Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
PM Inggris Rishi Sunak ke KTT G20 Bali, Siap Damprat China dan Rusia
PM Inggris Rishi Sunak ke KTT G20 Bali, Siap Damprat China dan Rusia

Senin, 14 Nov 2022 07:11 WIB


PM Inggris, Rishi Sunak, bertolak ke Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Di sana, ia akan mengonfrontasi langsung China dan Rusia. (Reuters/Peter Nicholls)

Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, bertolak ke Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Di sana, ia akan mengonfrontasi langsung China dan Rusia.

Kantor PM Inggris menyatakan bahwa Sunak bertolak dari negaranya pada Minggu (13/11) waktu setempat. Menurut mereka, Sunak akan mengonfrontasi langsung perwakilan China dan Rusia dalam KTT tersebut.

Pemerintah Inggris menyatakan bahwa Sunak akan menyerukan agar negara-negara berkembang mendapatkan akses kredit demi pertumbuhan ekonomi tanpa bergantung pada pemberi pinjaman "eksploitatif."

Inggris memang sudah sering melontarkan kritik serupa di sejumlah pertemuan G7. Ketika menyebut eksploitatif, Inggris merujuk pada China.

Menjelang KTT G20, Sunak menegaskan bahwa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) harus bergerak untuk mencegah "manipulasi pasar global oleh aktor-aktor jahat," yang juga merujuk pada China.

Tak hanya menyerang China, Sunak juga siap menghajar Rusia, yang diwakili Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov dalam KTT G20 kali ini.

"Kami akan menantang rezim [Presiden Vladimir] Putin dan membahas penghinaan mereka terhadap kerja sama internasional dan penghormatan terhadap forum berdaulat seperti yang diwakili G20," ucap Sunak dalam pernyataannya pada akhir pekan lalu.

Juru bicara Sunak mengatakan bahwa di Bali, Sunak akan "berbicara dengan sekutu kami satu suara mengenai [masalah Rusia] ini."


Sunak sendiri saat ini sedang dalam tekanan karena gonjang-ganjing politik di negaranya akibat krisis ekonomi. Imbas krisis ini, Inggris sudah tiga kali ganti perdana menteri dalam setahun belakangan.

Sunak lantas menekankan bahwa negara-negara dengan perekonomian terbesar seperti para anggota G20 harus bersatu untuk menangani krisis ekonomi saat ini.

"Di G20, para pemimpin harus mengambil langkah untuk memperbaiki kelemahan sistem ekonomi internasional yang sudah dieksploitasi Putin bertahun-tahun," ucapnya.

https://www.cnnindonesia.com/interna...hina-dan-rusia

Modi berani gak damprat bareng Sunak emoticon-Cool
pilot2isekai078
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan pilot2isekai078 memberi reputasi
2
1.4K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan