Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sering Dinilai Negatif, Pahami Ini Beberapa Manfaat dari Merasa Insecure
Sering dianggap sebagai sifat buruk, ini dia manfaat besar dari merasa diri insecure


Insecure, merupakan sebuah perasaan atau kondisi dimana seseorang merasa ragu, cemas, atau kurang percaya diri dan merasa tidak aman.

Perasaan ini seringkali muncul karena trauma masa lalu, penilaian negatif dari orang lain, atau merasa diri harus perfeksionis agar terlihat menarik dimata orang lain.

Merasa diri insecure tentu tidak baik saat sudah melampaui batas normal GanSis, yaitu dimana ketika seseorang tidak berani untuk melakukan apapun karena takut hasilnya mengecewakan atau berusaha untuk menjadi orang lain dan melupakan karakter asli yang sebenarnya lebih baik karena tidak perlu membohongi diri sendiri dan berpura-pura.

Perlu Agan dan Sista ketahui bahwasannya ketika seseorang merasa insecure secara berlebihan maka dapat menimbulkan beberapa resiko dan dampak bahaya GanSis. Kemungkinan muncul depresi, gangguan kecemasan, gangguan kepribadian narsistik, dan paranoid merupakan dampak buruk dari insecure berlebihan.

Jika insecure yang berlebihan memiliki dampak dan resiko negatif, apakah kemudian insecure itu tidak ada manfaatnya?
Tentu saja ada GanSis, selagi memang tidak berlebih-lebihan atau insecure dengan kadar yang normal.

Berikut ini beberapa manfaat dari merasa diri insecure.




1. Introspeksi Diri

Ketika seseorang merasa kurang percaya diri atau insecure, maka diharapkan dengan adanya perasaan tersebut kemudian mereka melakukan introspeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya GanSis.

Tentu tidak semua orang yang insecure kemudian mereka melakukan introspeksi diri, harus benar-benar berpikir jernih dan berproses untuk menemukan kualitas dirinya sendiri yang lebih baik.

2. Berpacu Memotivasi Diri Sendiri

Melihat orang lain perfect dan kemudian membuat diri sendiri insecure ini tidak selamanya buruk selagi Agan Sista bisa melihatnya dari sudut pandang yang berbeda GanSis.
Ketika kalian insecure melihat orang yang tampil sempurna kemudian kalian juga ingin menjadi sempurna maka itu lebih baik karena Agan Sista akan menjadikannya sebagai motivasi diri sendiri.

Perlu Agan Sista ketahui bahwasannya motivasi yang paling baik adalah yang datang dari diri sendiri, bukan dari orang lain yang kemungkinannya hanya didengarkan saja.

3. Tidak Sombong

Merasa diri insecure juga dapat membuat Agan Sista lebih rendah hati dan membumi. Seringkali banyak orang kesulitan untuk menghindarkan diri mereka dari sifat sombong karena tidak bisa melihat orang lain lebih tinggi, berbeda dengan orang insecure yang melihat bahwa diri mereka tidak atau belum besar, dan melihat orang lain lebih besar karena memang faktanya akan selalu ada yang lebih dari sebuah kelebihan.



Itulah GanSis beberapa manfaat dari perasaan insecure yang perlu diperhatikan karena insecure tidak selamanya buruk selagi dapat dikontrol dengan baik.

Dari fakta yang ada memang apapun yang dilakukan atau ditunjukkan secara berlebih-lebihan akan selalu tidak baik GanSis, begitupun dengan perasaan insecure.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nurhuda008
diki174
bastian86
bastian86 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan