Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cr05580n3Avatar border
TS
cr05580n3
R.I.P Aaron Carter



Penyanyi Aaron Carter meninggal dunia di usia 34 tahun. Sampai saat ini, penyebab kematian adik dari anggota Backstreet Boys Nick Carter ini masih belum diketahui pasti.
Sebelum meninggal, Aaron memiliki masalah kecanduan narkoba hingga sejumlah gangguan kejiwaan, salah satunya skizofrenia. Selama itu, Aaron diketahui mengkonsumsi beberapa obat selama berjuang melawan masalah kesehatan psikisnya.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, umumnya gejala skizofrenia terbagi dalam tiga kategori yaitu gejala positif, gejala negatif, dan gejala kognitif. Gejala dari skizofrenia bisa bervariasi, tetapi biasanya mengalami delusi, halusinasi, hingga berbicara yang tidak teratur.

Berikut beberapa gejala umum yang sering dialami pengidap skizofrenia:

Halusinasi
Gejala halusinasi ini biasanya ditandai dengan sering mendengar, melihat, mencium, atau merasakan hal-hal yang tidak nyata. Namun, di antara gejala tersebut, mendengar suara yang tidak nyata adalah tanda yang paling sering terjadi.

Delusi
Pengidap skizofrenia seringkali memiliki keyakinan kuat akan suatu hal yang salah. Misalnya, seseorang merasa orang lain ingin mencelakakan atau membunuh dirinya. Gejala yang satu ini akan berdampak langsung pada perilaku pengidapnya.

Gejala Negatif
Ini mengacu pada berkurangnya atau kurangnya kemampuan untuk berfungsi secara normal. Misalnya, pengidap skizofrenia mungkin mengabaikan kebersihan pribadi atau tampak kurang emosi (tidak melakukan kontak mata, tidak mengubah ekspresi wajah atau berbicara dengan nada monoton).

Selain itu, orang tersebut mungkin kehilangan minat dalam kegiatan sehari-hari, menarik diri secara sosial atau tidak memiliki kemampuan untuk mengalami kesenangan.

Pikiran Kacau dan Ucapan yang Membingungkan
Orang dengan kondisi ini sering merasa kesulitan untuk mengatur pikirannya. Mereka mungkin tidak memahami apa yang orang lain bicarakan saat diajak berbicara.

Tak hanya itu, saat berbicara mereka sering mengeluarkan ucapan yang tidak masuk akal dan terdengar membingungkan.

Perilaku Motorik yang Tidak Teratur atau Abnormal
Gejala yang satu ini mungkin terlihat dalam beberapa cara, dari kekonyolan seperti anak kecil hingga agitasi yang tidak terduga. Perilaku tidak terfokus pada tujuan, sehingga sulit untuk melakukan tugas.

Perilaku ini bisa mencakup penolakan terhadap instruksi, postur yang tidak pantas atau aneh, kurangnya respons, atau gerakan yang tidak berguna dan berlebihan.




sive
direktur.muda
johanbaikatos
johanbaikatos dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan