Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Humvee Saber Blade Edition - Tampil Sangar dengan Kemampun Meluncurkan Drone Kamikaze
Quote:


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kendaraan militer dari ajang pameran pertahanan AUSA 2022 yang berlangsung pada 10 sampai 12 Oktober 2022 lalu. Jika pada thread sebelumnya agan banyak mengenal kendaraan militer buatan GDLS. Kali ini kita akan membahas kendaraan militer buatan AM General yang legendaris dan bernama Humvee.

Tentu agan sudah tak asing dengan nama Humvee, inilah ikon kendaraan taktis tentara Amerika yang telah banyak terjun ke berbagai palagan konflik, yang terbaru Humvee juga sudah jalan-jalan ke medan perang Ukraina. Meski sudah terbukti battle proven dan jadi andalan selama puluhan tahun, kini peran Humvee mulai digantikan kendaraan taktis JLTV. Meski begitu, pihak AM General masih bertekad untuk terus mengembangkan varian Humvee sesuai perkembangan era modern.

Pada event AUSA di Washington D.C. pada bulan ini, AM General memampilkan Humvee Saber Blade Edition,di mana versi terbaru ini bisa dibilang tampil cukup sangar dibandingkan versi standar Humvee. Memakai desain double cabin, pada bagian belakang kendaraan telah dipasangi peluncur drone bunuh diri (kamikaze)/loitering munition. Total ada 10 tabung peluncur drone bunuh diri Switchblade 600 yang dibawa, selain itu tepat disamping peluncur drone Switchblade 600; telah terpasang dua sel peluncur drone Switchblade 300. Total ada 14 drone yang bisa diluncurkan.

Kedua jenis drone memiliki kamera elektro-optik dan inframerah yang terhubung ke operator di darat melalui sistem pengontrol seperti tablet. Hal ini memungkinkan drone untuk digunakan untuk tujuan pengawasan dan pengintaian, drone juga dapat digunakan untuk segera menyerang setiap target yang mungkin muncul. Dinamai Blade Edition karena Humvee Saber memakai drone bunuh diri buatan AeriVironment sebagai senjata utamanya.

Selain meluncurkan drone, Humvee Saber Blade Edition juga punya kemampuan anti drone. Untuk tugas tersebut pada bagian atap kendaraan di[asang turret Hornet Air Guard Remote Controlled Weapon System (RCWS) buatan Hornet Defense. Air Guard RCWS dilengkapi kamera elektro-optik dan inframerah, radar kecil, dan peluncur granat otomatis Heckler & Koch GMG 40 dengan amunisi air-bursting; dirancang terutama untuk digunakan melawan drone. Turret mampu secara otomatis memperingatkan operator bahwa drone telah terdeteksi, setelah target diverifikasi secara visual sistem RCWS akan meluncurkan tindakan balasan untuk menyerang drone.

Quote:


Dikembangkan dari chassis kendaraan taktis 4x4 High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV)atau biasa dikenal sebagai Humvee, awalnya AM General memamai versi terbaru Humvee Saber sebagai Humvee NXT 360; yang mulai diluncurkan pada 2020. Pada perkembangannya, AM General merubah namanya menjadi Humvee Saber.

Dibuat di atas chassis AM General 13 Series, Humvee Saber dibekali mesin diesel 6.5L V8 turbocharged yang menghasilkan tenaga maksimal 205 hp, mesin itu lantas dijodohkan dengan transmisi 4 kecepatan. Humvee Saber dapat digeber sampai kecepatan maksimal hingga 90 km per jam dengan daya jelajah sampai 402 km.

Dari sisi proteksi, versi standar Humvee Saber memberikan perlindungan 360°, termasuk perlindungan ledakan di bawah kendaraan untuk roda depan dan belakang serta undercarriage tengah. Kendaraan dapat menampung hingga enam personel militer.

Quote:


Selain itu, kamera video digital dipasang untuk memberikan gambar di luar kendaraan dengan sudut 60°-120°, gambar kemudian ditampilkan ke layar LED definisi tinggi di bagian dalam kendaraan. Layar ini tersedia di kabin komandan yang ada di depan serta kabin penumpang di belakangnya.

Humvee Saber juga dilengkapi fitur MBrace, sistem perlindungan penumpang canggih buatan manufaktur IMMI, untuk menambahkan perlindungan kepada kepala dan leher guna mengantisipasi jika terjadi kecelakaan saat sedang bertugas.


-------------



Referensi Tulisan: TheDrive.com
Sumber Foto: AM General & Dan Persons
gabener.edan
lupineprince
mynameisant
mynameisant dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan