Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Terbuat dari Bahan Sederhana, Rasa Masakan Ini Tidak Bisa Disepelekan Kelezatannya
Menu sederhana memiliki kelezatan luar biasa, beberapa makanan ini dibuat dari bahan super sederhana


Menu masakan kampung, mungkin banyak orang sering menyepelekan karena cenderung dibuat dari bahan-bahan sederhana yang bisa ditemukan di kebun atau pekarangan rumah.

Namun, meskipun menu masakan kampung yang terbuat dari bahan-bahan sederhana ini sering disepelekan oleh beberapa golongan orang yang memang lebih menyukai makanan luar negeri, menu masakan kampung tetap memiliki peminat yang tidak sedikit karena masakan kampung selain memiliki rasa kelezatan yang berbeda juga bisa mengingatkan seseorang dengan nuansa keluarga dan kampung halaman.

Membahas tentang menu masakan khas kampung halaman, jumlah dan jenis-jenis menunya juga tidak sedikit GanSis. Banyak ragam menu masakan kampung yang wajib banget kalian coba karena rasanya yang sulit didapatkan dari makanan modern ala-ala luar negeri, dan memiliki cita rasa khas rempah-rempah Nusantara.

Meskipun terbuat dari bahan-bahan sederhana dan mungkin Agan Sista sendiri belum pernah melihat secara langsung bahan pokok menu masakan kampung ini, kalian wajib coba dan berikan penilaian untuk kelezatannya.

Berikut ini beberapa jenis menu masakan kampung yang terbuat dari bahan-bahan sederhana.




1. Sayur Rebung

Rebung, merupakan tunas muda dari pohon bambu yang bisa diolah menjadi berbagai menu masakan kampung yang rasa dan kelezatannya tidak bisa diragukan.

Meskipun terlihat aneh karena terbuat dari tunas bambu, menu ini menjadi idola bagi banyak orang khususnya pecinta menu masakan tradisional karena rebung memiliki cita rasa yang khas.

Rebung atau bung ini bisa diolah menjadi berbagai menu masakan GanSis, bisa diolah menjadi gulai rebung, opor rebung, ditumis, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Sambel Cepokak

Bagi orang-orang yang tinggal di daerah Pulau Sumatera tentu sudah tidak asing dengan yang namanya cepokak.
Cepokak merupakan keluarga dari terong yang memiliki bentuk bulat kecil-kecil dan tumbuh liar di sekitar pekarangan rumah atau kebun.

Cepokak memiliki cita rasa yang mirip dengan terong, bisa diolah menjadi menu sambal dengan campuran teri, atau disambal dengan ikan asin dan tempe.

3. Gulai Jantung Pisang

Pohon pisang, di pedesaan masih banyak dan mudah ditemukan pohon pisang tumbuh di pekarangan rumah.

Sekilas tentang pohon pisang, bukan hanya buah dan daunnya saja yang dapat digunakan GanSis, batang dan jantungnya pun bisa dimanfaatkan untuk menjadi sesuatu.

Batang pisang di kampung sering dijadikan bahan campuran pakan ternak atau pupuk kompos, sedangkan jantung pisang sering diolah menjadi menu masakan dan salah satunya adalah gulai jantung pisang.

Jantung pisang sendiri juga sering disebut dengan nama "ontong", orang-orang Jawa yang tinggal di Lampung menyebut gulai jantung pisang dengan nama sayur ontong gedang.

4. Sayur Daun Singkong

Selain pohon pisang, di kampung juga banyak tumbuh pohong singkong GanSis.
Singkong selain umbinya dimanfaatkan untuk menjadi tepung, keripik, atau bahan makanan lainnya, daun singkong juga bisa dimanfaatkan menjadi menu masakan.

Selain bisa dimasak menjadi sayur santan daun singkong atau gulai daun singkong, tumis daun singkong juga wajib Agan Sista coba karena tidak kalah lezat.



Itulah tadi GanSis beberapa olahan menu masakan kampung yang terbuat dari bahan-bahan sederhana tetapi memiliki cita rasa yang khas dan tidak dimiliki menu-menu masakan luar negeri.

Menu masakan kampung ini tentu saja perlu dilestarikan dan diperkenalkan ke masyarakat luas, karena selain memang layak untuk dikonsumsi juga menjadi bentuk pertahanan pangan di keadaan yang semakin sulit jelang resesi ekonomi.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah referensi menu masakan Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
firdainayah
cahyoacr
cheria021
cheria021 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.8K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan