Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albyabby91Avatar border
TS
albyabby91
Soal Wacana Korupsi Di Kementan SYL Mengaku Tidak Tahu, NasDem Kena Badai
Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengomentari isu yang melibatkan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian. Awalnya, Jokowi enggan memberikan komentar mengenai kasus tersebut karena hal tersebut merupakan ranah penegak hukum. Namun, ia menegaskan bahwa setiap menteri harus mengawasi anggaran di instansi masing-masing.




Sebagai informasi GanSist, KPK saat ini sedang melakukan penyelidikan terhadap adanya dugaan kasus korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian RI. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu. Sedangkan juru bicara KPK, Ali Fikri juga menguatkan bahwa ada pemanggilan terhadap Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian untuk memberikan keterangan di kantor KPK pada Jumat 16 Juni 2023. Namun demikian, detail kasus ini masih belum dipublikasikan oleh pihak KPK karena belum selesai dilakukan penyelidikan untuk kemudian pengungkapan.

Pernyataan Jokowi dalam hal ini mencerminkan konsistensinya dalam menekankan pentingnya pengelolaan keuangan negara yang hati-hati. Ia menegaskan perlunya pengawasan, kontrol, dan pemeriksaan yang terus-menerus terhadap anggaran yang besar yang dialokasikan untuk setiap kementerian. Dengan menekankan pentingnya tanggung jawab fiskal, Jokowi menunjukkan komitmennya dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam urusan keuangan pemerintah.

Meskipun enggan memberikan komentar khusus mengenai dugaan korupsi yang sarat politisasi melibatkan seorang menteri dari Partai NasDem, Jokowi tetap mempercayakan penanganan kasus-kasus tersebut kepada penegak hukum. Dengan menyerahkan kepada proses hukum, ia menegakkan prinsip pemisahan kekuasaan dan independensi yudikatif, yang menunjukkan kepercayaannya terhadap sistem hukum dalam menangani masalah secara tidak memihak.

Sikap Jokowi dalam hal ini menunjukkan pendekatan yang berhati-hati dalam membahas investigasi hukum yang sedang berlangsung. Dengan menahan diri untuk tidak membuat penilaian tergesa-gesa atau terlibat dalam sensasionalisme politik, ia menegakkan prinsip proses hukum yang adil dan memungkinkan pihak berwenang yang relevan untuk menjalankan tugasnya secara independen.

Secara keseluruhan, pernyataan Jokowi mengenai dugaan kasus korupsi yang melibatkan Menteri Pertanian menekankan pentingnya pengelolaan keuangan yang teliti dan pengawasan di dalam institusi pemerintah. Dengan menekankan perlunya pengawasan dan kontrol, ia mendorong transparansi dan akuntabilitas. Selain itu, dengan menyerahkan kepada proses hukum dan menahan diri dari komentar politik, Jokowi menegakkan prinsip proses hukum yang adil dan menunjukkan komitmennya terhadap supremasi hukum.

Wacana kasus hukum yang dialamatkan pada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang juga kader Partai NasDem ini menambah daftar panjang gonjang-ganjing politik jelang Pemilu 2024. Banyak pengemat politik yang memberikan tanggapan akan hal ini. Beberapa diantaranya menganggap ini adalah bagian dari konsekuensi politik dari Partai NasDem yang nekat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presidennya.

Seperti mana diketahui, beberapa saat yang lalu kasus korupsi menimpa Menteri Kominfo, Johny G Plate, yang juga adalah Sekretaris Jenderal Partai NasDem terkait proyek pengadaan BTS untuk jaringan internet seluruh Indonesia. Kasus ini kemudian diasumsikan sebagai langkah penguasa untuk melakukan penggembosan terhadap Partai NasDem sebagai akibat dari mengusung Anies yang dikenal memiliki haluan dan kebijakan politik yang antitesis terhadap pemerintahan sekarang.

Menurut Agan dan Sista, adakah wacana kasus korupsi di Kementan ini bakal makin menyulitkan langkah NasDem dalam mengusung Anies? Berikan tanggapan dan ulasan kalian di kolom komentar. Terima kasih sudah membaca, see you on the next thread.

Narasi : Ulasan Pribadi

Sumber Referensi :

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...si-di-kementan

https://news.detik.com/berita/d-6773...s-kementan/amp

Copyright @albyabby912023, All right reserved.



tololmenahun
64m64n9s
bukhorigan
bukhorigan dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan