Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tidak Untuk Disepelekan, Ini Penyebab Berkendara Dalam Keadaan Mabuk Itu Berbahaya
Nekat berkendara dalam keadaan mabuk sangat berbahaya, ini dia beberapa penyebabnya!


Mengendarai kendaraan dalam keadaan mabuk alkohol, menjadi salah satu aktivitas yang sangat dilarang karena bisa membuat diri sendiri atau pengendara lain celaka dan dalam keadaan bahaya.

Bahkan saking berbahayanya berkendara dalam keadaan mabuk, undang-undang Lalulintas dan Angkutan Jalan pun melarang pengendara kendaraan bermotor untuk mengemudi dan bila tertangkap basah mengemudi dalam keadaan mabuk maka bisa terjerat dengan pasal 311 UU nomor 22 tahun 2009 yaitu dipenjara paling lama satu tahun atau hukuman denda sebesar 3 juta rupiah.

Hukuman akan berbeda jika pengemudi kendaraan mabuk dan mengakibatkan kecelakaan serta kerusakan, maka akan dikenakan dengan pasal 229 ayat 2 yaitu pidana penjara 2 tahun atau denda maksimal 4 juta rupiah.

Sebagaimana Agan Sista ketahui bahwa kasus kecelakaan lalulintas yang diakibatkan karena supir mabuk dalam mengemudikan kendaraan bukan hanya terjadi sekali dua kali. Bahkan sempat beberapa kali kejadian kasus kecelakaan karena pengendara kendaraan mabuk yang mengakibatkan tewasnya korban jiwa dari pengguna jalan yang ada di sekitar.

Mungkin Agan Sista bertanya-tanya tentang alasan kenapa berkendara dalam keadaan mabuk alkohol itu berbahaya.
Berikut ini beberapa penyebab berkendara dalam keadaan mabuk itu berbahaya!




1. Menurunnya Konsentrasi Berkendara

Di dalam berkendara di jalan raya tentu Agan Sista membutuhkan konsentrasi untuk dapat mengendalikan kendaraan dengan baik agar tidak menabrak atau menyerempet kendaraan lain.

Saat Agan Sista dalam keadaan mabuk maka tingkat konsentrasi akan menurun drastis, dan saat konsentrasi menurun inilah yang bisa berakibat fatal hilangnya kendali atas kendaraan yang dikemudikan sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

2. Pandangan Kabur

Efek dari mabuk alkohol dapat dikatakan berbeda dengan mabuk kendaraan, yaitu pandangan kabur, pusing, bahkan juga lemas atau tidak bertenaga.

Pandangan kabur saat berkendara tentu ini akan sangat berbahaya GanSis, karena di jalan raya sangat banyak lalulintas kendaraan sehingga memang butuh pandangan yang jernih agar tidak lengah saat ada kendaraan yang berlawanan atau berpapasan dengan banyak kendaraan.

3. Hilang Refleks dan Kemampuan Berpikir

Saat Agan Sista dalam pengaruh alkohol maka akal dan pikiran kalian tidak akan berfungsi dengan baik serta maksimal.

Dalam berkendara seseorang membutuhkan akal pikiran yang terkontrol, tidak dalam keadaan melamun atau kehilangan separuh kesadaran.
Ketika akibat mabuk seseorang kehilangan separuh kesadarannya maka sudah dapat dipastikan reflek gerak pun juga akan hilang, dan ini bahaya karena Agan Sista tidak bisa mengelak saat terpergok kendaraan lain atau juga bisa ke cenderung melanggar aturan lalu lintas sebab hilang akal akibat mabuk.



Itulah GanSis beberapa penyebab kenapa berkendara dalam keadaan mabuk itu berbahaya dan sangat dilarang bahkan diberikan sanksi tegas bagi pelakunya.

Tentu kebiasaan buruk ini harus benar-benar dilarang GanSis, sebab tidak hanya berbahaya bagi pelaku melainkan juga berbahaya bagi pengguna jalan lain yang sudah berusaha untuk menjaga keselamatan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
lutfigilang01
hallowwolf94
dasiemsidas
dasiemsidas dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.7K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan