesin Motor Matic Gak Merdu Lagi
Kendaraan yang cakep itu bukan hanya soal tampilannya aja yang keren dan bersih, tapi juga suaranya harus merdu alias enak didengar. Suara mesin merdu itu tentunya dihasilkan dari mesin yang bekerja dengan baik dan semestinya. Dari mendengar suaranya aja udah ketahuan bahwa ini motor punya kualitas mesin yang oke dan terawat.


Sumber foto: https://img.freepik.com/free-photo/y...1942.jpg?w=360

Jika suara mesin motor terdengar kasar dan tidak merdu, bisa dipastikan ada yang kurang beres dengan mesin tersebut. Apa aja yang bisa membuat suara mesin motor matic kasar dan gak merdu? Ini ane buat list-nya, gan! Yok disimak!

1. Setelan klep renggang


Sumber foto: https://www.teknik-otomotif.co.id/wp...otor-Matic.jpg

Terdapat gap antara pelatuk klep dengan kepala klep yang diakibatkan oleh ketidaksesuaian ukuran. Jadi, tidak pas dan presisi. Hal itulah yang menyebabkan bunyi aneh pada mesin motor. Jika ukurannya sesuai, tidak renggang, tidak akan ada bunyi yang mengganggu. Solusinya setel valve clearance menggunakan feeler gauge menggunakan ketentuan yang sesuai dengan petunjuk pabrikan masing-masing motor. Atau jika sudah menggunakan valve adjuster, maka valve adjuster harus diganti karena sudah tidak dapat memberikan clearance yang seharusnya.

2. Noken as / cam shaft sudah aus

Noken as merupakan komponen penting dalam sistem mesin 4 tak. Noken as berfungsi untuk membuka bukaan klep. Noken as digerakkan oleh kruk as (crank shaft) menggunakan timing chain atau timing belt (ini buat mobil). Jika bearing noken as rusak, maka perlu diganti. Gak bisa direparasi ya, gan. Mesti diganti baru. Noken as sendiri bisa rusak atau cacat. Jika terjadi kerusakan, maka noken as juga wajib diganti. Jika dibiarkan, pelatuk klep akan berbunyi yang menandakan kerusakan terjadi.

3. Rantai keteng / timing chain longgar


Sumber foto: https://imgx.gridoto.com/crop/41x67:.../409194765.jpg

Biasanya nih faktor usia pakai rantai keteng yang menyebabkan kerusakan dan bunyi pada mesin. Biasa sih sekitar 5 tahunan, harus diganti. Ada 2 faktor yang membuat rantai keteng berisik. Tensioner keteng itu tidak berfungsi dengan baik, maka sebaiknya diganti. Karena tensioner tersebut menggunakan sistem pegas sehingga tensioner tidak dapat disesuaikan. Faktor kedua, rantai keteng tersebut sudah longgar sehingga tensioner tidak dapat menekan rantai keteng dengan sempurna. Solusinya, rantai keteng dan tensioner diganti.

4. Piston oblak (bisa karena ring piston aus atau piston baret)


Sumber foto: https://www.otoinfo.id/wp-content/up...9/piston-1.jpg

Piston, ring piston, dan stang piston merupakan komponen utama karena piston inilah yang menggerakkan seluruh bagian mesin motor. Jika piston tidak terlumasi dengan baik, maka akan menyebabkan piston baret, boring cacat, dan ring piston patah. Cacat dan baret itulah yang menyebabkan kerja mesin tidak maksimal dan menghasilkan bunyi mengganggu pada ruang mesin.

Kerusakan pada piston biasanya ditandai dengan keluarnya asap putih pekat pada knalpot. Jika sudah parah, maka oli akan ikut keluar melalui knalpot. Solusinya, ya rangkaian piston harus diganti dengan yang baru (turun mesin).

5. Bearing kruk as (crank shaft) sudah aus


Sumber foto: https://imgx.motorplus-online.com/cr...4045773762.jpg

Bearing kruk as merupakan salah satu komponen yang jarang rusak. Tetapi, jika rusak, biaya yang dikeluarkan akan sangat mahal karena mengganti bearing kruk as berarti membongkar seluruh bagian mesin motor. Bearing kruk as yang rusak akan menyebabkan suara mesin yang berisik dan mengganggu performa kendaraan.

Itu adalah kasus yang umum terjadi pada motor matic dan menyebabkan bunyi mengganggu muncul dari mesin. Masih ada banyak faktor lainnya yang bisa membuat motor mengeluarkan bunyi tidak merdu. Ya, intinya sih ada kerusakan komponen pada mesin. Kerusakan itu biasanya disebabkan oleh:

Usia pakai komponen yang sudah melampaui batas

Ya namanya produk buatan manusia, gak ada yang sempurna. Gak ada yang abadi bisa terus-terusan dipakai. Seiring penggunaan dalam jangka waktu tertentu, kerusakan/keausan bisa terjadi. Biasanya, emang ada masa pakai sekian bulan/tahun atau berdasarkan hitungan kilometer.

Penggunaan oli yang tidak sesuai

Oli itu ada banyak jenis dan spesifikasinya. Semua dibuat dengan komposisi yang disesuaikan kebutuhan masing-masing jenis kendaraan. Makanya, perlu teliti memilih oli yang tepat agar bisa bekerja dengan baik untuk mesin kendaraan, bukan malah menimbulkan kerusakan.

Jarang servis dan ganti oli

Punya motor itu jangan asal ada isi bensinnya & asal bisa jalan aja ya. Motor juga perlu perawatan dengan servis dan ganti oli rutin. Pilih tempat servis yang oke yang gak tipu-tipu, yang mekaniknya handal, yang komponen dan olinya berkualitas. Gue sendiri biasa ganti oli di bengkel Planet Ban pake oli X-Ten tipe 10W30 Matic. Jangan sampai motornya bener-bener rusak baru dibawa servis.

Sementara itu dulu deh yang gue tulis di sini seputar penyebab suara mesin motor matic gak berisik. Kalo gue tulis semua mah, gak beres-beres. Silakan agan-agan tambahin di bawah ya, apa aja yang bisa bikin suara motor matic gak enak didengar. Atau kalo agan-agan punya pengalaman kayak gitu juga boleh dishare.

Thank you udah menyimak thread gue.

 emoticon-Shakehand2




Diubah oleh schofi.tech 24-07-2022 16:51
bang.toyip
cor7
abee.
abee. dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan