Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Yakin Alasan Merinding karena Ada Hantu? Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui
Benarkah bulu kudu bisa merinding itu disebabkan adanya hantu?
Ini dia sekilas fakta yang perlu untuk diketahui


Merinding, seseorang sering mengkait-kaitkan kondisi tersebut dengan mitos sosok makhluk ghaib yang muncul di sekitar sehingga tubuh seseorang menimbulkan respon atas perbedaan aura atau energi yang berbeda.

Menurut dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, merinding sendiri memiliki arti berdirinya bulu roma atau bulu-bulu halus yang berada di sekitar tengku, tangan, dan kaki yang disebabkan adanya rasa takut dan sebagainya.

Memang benar GanSis, bulu kudu atau bulu roma dapat berdiri dan kondisi tersebut dapat terjadi ketika seseorang nerasa takut, dan kondisi ini juga sering disebut dengan istilah merinding tetapu pada faktanya alasan bulu kuduk merinding sebenarnya bukan karena adanya sosok hantu atau tanda kemunculan makhluk-makhluk astral sebagaimana banyak orang percayai dan jadikan sebagai mitos dari masa ke masa.

Lalu apa alasan seseorang dapat merasakan merinding dan kondisi tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba?
Berikut ini rangkuman faktanya menurut beberapa artikel yang TS baca.





Merinding adalah kondisi dimana tubuh mengalami perubahan pada kulit, terdapat benjolan kecil yang banyak dan menyeluruh pada bagian tertentu seperti tangan, kaki atau tengkuk leher yang disertai dengan berdirinya bulu-bulu halus.

Adapun alasan seseorang dapat mengalami perasaan atau kondisi merinding dikarenakan memang merinding adalah respon tubuh terhadap sesuatu, bisa jadi itu rasa takut atau perubahan suhu dan cuaca yang ekstrim. Sebagaimana Agan Sista dapat buktikan sendiri bahwa kondisi tubuh merinding biasanya terjadi karena kalian merasa takut, cemas, atau memang berada di tempat suhu yang tiba-tiba dingin sehingga tubuh memberikan refleks secara otomatis.

Merinding juga memiliki nama lain atau sebutan piloerection, yaitu refleks pilomotor yang muncul sebagai reaksi tubuh saat mengalami beberapa kejadian. Kondisi ini akan membuat otak mengalami mode siaga, sehingga menghasilkan hormon adrenalin yang mengakibatkan otot kecil yang membuaf folikel rambut pada kulit mengalami reaksi dan berkontraksi dengan menimbulkan bentolan kecil dimana disertai berdirinya bulu halus.

Perlu Agan Sista ketahui bahwa merinding tidak hanya dialami oleh manusia, melainkan juga terjadi pada hewan seperti ayam dan juga kucing saat mereka merasa terancam.




Berikut tadi GanSis sekilas tentang alasan dan fakta tentang merinding yang sering dikait-kaitkan dengan keberadaan makhluk ghaib dan telah menjadi mitos yang dipercaya secara turun menurut.

Tentu setelah mengetahui akan fakta ini diharapkan Agan Sista dapat menanggapi kondisi merinding dengan biasa saja, tidak berlebih-lebihan dan mengkaitkan kembali dengan makhluk ghaib sebab itu tidak ada hubungannya dan hanya ketakutan dari diri kalian sendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
kwacimuffin
merckygan
dasiemsidas
dasiemsidas dan 25 lainnya memberi reputasi
26
5.6K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan